• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 9 Langkah Sederhana untuk Memulai Pola Hidup Sehat

9 Langkah Sederhana untuk Memulai Pola Hidup Sehat

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta – Pola hidup sehat sejatinya haruslah menjadi gaya hidup karena dapat membantu mencegah penyakit kronis dan penyakit jangka panjang. Selain itu, pola hidup sehat juga memberikan kamu rasa percaya diri dan keyakinan pada citra dirimu. 

Itulah mengapa sangat penting untuk memulai pola hidup sehat sebagai investasi akan kualitas hidup di masa sekarang dan yang akan datang. Lantas, seperti apa langkah sederhana untuk memulai pola hidup sehat? Penjelasan selengkapnya bisa dibaca di sini!

Minum Banyak Air sampai Tidur Cukup

Memulai pola hidup sehat tidak hanya tentang makan makanan sehat dan olahraga saja, kamu memulainya dari hal-hal sederhana yang pada akhirnya menjadi kebiasaan. Apa sajakah itu?

1. Minum Lebih Banyak Air

Kebanyakan orang tidak begitu memperhatikan asupan air putihnya. Padahal, konsumsi air putih dibutuhkan supaya tubuh menjalankan fungsi sebagaimana mestinya. Tubuh membuang limbah dan mengangkut nutrisi dan oksigen ke seluruh tubuh. Karena air dikeluarkan setiap hari melalui buang air kecil, buang air besar, dan keringat, kamu perlu mengisi kembali jumlah air di tubuh secara rutin. 

Cara paling baik untuk mengetahui apakah kamu mendapatkan cukup air atau tidak dengan memeriksa warna urine. Kalau warna urine tidak berwarna atau kuning pucat, itu artinya asupan airmu cukup.

2. Tidur yang Cukup

Saat tidak mendapatkan tidur yang cukup, kamu cenderung makan lebih banyak. Tidak cukup tidur juga membuat organ tubuh tidak punya waktu istirahat. 

Baca juga: Tidur Cukup Bisa Bikin Bahagia, Ini Faktanya

3. Olahraga 

Olahraga tidak hanya dilakukan beberapa kali dalam seminggu, tetapi sebaiknya dilakukan setiap hari. Dengan menggerakkan tubuh selama 30 menit sehari, kamu akan menurunkan risiko penyakit, menciptakan kepadatan tulang yang lebih tinggi, yang berpotensi meningkatkan kualitas hidupmu. 

4. Makan Lebih Banyak Buah dan Sayur

Semua buah dan sayuran mengandung vitamin dan mineral, komponen penting untuk kesehatan. Buah dan sayur juga mengandung serat yang membantu tubuh untuk meningkatkan sistem metabolisme dan kelancaran pembuangan limbah melalui BAB.

Baca juga: Begini Cara Buah dan Sayur Pengaruhi Imunitas Tubuh

5. Kurangi Makanan Olahan

Makanan olahan tidak baik untuk kesehatan. Sebagian besar nilai gizi hilang dalam pembuatan makanan olahan dan pengawet tambahannya buruk bagi kesehatan. Makanan olahan jug mengandung garam dalam jumlah tinggi, yang menyebabkan tekanan darah tinggi dan penyakit jantung. 

6. Menghindari Orang-Orang Negatif dalam Hidup 

Mentalitas positif adalah kunci hidup sehat. Kamu tidak membutuhkan hal-hal negatif dalam hidupmu. Tidak hanya personalnya, kamu juga perlu menghindari negativitas dalam diri sendiri. Lepaskan semua pikiran negatif di dalam dirimu. 

7. Makan dengan Tenang 

Otak adalah organ yang bertanggung jawab atas perasaan lapar dan kenyang. Jika kamu makan dengan tenang dan lambat, kamu memberikan waktu yang cukup bagi otak untuk mengirimkan pesan "kenyang" ke perut dan membiarkan makanan dicerna sepenuhnya. 

Baca juga: 6 Makanan untuk Memperkuat Tulang dan Mencegah Osteoporosis

8. Siapkan Makananmu Sendiri

Saat kamu menyiapkan makanan sendiri, kamu mengontrol dengan tepat apa yang masuk ke dalam tubuhmu. Ini memudahkan kamu untuk membuat pilihan sehat yang tepat untuk dirimu sendiri.

9. Camilan Sehat

Makan dalam porsi kecil sepanjang hari baik untuk metabolismemu, tetapi makan dengan benar adalah yang paling penting. Saat beralih ke camilan, carilah makanan seperti buah, salad, atau jus segar.

Itulah langkah sederhana untuk memulai pola hidup sehat. Kalau kamu butuh informasi seputar tips hidup sehat lainnya bisa melalui aplikasi Halodoc. Butuh beli obat? Juga bisa dilakukan di Toko Kesehatan Halodoc!

Referensi:
Oak Bend Medical Center. Diakses pada 2021. 14 Steps to a Healthy Lifestyle.
The Foundation for Peripheral Neuropathy. Diakses pada 2021. Maintaining a Healthy Lifestyle.