• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 9 Makanan Rendah Kalori untuk Menurunkan Berat Badan
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 9 Makanan Rendah Kalori untuk Menurunkan Berat Badan

9 Makanan Rendah Kalori untuk Menurunkan Berat Badan

5 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 18 Mei 2022

“Mengonsumsi makanan rendah kalori menjadi hal penting bagi orang yang sedang menjalani program diet untuk menurunkan berat badan. Ini termasuk lemon, lobak, kembang kol, selada, dan masih banyak lagi.”

9 Makanan Rendah Kalori untuk Menurunkan Berat Badan

Halodoc, Jakarta – Kalori adalah energi yang diperlukan oleh tubuh yang digunakan untuk beraktivitas. Tubuh mendapatkan kalori yang dibutuhkan dari makanan yang kamu konsumsi sehari-hari. Setelah makanan masuk ke tubuh, kalori diubah menjadi energi sehingga bisa digunakan untuk melakukan aktivitas. Sisanya akan disimpan menjadi energi cadangan dalam bentuk lemak. 

Artinya, apabila jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh lebih banyak dibandingkan dengan jumlah kalori yang digunakan untuk beraktivitas, tentu lama-kelamaan berat badan akan meningkat. 

Sebab, lemak yang  tersimpan di dalam tubuh akan terus mengalami peningkatan. Inilah mengapa, banyak orang memilih untuk mengonsumsi makanan rendah kalori, sehingga berat badan pun tetap ideal. 

Pilihan Makanan Rendah Kalori untuk Turunkan Berat Badan

Sebenarnya, ada banyak pilihan makanan rendah kalori yang bisa dikonsumsi untuk menurunkan berat badan. Berikut beberapa di antaranya:

  1. Lobak

Salah satu makanan rendah kalori yang dapat kamu sertakan dalam diet sehat sehari-hari adalah lobak. Seperti dikutip dari Data Komposisi Pangan Indonesia, terdapat sebanyak 21 kalori dalam setiap 100 gram lobak. Meski rendah kalori, bahan makanan satu ini tinggi akan kandungan seratnya yang membantu kamu merasa kenyang lebih lama. 

  1. Wortel

Wortel menjadi salah satu jenis sayuran yang cukup digemari. Memiliki warna jingga, merah, atau putih, terdapat sekitar 28 kalori pada setiap 100 gram wortel yang disajikan dengan cara direbus. 

Selain rendah kalori, wortel juga menjadi sayuran yang kaya manfaat, salah satunya adalah vitamin A yang menjaga kesehatan indra penglihatan. 

  1. Selada

Menjadi salah satu jenis sayuran yang kerap dijumpai pada lalapan, selada memiliki kandungan kalori sekitar 18 kalori. Rendahnya kalori yang terdapat dalam selada membuat sayuran sehat ini kerap dijadikan campuran salad, bahkan dikonsumsi sebagai jus atau smoothies. Selain kaya akan serat, selada juga menjadi sayuran sumber vitamin K, C, dan A. 

  1. Kembang Kol

Selain selada, pilihan makanan rendah kalori lainnya yang bisa kamu coba adalah kembang kol. Terdapat sebanyak 25 kalori dalam setiap 100 gram kembang kol. Selain itu, jenis sayuran ini juga tinggi kalium yang menjaga keseimbangan kadar elektrolit di dalam tubuh. 

  1. Bayam 

Mirip dengan selada, bayam mengandung kalori sekitar 16 kalori untuk setiap 100 gram. Sayuran tinggi zat besi ini juga menjadi sumber beta karoten yang baik untuk pelaku diet sehat. 

  1. Tomat

Khasiat buah tomat sebenarnya sudah tidak perlu diragukan lagi. Buah berwarna merah oranye ini memiliki 27 kalori untuk setiap 100 gramnya. Selain itu, kandungan likopen yang ada pada tomat disebut bisa membantu memerangi peradangan, kanker, dan risiko yang terkait dengan masalah kesehatan jantung. 

  1. Lemon

Selanjutnya, ada buah lemon yang memang menjadi buah pilihan untuk membantu menurunkan berat badan. Bukan tanpa alasan, kandungan kalori yang terdapat pada lemon hanya sekitar 34 kalori. Bahkan, apabila kamu mengonsumsi sarinya, kalori yang didapatkan dari buah ini hanya sebesar 8 kalori. 

Selain rasanya yang memang menyegarkan dan kalorinya yang rendah, buah lemon juga tinggi vitamin C yang berperan penting sebagai antioksidan. Tak hanya membantu menurunkan berat badan, mengonsumsi lemon juga membantu tubuh tetap sehat. 

  1. Semangka

Kandungan air yang tinggi pada semangka membuat buah satu ini banyak dicari untuk membantu menghidrasi tubuh. Selain rasanya yang menyegarkan, semangka juga mengandung sedikit kalori, yaitu sekitar 28 kalori pada setiap 100 gramnya. Kandungan vitamin C pada buah satu ini juga tinggi. Namun, sebaiknya kamu tidak mengonsumsinya berlebihan, karena buah ini juga tinggi gula yang memicu diabetes.

  1. Timun

Makanan rendah kalori terakhir adalah timun, jenis sayuran yang turut banyak digunakan untuk bahan dasar salad dan lalapan. Sayuran ini memiliki rasa yang menyegarkan karena tinggi kandungan air. 

Sementara itu, kalori yang terkandung di dalamnya hanya sekitar 8 kalori. Selain dikonsumsi langsung, timun juga bisa diolah menjadi jus buah atau minuman infused water yang tak kalah menyehatkan. 

 Itu dari beberapa makanan rendah kalori yang bisa kamu konsumsi untuk membantu menurunkan berat badan. Jika kamu berencana untuk menjalani program diet, sebaiknya kamu langsung tanyakan pada ahlinya. 

Sekarang, kamu bisa lebih mudah booking rumah sakit melalui aplikasi Halodoc untuk bertemu langsung dengan pakar gizi dan mendapatkan saran diet yang terbaik. Kamu bisa download aplikasi Halodoc langsung di ponselmu. Selamat mencoba!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. 38 Foods That Contain Almost Zero Calories.
Panganku Kemenkes. Diakses pada 2022. Data Komposisi Pangan Indonesia. (n.d). Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.
Family Doctor. Diakses pada 2022. Low-Calorie Diets.