14 March 2018

9 Makanan yang Boleh Dikonsumsi Sebelum Olahraga

9 Makanan yang Boleh Dikonsumsi Sebelum Olahraga

Halodoc, Jakarta – Membiarkan perut penuh sebelum melakukan olahraga adalah kesalahan yang biasanya dilakukan dengan alasan mengisi tenaga untuk latihan. Padahal, sebenarnya mengisi perut sebelum olahraga hanya akan menghambat pergerakan kamu.

Menurut penelitian The American Journal of Physiology — Endocrinology and Metabolism, makan sebelum olahraga sebenarnya tidak masalah, justru akan memberikan energi dan semangat karena kamu sudah memiliki daya. Tapi, lihat-lihat jenis makanannya juga. Berikut adalah makanan yang bisa dimakan sebelum olahraga dan tidak mengganggu aktivitas gerakan kamu:

  1. Pisang

Pisang adalah santapan energi sehari-hari para atlet sesudah melakukan latihan. Tapi, pisang juga bisa jadi makanan sebelum olahraga, penambah energi dan semangat tanpa perlu merasa kenyang berlebihan.

  1. Apel

Apel adalah jenis makanan sebelum olahraga lainnya yang disarankan untuk dikudap. Selain kaya vitamin, kandungan serat dan airnya dibutuhkan sebagai pengganti cairan yang keluar saat olahraga. Apel juga makanan yang cukup mengganjal sebelum akhirnya kamu menyantap makanan berat setelah olahraga.

  1. Air Kelapa

Sudah bukan rahasia lagi kalau air kelapa adalah pengganti cairan tubuh yang tepat buat kamu yang mengalami diare. Nah, air kelapa ternyata juga jadi salah satu alternatif makanan sebelum olahraga yang komplet. Airnya dapat, dagingnya juga sehat mengisi perut dan sumber energi untuk olahraga.

  1. Roti Gandum

Roti gandum dengan telur orak-arik juga bisa jadi santapan mengenyangkan namun tidak memberatkan badan sebelum olahraga. Tapi, pastikan kamu memakannya minimal satu jam sebelum melakukan gerakan, ya. Karena makanan ini mengandung karbohidrat dan protein lengkap sehingga tubuh perlu waktu untuk memprosesnya.

  1. Kopi

Kafein dalam kopi dapat memberikan suntikan semangat buat kamu. Segelas kopi hitam atau cappuccino sebelum melakukan olahraga juga baik untuk energi mengolah badan. Pastikan sebelumnya kamu sudah makan beberapa potong biskuit untuk menetralkan asam pada kopi sehingga lambung tidak sakit karenanya.

  1. Dada Ayam

Kalau kamu memang butuh asupan tenaga sebelum olahraga, sebaiknya pilih makanan berprotein ketimbang karbohidrat. Dada ayam panggang atau dada ayam yang ditumis dengan minyak wijen juga bagus untuk energi sebelum olahraga.

  1. Telur Rebus

Telur rebus juga bisa jadi makanan sebelum olahraga. Tapi supaya tidak mual bagian kuningnya tidak perlu dimakan, ya. Putih telur kaya protein, cukup mengenyangkan dan aman di lambung untuk aktivitas lanjutan yang akan dilakukan setelahnya. Supaya ada perasanya kamu bisa makan dengan merica atau kecap asin.

  1. Ubi Rebus

Makanan lain yang aman dimakan sebelum olahraga adalah ubi rebus. Selain bikin kenyang ubi rebus kaya manfaat seperti menjaga kesehatan gigi dan gusi, tekanan darah supaya tetap stabil, jantung yang sehat, kenyang tapi tidak bikin gemuk.

  1. Tahu

Makanan sebelum olahraga lainnya yang bisa jadi pilihan untuk disantap adalah tahu. Tapi bukan tahu goreng ya. Kamu bisa menumisnya dengan minyak wijen ataupun dipanggang. Makan tahu goreng sebelum olahraga hanya bikin mual karena minyak yang menempel pada tahu. Pilih tahu yang tidak digoreng akan membuat olahraga jadi aman dan nyaman. (Baca juga Cek Kalori Jajanan Orang Indonesia yang Super Nagih)

Punya pertanyaan soal makanan sebelum olahraga ataupun hal-hal lain seputar kesehatan lainnya? Kamu bisa tanyakan langsung dengan dokter-dokter yang ada di Halodoc. Cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat. Yuk!