• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 9 Manfaat Minum Air Rebusan Lengkuas untuk Kesehatan

9 Manfaat Minum Air Rebusan Lengkuas untuk Kesehatan

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
9 Manfaat Minum Air Rebusan Lengkuas untuk Kesehatan

“Aromatik dengan rasa yang khas, membuat lengkuas sering dijadikan sebagai bumbu untuk menyedapkan masakan. Siapa sangka di balik itu, rempah ini juga bermanfaat bagi kesehatan. Mulai dari meningkatkan kekebalan tubuh, hingga meredakan insomnia.”

Halodoc, Jakarta – Penggemar masakan Nusantara tentu sudah tidak asing dengan lengkuas, bukan? Rempah asli Asia Selatan ini sering digunakan sebagai bumbu berbagai masakan. Namun, selain enak, lengkuas juga baik untuk kesehatan, lo. 

Menurut ulasan pada 2017 yang dimuat di Pharmacognosy Review, lengkuas telah digunakan dalam pengobatan Ayurveda dan tradisional Tiongkok selama berabad-abad. Lantas, apa saja manfaat rempah ini bagi kesehatan? Berikut ini pembahasannya.

Baca juga: Kenali 6 Manfaat Lengkuas bagi Kesehatan Wanita

Lengkuas dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Ada banyak manfaat kesehatan yang bisa didapatkan dengan minum air rebusan lengkuas. Berikut ini di antaranya:

  1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Lengkuas mengandung vitamin C, yang artinya bisa membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Selain itu, asupan vitamin C juga dapat mengoptimalkan penyerapan zat besi, sehingga peredaran darah menjadi lancar. 

  1. Kaya Antioksidan

Kandungan antioksidan polifenol dalam lengkuas dapat membantu menjaga tekanan darah tetap normal, menurunkan kolesterol jahat, dan memelihara kesehatan jantung. Namun, masih butuh penelitian lebih lanjut mengenai hal ini. 

  1. Meredakan Kram Otot

Salah satu kandungan mineral yang ada dalam lengkuas adalah magnesium. Minum air rebusan lengkuas hangat dapat membantu meredakan kram otot, misalnya setelah melakukan olahraga berintensitas tinggi. 

  1. Mengatasi Sembelit

Lengkuas kaya akan serat, sehingga mampu mendukung pergerakan usus saat mencerna makanan. Meski begitu, bukan berarti mengonsumsi lengkuas saja cukup, ya. Untuk mengatasi sembelit, kamu juga perlu kecukupan nutrisi dari banyak variasi makanan lain, terutama sayur dan buah. 

Baca juga: Rekomendasi 5 Resep Rempah Bantu Kuatkan Imun

  1. Baik untuk Tulang

Kalsium yang terkandung dalam lengkuas diserap oleh tulang di dalam tubuh. Nutrisi ini dikenal dapat membantu menjaga kepadatan tulang yang optimal. Selain itu, kandungan potasium dalam lengkuas juga dapat meningkatkan penyerapan mineral oleh sel dan jaringan dalam tubuh.

  1. Membantu Menyembuhkan Anemia

Vitamin C dalam lengkuas juga dapat membantu meningkatkan penyerapan zat besi dari makanan yang dicerna. Kekurangan jumlah zat besi menyebabkan kondisi yang dikenal sebagai anemia, di mana ada kekurangan sel darah merah untuk mengangkut nutrisi dan oksigen ke seluruh tubuh. 

  1. Mencegah Kanker

Galangin, senyawa aktif dalam lengkuas, dipercaya bisa membunuh dan mencegah penyebaran sel kanker. Rempah ini diyakini memiliki efek antikanker pada beberapa jenis kanker, termasuk melanoma, hepatoma, dan leukemia.

Menurut penelitian pada 2013 yang diterbitkan di jurnal Experimental Biology and Medicine, juga menemukan bahwa galangin dapat menginduksi kematian sel kanker usus besar manusia. Meski begitu, penelitian lebih lanjut dibutuhkan. 

  1. Mengurangi Peradangan Kulit

Lengkuas mengandung beberapa asam amino esensial yang membantu membangun sel-sel kulit yang sehat. Zat ini juga dapat meredakan kemerahan dan pembengkakan yang cenderung berkembang pada kulit yang terpapar kondisi lingkungan yang keras. 

Kandungan flavonoidnya yang tinggi memberikan sifat antioksidan untuk membantu memerangi kerusakan akibat radikal bebas, mengurangi jerawat, bekas luka, bintik hitam, dan mengurangi iritasi kulit.

Baca juga: Catat, Ini 7 Bumbu Dapur yang Memiliki Antioksidan Tinggi

  1. Meredakan Insomnia

Kandungan vitamin B6 atau piridoksin dalam ekstrak lengkuas sangat bermanfaat dalam memantau fungsi otak dan memungkinkan konduksi impuls saraf yang tidak terhalang. Oleh karena itu, jika kamu mengalami insomnia, cobalah minum segelas teh lengkuas dengan madu, untuk meningkatkan kualitas tidur.

Itulah pembahasan mengenai manfaat minum air rebusan lengkuas untuk kesehatan. Meski ada beberapa manfaat yang masih  membutuhkan penelitian lebih lanjut, tidak ada salahnya untuk mencoba ramuan ini, disertai penerapan gaya hidup sehat. 

Alih-alih hanya fokus pada konsumsi lengkuas, memiliki pola makan sehat dan bergizi seimbang, serta olahraga teratur lebih penting. Bila perlu meningkatkan kekebalan tubuh, kamu juga bisa download aplikasi Halodoc untuk beli vitamin dan suplemen yang kamu butuhkan.

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi:
Pharmacognosy Review. Diakses pada 2021. A Review on the Pharmacological Activities and Phytochemicals of Alpinia officinarum (Galangal) Extracts Derived from Bioassay-Guided Fractionation and Isolation.
Experimental Biology and Medicine. Diakses pada 2021. Galangin Induces Human Colon Cancer Cell Death Via The Mitochondrial Dysfunction And Caspase-Dependent Pathway.
Healthline. Diakses pada 2021. Galangal Root: Benefits, Uses, and Side Effects.
NetMeds. Diakses pada 2021. Galangal: Health Benefits, Nutrition, Uses In Ayurveda, Recipes, Side Effects.