• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 9 Tips Menghilangkan Stretch Mark setelah Kehamilan

9 Tips Menghilangkan Stretch Mark setelah Kehamilan

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
9 Tips Menghilangkan Stretch Mark setelah Kehamilan

Halodoc, Jakarta – Bagi ibu yang tengah atau telah mengandung tentu sudah tak asing dengan stretch mark, bukan? Stretch mark adalah guratan yang sering tampak pada kulit bagian tubuh yang banyak mengandung lemak. Umumnya, stretch mark muncul di perut atas, payudara, atau paha pada ibu yang sedang atau baru melahirkan. 

Stretch mark pada saat ataupun setelah kehamilan adalah kondisi yang wajar terjadi pada ibu. Oleh sebab itu, ibu tak perlu terlalu khawatir atas kondisi ini. stretch mark hanya mempengaruhi penampilan saja, sehingga yang perlu diketahui adalah cara menghilangkan stretch mark setelah kehamilan.

Sebenarnya, stretch mark dapat menghilang seiring waktu dengan bantuan kolagen pada tubuh. Namun, kita tidak bisa serta-merta mengandalkan kolagen alami karena menginjak usia 25 tahun, terdapat penurunan jumlah kolagen sebesar 15 persen karena penuaan. Lantas, bagaimana cara menghilangkan stretch mark setelah melahirkan? 

Baca juga: Sering Dikira Sama, Ini Bedanya Selulit dan Stretch Mark

1. Daun pegagan

Cara menghilangkan stretch mark setelah kehamilan juga bisa dengan memanfaatkan daun pegagan.  Selain tiga hal di atas, daun pegagan juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi stretch marks pada wanita hamil.

Menurut sebuah studi, penggunaan krim berbahan ekstrak pegagan aktif bisa mencegah timbulnya stretch marks pada ibu hamil, dibandingkan dengan minyak zaitun atau almond. Meski begitu, masih membutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mengonfirmasi hal tersebut. 

Menurut studi pada 2013, terpenoid yang ditemukan dalam daun pegagan meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh. Hal Ini dapat membantu mencegah pembentukan stretch mark baru, serta membantu menyembuhkan bekas luka yang ada.

Cara menggunakan daun pegagan untuk mencegah atau menghilangkan stretch mark simpel kok. Oleskan krim topikal yang mengandung 1 persen ekstrak pegagan ke daerah yang terdampak beberapa kali sehari.

2. Olive Oil

Olive oil adalah salah satu bahan alami yang bisa menghilangkan stretch markOlive oil efektif melembapkan dan mengenyalkan kulit sehingga mampu mengembalikan elasitas kulit yang mengalami stretch mark.

Kandungan vitamin A, D, dan E menyerap sempurna ke dalam jaringan kulit sehingga mampu meremajakan kulit. Hasilnya akan lebih efektif dengan memijat kulit supaya olive oil menyerap sempurna.

3. Lidah Buaya

Selain dua hal di atas, lidah buaya juga bahan alami yang bisa diaplikasikan ke kulit sebagai cara untuk menghilangkan stretch mark setelah melahirkan.

Ibu bisa mengonsumsi langsung atau mengoleskannya ke kulit yang mengalami stretch mark. Ibu juga dapat menggunakan krim atau lotion yang mengandung lidah buaya juga bisa dilakukan.

Baca juga: Tips Mengatasi Masalah Kulit yang Dialami Bumil

4. Madu

Sudah menjadi rahasia umum kalau madu adalah antiseptik terbaik. Madu membantu menyembuhkan luka, antiinflamasi, dan antioksidan tinggi serta baik untuk pencernaan. Madu juga disebut-sebut membantu untuk menghilangkan stretch mark pada tubuh. 

Cara penggunaannya dengan menjadikan madu sebagai bahan scrub. Oleskan madu yang sudah dicampur dengan garam ke bagian tubuh dengan stretch mark, lalu gosok perlahan dan diamkan 5-7 menit. Setelah itu, baru dibilas dengan air hangat ataupun handuk hangat.

5. Lemon

Ternyata sifat asam pada lemon juga bisa menghilangkan stretch mark setelah melahirkan. Belah lemon lalu gosokkan bagian dagingnya ke kulit yang mengalami stretch mark pelan-pelan. Setelah itu, diamkan beberapa saat supaya bahan alami terutama asam pada lemon menyerap sempurna ke jaringan kulit. Ibu juga bisa mengaplikasikan lemon ini saat mandi.

6. Air Putih

Tercukupinya kebutuhan cairan tubuh juga membantu menghilangkan stretch mark usai melahirkan. Kulit harus terhidrasi supaya terjaga kelembapannya. Ada baiknya juga, pasca melahirkan ibu mengurangi lebih banyak minum air putih.

Baca juga: 5 Masalah Kesehatan yang Rentan Dialami Ibu Hamil

7. Air Kelapa

Cara menghilangkan stretch mark lainnya yang efektif juga bisa melalui adalah air kelapa. Selain diminum langsung, cara efektif lainnya adalah dengan mengoleskan air kelapa ke kulit yang mengalami stretch mark. Air kelapa memiliki banyak kandungan seperti Vitamin C, asam folat, asam nikotinat, asam pantotenat, biotin dan riboflavin.

8. Menjaga Pola Makan

Selain melakukan perawatan dari luar, cara menghilangkan stretch mark lainnya adalah menjaga pola makan yang sehat. Mengonsumsi buah-buahan dan sayuran yang memiliki kandungan untuk kesehatan kulit, serta mengurangi konsumsi makanan berlemak dan berminyak.

9. Obat-obatan

Selain delapan hal di atas, penggunaan obat-obatan merupakan salah satu cara yang terbilang efektif untuk menyamarkan stretch mark setelah melahirkan.

Ada beberapa obat topikal (obat oles) yang bisa ibu coba, contohnya krim retinoid atau krim asam hialuronat. Kedua bahan ini mampu meningkatkan produksi kolagen untuk membuat kulit tetap kencang, sehingga mampu menghilangkan stretch mark. 

Bagaimana, tertarik mencoba cara-cara di atas agar stretch mark menjauh usai melahirkan? Kamu juga bisa bertanya langsung pada  dokter melalui aplikasi Halodoc mengenai cara yang efektif untuk menghilangkan stretch mark. Tidak perlu keluar rumah, kamu bisa menghubungi dokter ahli kapan saja dan di mana saja. Praktis, kan? 

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. Everything You Need to Know About Gotu Kola
US National Library of Medicine National Institutes of Health. Diakses pada 2021. Centella asiatica in cosmetology
Mayo Clinic. Diakses pada 2021. Stretch Marks. 
NHS Choices UK. Diakses pada 2021. Stretch Marks.