• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 9 Tips Simpel untuk Membuat Wajah Tampak Lebih Muda

9 Tips Simpel untuk Membuat Wajah Tampak Lebih Muda

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Awet muda memang impian semua orang. Meski umur semakin menua, banyak orang yang ingin terlihat lebih muda dari usianya. Tampak lebih muda bisa-bisa saja kamu lakukan dengan tips simpel berikut ini:

Baca juga: Mudah dan Sederhana, Ini Pola Hidup Sehat Agar Awet Muda

  • Hindari Junk Food

Makanan jenis ini merupakan makanan favorit orang Indonesia. Junk food yang sering dikonsumsi akan membuat seseorang mengalami penuaan dini, karena dapat mempercepat proses penuaan. Kondisi ini ditunjukkan dengan kulit kusam dan keriput karena kulit tidak mendapat vitamin dan nutrisi yang dibutuhkan.

  • Perbanyak Konsumsi Sayur dan Buah

Kedua bahan alami tersebut memiliki kandungan rendah lemak yang baik untuk kulit. Jika rutin dikonsumsi, kamu bisa saja tampak 10 tahun lebih muda dari usiamu. Tak hanya sayur dan buah, kacang-kacangan juga baik dalam peremajaan kulit. 

  • Rutin Memakai Sunblock

Atmosfer bumi yang mulai menipis saat ini akan menyebabkan kulitmu berwarna lebih gelap. Bukan hanya itu, paparan matahari secara langsung yang banyak diserap oleh kulit akan menyebabkan tanda-tanda penuaan pada kulit. Untuk menghindari terjadinya hal ini, jangan lupa untuk selalu menggunakan tabir surya, ya!

  • Pijat Area Wajah

Setelah membersihkan muka, kamu dapat melakukan pijatan-pijatan kecil pada area wajah. Pijat area alis, pipi, dan dahi guna melancarkan aliran darah pada wajah, sehingga wajah tampak lebih segar dan tampak lebih muda.

Baca juga: 6 Tips agar Awet Muda

  • Konsumsi Teh Hijau

Kandungan antioksidan tinggi pada teh hijau dapat memperlambat penuaan dini. Tak hanya awet muda, teh hijau juga memiliki sejumlah manfaat kesehatan, seperti menurunkan berat badan, mencegah kanker, serta meningkatkan kesehatan jantung.

  • Menjaga Kelembapan Kulit

Salah satu ciri kulit yang awet muda adalah kulit yang lembap. Untuk mendapatkannya, kamu hanya perlu mengoleskan pelembap muka yang cocok dengan jenis kulitmu. Tak hanya pelembap, konsumsi cukup air putih juga diperlukan agar tubuh terhidrasi dengan baik. Selain air putih, konsumsi buah-buahan yang banyak mengandung air juga dapat membantu tubuhmu terhidrasi dengan baik.

  • Kelola Stres dengan Baik

Permasalahan dalam kehidupan memang silih berganti. Belum lagi masalah pekerjaan yang kerap kali memusingkan. Jika sudah mengalaminya, stres tidak dapat dihindari. Dalam hal ini, kamu dapat melakukan sejumlah kegiatan guna mengatasi stres yang kamu alami agar kulit tampak awet muda.

Berikut ini beberapa hal yang dapat kamu lakukan, yaitu bermain dengan binatang peliharaan, berendam air hangat, kunyah permen karet, melakukan hubungan seksual, pijat, menarik napas dalam, meditasi, atau yoga.

  • Berhenti Merokok

Tak hanya berbahaya bagi organ pernapasan, kebiasaan merokok ternyata dapat merusak kulit indahmu. Merokok akan membuat kulit tampak lebih tua, bibir menjadi lebih gelap, kulit wajah berjerawat, serta kulit akan tampak kendur. 

  • Eksfoliasi Kulit

Mengeksfoliasi kulit dapat dengan mudah kamu lakukan di rumah menggunakan scrub khusus wajah untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Jika cara ini rutin dilakukan, wajah tampak lebih cerah dan awet muda. Hal yang perlu diingat adalah, jangan melakukan hal ini terlalu sering, karena wajah bisa saja mengalami iritasi.

Baca juga: Alasan Olahraga Membuat Kulit Awet Muda

Jika kamu mengalami sejumlah masalah dalam melakukan langkah-langkah tersebut, segera diskusikan dengan dokter kulit di aplikasi Halodoc, ya! Jangan sampai umurmu bertambah banyak dan kamu akan menyesal di kemudian hari. Selamat mencoba!

Referensi:
Bright Side. Diakses pada 2019. 10 Effective Ways to Make Your Face Look Young Again.
Town&Country. Diakses pada 2019. 36 Beauty Expert-Recommended Secrets to Looking Younger.