Hindari 6 Kebiasaan Makan Tak Sehat Ini saat Puasa

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Hindari 6 Kebiasaan Makan Tak Sehat Ini saat Puasa

Halodoc, Jakarta - Selain sebagai ibadah, puasa sebenarnya juga bisa dijadikan sebagai moment untuk menerapkan pola hidup sehat. Namun, ada saja mereka yang secara tidak sadar melakukan kebiasaan makanan yang buruk di bulan puasa. Nah, inilah yang bakal menghilangkan manfaat puasa terhadap kesehatan. Lalu, kebiasaan makan tak sehat apa saja sih yang sebaiknya dihindari saat puasa?  

Baca juga: 5 Jenis Makanan yang Dihindari Saat Menjalankan Ibadah Puasa

1. “Balas Dendam” Saat Berbuka

Wajar sih tubuh kelaparan saat berpuasa, sebab selama hampir 14 jam tubuh tak mendapatkan sari makanan dan cairan. Namun, bukan berarti kita boleh mengasup makanan yang sangat banyak saat berbuka. Sebab, ini akan menimbulkan sederet masalah pada tubuh. Misalnya, nyeri perut akut, radang perut, gejala diare, hingga muntah-muntah.

2. Terlalu Banyak Minuman atau Makanan Manis

Makanan atau minuman manis yang dimaksud, seperti es teh manis atau pisang goreng. Makanan atau minuman jenis ini tak memiliki gizi yang cukup untuk mengganti vitamin dan nutrisi lainnya yang hilang selama berpuasa. Bahkan, makanan manis seperti ini justru bisa menurunkan gula darah dengan drastis setelah makan. Alhasil, kita akan merasa lemas dan mengantuk setelah berbuka puasa.

Baca juga:  4 Inspirasi Menu Berbuka Puasa yang Sehat

3. Gorengan Berlebih

Sebagian orang menempatkan gorengan sebagai menu wajib atau takjil untuk berbuka. Padahal, terlalu banyak mengasup makanan ini tak baik untuk tubuh/ Sebab, gorengan banyak mengandung lemak dan minyak, dan membuat makanan ini jadi sulit dicerna oleh tubuh.

Apalagi bila gorengan menjadi makanan pertama yang dimakan saat berbuka. Pasalnya, ketika perut  eharian kosong saat berpuasa, perut harus mencerna lemak yang ada pada gorengan. Nah, inilah yang bisa mengganggu kinerja saluran pencernaan. Selain itu, juga bisa memperlambat tubuh untuk memproses zat gizi yang diperoleh dari makanan lain.

4. Sahur dan Berbuka dengan Junk Food

Makanan junk food, seperti makanan cepat saji, mie instan, keripik, dan makanan lainnya yang kurang bernutrisi. Karena itu, tak boleh dijadikan menu utama untuk berbuka atau sahur. Pasalnya, tubuh kita tak akan memiliki energi yang cukup selama berpuasa, sebab junk food tak menghasilkan apa pun untuk tubuh.

Baca juga: Makanan Sehat yang Wajib Ada di Menu Buka Puasa

5. Sering Mengonsumsi Minuman Berkafein

Cobalah untuk hentikan kebiasaan yang satu ini, sebab mengonsumsi minuman berkafein saat sahur atau berbuka bisa menimbulkan masalah. Kebiasaan ini bisa mengakibat hilangnya air (dehidrasi) dan cepat menimbulkan rasa lapar. Bahkan, kafein yang terkandung dalam teh dan kopi bisa menyebabkan sakit kepala pada sebagian orang.

6. Langsung Tidur Usai Sahur

Kebiasaan yang satu ini bisa menyebabkan berbagai masalah pada sistem pencernaan. Alasannya jelas, sebab tubuh harus bekerja keras mencerna makanan di saat tubuh kita berada dalam mode istirahat. Bahkan, sekadar berbaring saja di atas sofa atau kasur setelah makan besar bisa memicu gejala maag.

Mau tahu lebih jauh mengenai kebiasaan yang sebaiknya dihindari saat berpuasa? Atau memiliki keluhan kesehatan? Kamu bisa kok bertanya langsung ke dokter melalui aplikasi Halodoc. Lewat fitur Chat dan Voice/Video Call, kamu bisa mengobrol dengan dokter ahli tanpa perlu ke luar rumah. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!