18 September 2018

Sudah Tahu Inositol? Ini Manfaatnya untuk Tubuh

manfaat inositol,inositol

Halodoc, Jakarta – Inositol sering juga disebut sebagai vitamin B8 yang secara alami bisa ditemukan dalam makanan dengan golongan buah-buahan, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Selain dari makanan, tubuh juga bisa menghasilkan inositol dari karbohidrat yang kamu makan.

Ada banyak manfaat inositol yang sangat penting bagi tubuh yang salah satunya adalah memengaruhi kerja insulin sebagai hormon yang mengontrol gula darah, DNA, juga kurir kimia di otak yang membawa serotonin dan dopamin. Untuk mengetahui lebih detail, berikut adalah manfaat inositol pada tubuh:

  1. Memiliki Manfaat Kesehatan Jiwa

Inositol dapat membantu menyeimbangkan bahan kimia di otak termasuk mempengaruhi suasana hati, seperti serotonin dan dopamine. Orang-orang yang mengidap depresi kecemasan dan gangguan kompulsif biasanya memiliki tingkat inositol yang lebih rendah di otak mereka. Bahkan, inositol bisa menjadi salah satu bahan pelengkap obat-obatan yang berpotensi sebagai kesembuhan alternatif untuk orang-orang yang mengidap gangguan mental.

  1. Gangguan Panik

Suplemen dengan kandungan inositol dapat bermanfaat untuk mengobati gangguan panik serta bentuk kecemasan yang parah. Mereka yang mengidap gangguan panik sering mengalami serangan panik yang merupakan perasaan takut yang datang tiba-tiba. Gejalanya biasanya termasuk detak jantung yang cepat, sesak napas, pusing, berkeringat, kesemutan, ataupun sensasi mati rasa di tangan.

  1. Meringankan Gangguan Bipolar Disorder

Seperti halnya kondisi kesehatan mental lainnya, efek inositol dapat meringankan gangguan bipolar disorder. Anak-anak dengan gangguan spektrum bipolar menunjukkan pengurangan gejala mania dan depresi ketika mengonsumsi inositol setiap hari selama 1–1,5 bulan. Mengonsumsi inositol juga bisa mengurangi gejala psoriasis yang disebabkan oleh lithium yang merupakan obat umum untuk mengobati gangguan bipolar.

  1. Mengontrol Faktor Risiko Sindrom Metabolik

Studi klinis menunjukkan suplemen inositol sangat bermanfaat untuk mereka yang mengalami sindrom metabolik. Sindrom metabolik adalah sekelompok kondisi yang meningkatkan risiko penyakit kronis, termasuk penyakit jantung dan diabetes tipe 2. Lima kondisi yang dikaitkan dengan sindrom metabolik adalah lemak berlebih di daerah perut, tingkat trigliserida yang tinggi di dalam darah, kadar kolesterol HDL baik yang rendah, tekanan darah tinggi, dan gula darah yang tinggi.

  1. Mencegah Diabetes Gestasional

Konsumsi inositol juga bisa mencegah diabetes selama kehamilan atau yang kerap disebut diabetes gestasional. Inositol secara langsung berkaitan dengan fungsi insulin sebagai hormon yang mengatur kadar gula darah. Kombinasi inositol dan asam folat dapat membantu mencegah diabetes gestasional.

  1. Mengatasi Masalah Pernapasan pada Bayi Prematur

Masalah pernapasan pada bayi prematur atau sering disebut sebagai sindrom gangguan pernapasan akut dapat diatasi dengan pemberian inositol. Pemberian inositol melalui mulut atau intravena dapat mengurangi risiko kematian dan menurunkan risiko pengembangan kondisi kesehatan yang berujung pada kebutaan ataupun perdarahan di otak.

Kalau ingin mengetahui lebih banyak mengenai apa itu inositol serta manfaatnya bagi tubuh, ataupun informasi seputar penyakit dan kesehatan lainnya, bisa tanyakan langsung ke Halodoc. Dokter-dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untukmu. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor, kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.

Baca juga: