• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • WHO: Ini 2 Kandidat Vaksin Virus Corona yang Tengah Diuji

WHO: Ini 2 Kandidat Vaksin Virus Corona yang Tengah Diuji

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim

Halodoc, Jakarta – Vaksin untuk menangani pandemi COVID-19 di dunia masih terus dicari sampai saat ini. Namun, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebutkan, ada beberapa kandidat vaksin yang dapat menjadi vaksin resmi untuk mengatasi virus corona. Kedua jenis vaksin tersebut dikembangkan oleh perusahaan farmasi yaitu Astrazeneca dan Moderna. Hal ini disampaikan oleh Kepala Ilmuwan WHO, Soumya Swaminathan pada Jumat (26/6) lalu.

Baca juga: 4 Fakta Dexamethasone yang Diklaim Efektif untuk Corona

Ketahui lebih banyak mengenai kedua jenis vaksin ini. Namun, tidak hanya mengandalkan vaksin yang sedang dikembangkan. Menjalankan protokol kesehatan untuk mencegah paparan virus corona menjadi salah satu cara yang efektif agar penyebaran dan penularan virus corona dapat dihentikan.

Inilah 2 Kandidat Vaksin yang Diuji

Setidaknya, 2 jenis vaksin saat ini sedang diuji dan dikembangkan oleh masing-masing perusahaan farmasi untuk membantu menghentikan penyebaran virus corona atau COVID 19 di dunia. Melansir dari laman Reuters, saat ini ada dua kandidat perusahaan farmasi yang telah berhasil mengembangkan vaksin untuk mengatasi virus corona dan telah masuk tahap uji klinis, yaitu Astrazeneca dan Moderna. Hal ini diungkapkan oleh Soumya Swaminathan pada konferensi pers pekan lalu.

Namun, Swaminathan mengatakan Astrazeneca menjadi kandidat yang paling utama saat ini untuk mendapatkan vaksin yang efektif bagi virus corona atau COVID-19 yang menunjukkan peningkatan kasusnya di dunia. Jenis vaksin yang dikeluarkan oleh Astrazeneca telah dikembangkan dan memulai uji coba pada manusia dalam skala yang cukup besar. 

Baca juga: Ketahui Fakta Uji Coba Vaksin Corona di Inggris

Pengembangan uji coba vaksin yang dikeluarkan oleh AstraZeneca dilakukan para peneliti dari University of Oxford. Astrazeneca merupakan vaksin dengan vektor virus rekombinan. Vaksin ini menggunakan versi lemah dari virus flu yang diberikan protein dari coronavirus baru untuk membangun kekebalan tubuh. Saat ini, perusahaan Astrazeneca yang membuat vaksin akan memasok vaksin untuk COVID-19 sekitar akhir tahun 2020. 

Selain Astrazeneca, posisi kedua adalah Moderna. Moderna memiliki calon vaksin yang dapat mengatasi virus corona dan dikenal dengan mRNA-1273. Vaksin mRNA-1273 dikabarkan telah memasuki tahap uji klinis tahap ketiga. Saat ini, banyak perusahaan farmasi yang tengah menguji dan mengembangkan beberapa jenis vaksin baru untuk mengatasi virus corona. Setidaknya ada 200 kandidat perusahaan farmasi dan 15 perusahaan telah memasuki uji klinis. 

Lakukan Ini untuk Hindari Virus Corona

Tentunya, vaksin yang sedang dikembangkan pada beberapa perusahaan farmasi menjadi pengobatan yang dinilai cukup efektif untuk mengatasi virus corona. Namun, tidak ada salahnya melakukan beberapa hal sederhana untuk menurunkan angka penyebaran virus corona.

Virus corona adalah salah satu virus yang mudah menular melalui percikan air liur (droplets) yang keluar dari pengidap corona ketika batuk, bersin, atau berbicara. Selain itu, sentuhan dengan barang-barang yang terpapar virus corona dapat menjadi salah satu cara penyebaran virus ini. Jadi, tidak ada salahnya melakukan beberapa cara agar terhindar dari virus corona.

Menerapkan physical distancing menjadi cara yang bisa dilakukan untuk mencegah virus corona. Penggunaan masker saat ini dinilai cukup efektif untuk mencegah penularan virus corona. Tidak hanya itu, jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan tubuh dan tangan setelah berkegiatan di luar ruangan atau ditengah keramaian. Cara ini menjadi salah satu efektif untuk mencegah penularan COVID-19.

Baca juga: Seberapa Efektif Penggunaan Face Shield untuk Cegah Corona?

WHO mengungkapkan, sebaiknya kamu tetap berada di rumah apalagi saat mengalami gejala, seperti batuk, sakit kepala, dan demam. Sebaiknya isolasi diri hingga kesehatan pulih dan membaik. Kamu bisa gunakan aplikasi Halodoc untuk bertanya langsung pada dokter mengenai gejala kesehatan yang kamu alami. 

Virus corona dapat dialami oleh siapa saja, jangan lupa untuk selalu jaga daya tahan tubuh dengan mengonsumsi makanan yang bernutrisi dan sehat. Penuhi kebutuhan istirahat dan jangan lupa untuk kelola tingkat stres agar daya tahan tubuh tetap optimal.

Referensi:
Reuters. Diakses pada 2020. AstraZeneca, Moderna Ahead in COVID 19 Vaccine Race: WHO
Reuters. Diakses pada 2020. Factbox: AstraZeneca’s Potential Coronavirus Vaccine
World Health Organization. Diakses pada 2020. COVID 19 Advice for Public