• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Adakah Bahaya Jika Terlalu Sering Minum Teh Susu?
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Adakah Bahaya Jika Terlalu Sering Minum Teh Susu?

Adakah Bahaya Jika Terlalu Sering Minum Teh Susu?

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 15 Agustus 2022

“Minum teh susu berlebihan berpotensi mengalami masalah kesehatan. Mulai dari insomnia, mual sampai tekanan darah tidak stabil.”

Adakah Bahaya Jika Terlalu Sering Minum Teh Susu?Adakah Bahaya Jika Terlalu Sering Minum Teh Susu?

Halodoc, Jakarta – Telah banyak penelitian yang menghubungkan teh dengan berbagai manfaat kesehatan. Dilansir dari WebMD, penelitian mengungkapkan teh dapat membantu penurunan berat badan, mencegah kanker, penyakit jantung, dan diabetes. 

Namun, apakah manfaat-manfaat di atas masih berlaku jika konsumsi teh dicampur dengan susu? Tak sedikit orang yang menyukai teh susu karena rasa manis dan after taste pahitnya. Namun, ada sejumlah dampak kesehatan yang mengintai jika minuman ini dikonsumsi berlebihan. 

Dampak Kesehatan Akibat Minum Teh Susu Berlebihan

1. Sulit tidur alias insomnia

Selama ini, kopi dianggap sebagai minuman berkafein yang perlu dibatasi asupannya. Padahal masih ada cokelat dan teh yang sama-sama mengandung kafein. Mengonsumsi teh berlebihan bisa menyebabkan gangguan tidur alias insomnia.  Bukan cuma gangguan tidur, zat ini bisa membuat orang gelisah, cemas sampai stres. 

Tambahan gula pada teh susu juga bisa memicu masalah ketika dikonsumsi berlebihan. Misalnya, seperti kenaikan berat badan, meningkatkan tekanan darah sampai meningkatkan risiko penyakit diabetes. 

2. Sembelit

Teh mengandung zat kimia yang disebut teofilin. Ketika dikonsumsi dalam jumlah sedang, zat tersebut mampu membantu proses detoksifikasi tubuh. Namun, jika jumlahnya kelebihan, teofilin justru bisa menyebabkan dehidrasi dan konstipasi alias sembelit.

Bagi seseorang yang tidak toleran dengan laktosa yang terkandung dalam susu, minum susu berlebihan juga bisa menyebabkan sembelit. 

3. Kembung

Lagi-lagi, kafein dalam teh menjadi biang keladi masalah pencernaan. Ketika dikonsumsi berlebihan, zat tersebut bisa bikin perut bergas dan kembung. Menambahkan susu ke dalamnya dapat memperparah kondisi tersebut. Jadi, usahakan untuk tidak minum teh susu berlebihan agar terhindar dari kondisi di atas ya.

4. Mual

Minum teh susu dalam keadaan perut kosong dapat memicu mual. Zat tanin dalam teh lah yang menjadi penyebab utamanya. Tanin punya sifat astringen yang mampu mengiritasi lapisan pencernaan sehingga timbul mual hingga sakit perut.

5. Defisiensi nutrisi

Efek samping lain yang patut diwaspadai adalah kekurangan nutrisi. Penelitian mengungkap kalau menyeduh teh bersama susu secara bisa menghambat penyerapan nutrisi dalam tubuh. Bukan itu saja, kafein dalam teh juga bisa mencegah penyerapan zat besi dan seng. Zat besi adalah nutrisi yang dibutuhkan tubuh dalam membentuk sel darah merah. Sedangkan seng bertugas menjaga kekebalan tubuh, menstabilkan kadar gula darah, dan membantu menjaga kulit, mata, dan jantung tetap sehat.

6. Timbul jerawat

Banyak wanita yang menghindari produk olahan susu untuk mencegah jerawat. Hal ini bisa menimpa kamu kalau mengonsumsi teh susu berlebihan lho. Ketika dikonsumsi melebihi batas, minuman ini bisa menghasilkan panas di dalam saluran cerna dan menciptakan ketidakseimbangan zat kimia. Proses tersebut lah yang memicu kemunculan jerawat. 

7. Tekanan darah tidak stabil

Kebanyakan teh bisa membuat tekanan darah tidak stabil. ketidakseimbangan dalam tekanan darah Anda. Pasalnya, kafein yang terkandung dalam teh mampu meningkatkan maupun memperlambat detak jantung.

Jika kamu mengalami masalah kesehatan setelah kebanyakan minum the susu, segera kunjungi dokter. Kalau kamu berencana pergi rumah sakit, buat janji rumah sakit melalui aplikasi Halodoc supaya lebih mudah dan praktis,. Jangan tunda untuk memeriksakan diri sebelum kondisinya semakin memburuk. Download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Parenting Firstcry. Diakses pada 2022. 6 Scary Side Effects of Milk Tea You Wish You Knew Before.
Healthline. Diakses pada 2022. 9 Side Effects of Drinking Too Much Tea.