• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Adakah Cara Alami Mengecilkan Pori-Pori Wajah?

Adakah Cara Alami Mengecilkan Pori-Pori Wajah?

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia

Halodoc, Jakarta – Pada dasarnya, pori-pori pada wajah tidak bisa benar-benar dihilangkan karena bermanfaat untuk kulit. Ada dua jenis pori-pori yang perlu kamu ketahui. Pertama, pori-pori yang menghasilkan minyak alami untuk kulit. Kedua adalah pori-pori yang menghasilkan keringat pada kulit.

Baca juga: Pori-Pori Wajah Membesar? Mungkin Ini Penyebabnya

Terkadang produksi minyak yang berlebih dapat membuat pori-pori pada wajah terlihat membesar. Hal ini bisa membuat kamu tidak percaya diri dan berisiko menimbulkan masalah kulit seperti jerawat dan komedo. Jika memiliki pori-pori yang cukup besar pada wajah, jangan khawatir karena kamu bisa membuat pori-pori pada wajah terlihat kecil dengan melakukan cara alami di rumah.

Cara Alami Kecilkan Pori-Pori pada Wajah

Dilansir dari Medical News Today, ada beberapa penyebab yang membuat pori-pori pada wajah menjadi lebih terlihat, seperti produksi minyak atau sebum yang berlebihan dan kulit yang kurang elastis. Nah, kamu bisa melakukan cara ini di rumah agar pori-pori yang besar menjadi tersamarkan, yaitu:

1. Rutin Bersihkan Wajah

Sebaiknya rutin bersihkan wajah ketika kamu memiliki pori-pori wajah yang cukup besar. Hal ini dilakukan untuk menghindari penyumbatan pada pori-pori wajah. Adanya penyumbatan kotoran pada pori-pori wajah membuat pori-pori terlihat semakin membesar. Untuk itu, rutin membersihkan wajah menjadi kunci untuk membuat pori-pori besar menjadi tersamarkan.

2. Pilih Produk yang Cocok untuk Kulit Wajah

Jika kamu memiliki jenis pori-pori yang besar, pilihlah produk perawatan wajah yang tepat. Dilansir dari WebMD, memilih produk yang mengandung zinc dan magnesium menjadi pilihan terbaik untuk mengembalikan keseimbangan minyak pada kulit wajah. Jenis produk tersebut juga mampu membersihkan pori-pori kulit wajah sehingga pori-pori terlihat lebih kecil. Selain itu, produk dengan bahan alami yang mengandung lavender atau rosemary mampu mencegah peradangan terjadi pada area pori-pori. Selain itu, pilih produk yang tidak menyumbat pori-pori sehingga tidak menyebabkan komedo pada wajah.

Baca juga: Cara Perawatan Wajah yang Tepat Atasi Masalah Pori-Pori

3. Jalani Pola Makan yang Sehat

Cara untuk menjaga kulit wajah tetap sehat dan terhindar dari pori-pori yang membesar, yaitu hindari mengonsumsi makanan yang mengandung lemak tinggi. Sebaiknya ganti makanan yang tinggi lemak, dengan makanan sehat dan perbanyak pengonsumsian buah-buahan, dan sayuran. Nah, kamu juga berbicara langsung dengan dokter jika mempunyai pertanyaan tentang makanan sehat untuk kulit. Caranya, download aplikasi Halodoc dan kamu bisa berbicara dengan dokter kulit di mana saja dan kapan saja. 

4. Eksfoliasi Kulit Wajah

Dilansir dari Medical News Today, pemilik kulit berminyak sebaiknya melakukan eksfoliasi sebanyak sekali atau dua kali dalam satu minggu. Melakukan eksfoliasi membantu menghilangkan minyak atau kotoran yang menyumbat pori-pori. 

5. Gunakan Tabir Surya

Jika kamu memiliki kondisi kulit wajah dengan pori-pori yang cukup besar, sebaiknya jangan lupa untuk menggunakan tabir surya ketika akan melakukan aktivitas di luar ruangan. Penting untuk merawat kondisi kulit dari paparan sinar matahari agar pori-pori tidak semakin membesar. Semakin terpapar matahari, maka kondisi ini membuat kering kulit wajah. Sedangkan kulit yang kering membuat pori-pori tampak menjadi lebih besar. Gunakan tabir surya agar kulit lebih lembap dan terlindungi.

Baca juga: 5 Kebiasaan yang Bikin Pori-Pori Besar dan Cara Mengatasinya

Ada cara lainnya yang bisa kamu lakukan, seperti mengonsumsi air putih yang cukup setiap hari untuk menjaga kulit tetap terhidrasi dengan baik. Menggunakan masker wajah yang berbahan dasar alami juga membantu untuk menyamarkan pori-pori wajah, seperti penggunaan es batu, madu, dan minyak zaitun.

Referensi:
Good Housekeeping. Diakses pada 2020. 11 Quick and Easy Ways to Make Your Pores Look Smaller
Very Well Health. Diakses pada 2020. Is It Possible to Shrink Large Pores?
Web MD. Diakses pada 2020. How to Minimize Your Pores
Medical News Today. Diakses pada 2020. What Are The Best Ways to Get Rid of Large Pores?