Adakah Cara Cepat untuk Menyembuhkan Dermatitis Atopik?

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia
Adakah Cara Cepat untuk Menyembuhkan Dermatitis Atopik?

Halodoc, Jakarta – Melakukan perawatan pada kulit bisa digunakan sebagai salah satu cara untuk menjaga kesehatan kulit. Banyak gangguan kesehatan pada kulit yang menyerang kamu. Salah satunya adalah dermatitis atopik.

Baca juga: Dermatitis Atopik Bisa Datang Mendadak pada Bayi

Dermatitis atopik adalah gangguan kesehatan pada kulit yang dapat membuat kulit kamu meradang, gatal, kering hingga pecah-pecah. Dermatitis atopik menjadi salah satu penyakit yang kronis yang cukup sering menyerang bayi maupun anak-anak. Yuk, ketahui cara mengatasi dermatitis atopik, di sini!

Ketahui Gejala dari Penyakit Dermatitis Atopik

Dermatitis atopik dikenal juga sebagai penyakit eksim. Jika tidak segera diatasi, penyakit ini menyebabkan gangguan pola tidur atau beraktivitas pada pengidap dermatitis atopik. Tidak ada salahnya untuk mencari tahu gejala yang dialami oleh pengidap dermatitis atopik agar kamu dapat melakukan pengobatan terhadap penyakit ini lebih cepat.

Umumnya, penyakit ini dialami oleh bayi maupun anak-anak. Namun, penyakit ini merupakan penyakit kambuhan yang dapat dialami ketika pengidap beranjak dewasa atau memasuki usia dewasa. Gejala yang dialami akan berbeda sesuai dengan usia pengidap.

Pada bayi, biasanya dermatitis atopik diawali dengan munculnya ruam pada beberapa bagian kulit bayi. Selain itu, bayi akan memiliki kulit yang sangat kering dan disertai kondisi lain seperti munculnya luka karena akibat menggaruk kulit. Jika tidak dijaga kebersihannya, luka ini dapat berpotensi menjadi infeksi.

Sedangkan pada anak-anak, biasanya gejala ruam akan muncul pada sekitar lipatan-lipatan pada anggota tubuh, seperti lipatan siku, lipatan lutut, pergelangan kaki dan pergelangan tangan. Biasanya ruam yang muncul disertai dengan rasa gatal. Kulit yang mengalami dermatitis atopik memiliki warna yang berbeda dengan permukaan kulit yang bergelombang.

Kondisi dermatitis atopik cukup jarang dialami orang dewasa. Namun berbeda ketika pengidap dermatitis atopik pernah memiliki riwayat penyakit ini ketika masih kecil. Dermatitis atopik dapat muncul lagi ketika dewasa dengan beberapa gejala, seperti muncul perbedaan pada kulit yang berada di sekitar lipatan tubuh menjadi gatal, kering dan bergelombang. 

Baca juga: Ruam Tiba-Tiba pada Bayi, Waspada Dermatitis Atopik

Selain itu, dermatitis atopik pada orang dewasa umumnya akan menyerang area mata. Rasa gatal yang digaruk nyatanya dapat menimbulkan luka yang berpotensi infeksi. Segera lakukan pemeriksaan pada rumah sakit terdekat ketika kulit yang gatal atau ruam mengalami nyeri ketika disentuh atau bahkan mengeluarkan nanah.

Penyebab dermatitis atopik belum diketahui secara pasti, namun ada beberapa faktor yang meningkatkan seseorang mengalami kondisi ini, seperti adanya riwayat keluarga dengan kondisi serupa dan mengalami kontak langsung dengan pengidap dermatitis atopik.

Baca juga: 10 Tanda Dermatitis Atopik pada Anak dan Orang Dewasa

Bisakah Dermatitis Atopik Disembuhkan?

Nyatanya, tidak ada pengobatan yang dapat menyembuhkan kondisi dermatitis atopik. Namun, kamu bisa lakukan beberapa tindakan untuk mengurangi gejala yang dirasakan oleh pengidap dermatitis atopik, seperti menggunakan krim untuk mengendalikan rasa gatal yang muncul. Biasanya, salep kortikosteroid membantu pengidap dermatitis atopik untuk mengurangi rasa gatal yang muncul.

Selain itu, sebaiknya jaga kulit tetap lembap dan tidak menggaruk area kulit yang terasa gatal. Menggaruk kulit dapat menyebabkan kondisi dermatitis atopik semakin parah. Mandi air hangat dan mengompres bagian tubuh yang mengalami ruam juga dapat dilakukan untuk meringankan gejala yang dirasakan.

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2019. Atopik Dermatitis
Medicine Net. Diakses pada 2019. Atopik Dermatitis
NHS. Diakses pada 2019. Atopik Eczema