• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Adakah Cara Mengatasi Anak dengan Karakter Narsistik?

Adakah Cara Mengatasi Anak dengan Karakter Narsistik?

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta – Saat menjalani masa-masa tumbuh kembang, terkadang anak-anak membutuhkan banyak perhatian dari orangtuanya. Tidak hanya itu, pujian dan sikap dibanggakan oleh orangtua terkadang membuat anak memiliki karakter yang positif dan hidup yang berkualitas. Namun, bagaimana jika anak kerap meminta perhatian berlebihan hingga pujian dari orangtua? Wah, bisa jadi anak memiliki karakter narsistik.

Baca juga: 5 Cara Mencegah Anak agar Tidak Menjadi Narsistik

Karakter narsistik atau yang dikenal juga sebagai gangguan kepribadian narsistik, nyatanya menjadi salah satu jenis gangguan mental, loh. Tidak ada salahnya ibu segera atasi kondisi ini karena dapat menyebabkan gangguan kesehatan mental yang lebih buruk kedepannya. Lalu, bagaimana cara mengatasi anak dengan karakter narsistik? Simak ulasannya di bawah ini.

Kenali Tanda Anak dengan Karakter Narsistik

Gangguan kepribadian narsistik menjadi salah satu gangguan mental yang cukup jarang terjadi. Laki-laki nyatanya lebih rentan mengalami kondisi ini dibandingkan wanita. Anak dengan kondisi gangguan kepribadian narsistik umumnya tidak akan menyadari gangguan yang dialami. Namun, tidak ada salahnya orangtua mengetahui lebih banyak tanda yang menjadi gejala dari kondisi karakter narsistik pada anak.

Melansir Mom Junction, anak dengan karakter narsistik akan selalu meminta perhatian, pujian, dan sikap dibanggakan oleh kedua orangtuanya. Meskipun begitu, mereka akan segan untuk mengucapkan terima kasih atau membuat orangtuanya senang. Mementingkan kepentingan diri sendiri menjadi ciri dari anak dengan karakter narsistik.

Tidak hanya itu, anak-anak dengan karakter narsistik juga akan sulit membangun hubungan sosial dengan lingkungan. Hal ini disebabkan mereka selalu menganggap dirinya paling istimewa atau terlalu tinggi dibandingkan dengan teman-teman sebayanya. 

Memiliki sifat arogan, sering iri terhadap teman-temannya, dan juga sering menyalahkan orang lain menjadi tanda lain dari karakter narsistik yang dimiliki oleh anak-anak. Tidak ada salahnya ibu perhatikan lebih dalam sifat anak, sehingga jika anak mengalami gangguan kepribadian narsistik kondisi ini bisa diatasi lebih dini.

Baca juga: Cara Mendeteksi 9 Tanda Gangguan Kepribadian Narsistik 

Ibu, Ketahui Cara Mengatasi Anak Berkarakter Narsistik

Tidak ada salahnya ibu ketahui beberapa cara yang bisa dilakukan orangtua untuk menekan karakter narsistik yang dimiliki anak agar dapat memiliki kualitas hidup yang lebih baik dilansir dari Psych Central:

1.Batasi Pemberian Hadiah

Terlalu banyak memberikan pujian atau hadiah pada anak tanpa ada usaha yang dilakukan oleh anak nyatanya dapat membentuk karakter narsistik pada anak. Tidak ada salahnya orangtua mulai membatasi pemberian hadiah atau pujian yang disampaikan pada anak. Berilah hadiah atau pujian saat anak berhasil melakukan sesuatu yang baik agar anak belajar mengerti mengenai hak dan kewajiban.

2.Biarkan Anak Belajar dari Kesalahan

Sebaiknya orangtua hindari terlalu banyak membantu anak dalam mengerjakan sesuatu. Tentunya mengajarkan anak sangat perlu agar anak dapat mengerjakan suatu tugas dengan baik. Namun, bukan berarti orangtua harus ikut mengerjakan tugas tersebut, sebaiknya biarkan anak melakukan tugasnya sendiri dan berikan informasi mengenai kesalahan yang ia lakukan dengan kalimat yang mudah dimengerti anak agar ia dapat belajar dari kesalahan yang ia lakukan.

3.Terapkan Pola Asuh yang Tepat

Setiap anak memiliki karakter yang berbeda, untuk itulah orangtua perlu menerapkan pola asuh yang tepat pada anak agar anak tidak membangun karakter narsistik. Ajarkan anak sejak dini untuk tidak bergantung pada orangtua atau orang lain agar ia dapat menjadi anak yang mandiri.

Tidak hanya kondisi biologis saja, nyatanya faktor lingkungan pun dapat memengaruhi pembentukan karakter anak. Jika cara tersebut tidak dapat mengatasi kondisi anak dengan karakter narsistik, sebaiknya gunakan aplikasi Halodoc dan bertanya langsung pada psikolog mengenai anak dengan karakter narsistik.

Baca juga: Begini Cara Menghadapi Seseorang dengan Kepribadian Narsistik

Penanganan yang dilakukan lebih dini tentunya dapat membuat kondisi kesehatan mental anak lebih baik dan anak dapat memiliki kualitas hidup yang optimal.

Referensi:
Psych Central. Diakses pada 2020. Is My Child a Narcissist?
Mom Junction. Diakses pada 2020. Narcissism in Children: What Are The Signs and How to Deal With It?