• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Adakah Efek Samping Pemberian Minyak VCO untuk Kucing?

Adakah Efek Samping Pemberian Minyak VCO untuk Kucing?

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Adakah Efek Samping Pemberian Minyak VCO untuk Kucing?

“Sebagai salah satu ‘makanan super’ utama yang ditawarkan alam, minyak kelapa dapat bermanfaat bagi manusia dalam berbagai cara, mulai dari memasak hingga merawat kulit kering, bahkan meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh. Namun, apakah minyak ini juga memberikan manfaat yang sama untuk hewan peliharaan, khususnya kucing?”

Halodoc, Jakarta – Manfaat minyak kelapa atau disebut juga virgin coconut oil memang sudah tidak diragukan lagi untuk kehidupan. Minyak ini berasal dari daging buah kelapa yang sudah matang. Setelah diekstraksi, minyak tersebut bisa diproses dengan beberapa cara. Minyak kelapa extra virgin biasanya paling direkomendasikan untuk digunakan, baik untuk manusia maupun untuk hewan seperti kucing. 

Bukan tanpa alasan, minyak tersebut belum melalui proses dihidrogenasi atau proses secara kimia dan menjadi bentuk minyak paling murni yang tersedia. Tentu saja, manfaatnya pun akan lebih baik jika dibandingkan dengan minyak kelapa lain yang telah melalui beberapa proses kimiawi. 

Minyak Kelapa dan Kucing

Manusia mungkin tidak memiliki masalah dalam mencerna minyak kelapa, tetapi dapatkah hal yang sama terjadi pada kucing? Ada banyak bukti yang menunjukkan bahwa minyak kelapa sebenarnya bisa sangat bermanfaat sebagai obat holistik untuk kucing. Salah satu kegunaan paling umum dari minyak kelapa untuk kucing adalah mengobati alergi kulit atopik, membantu meningkatkan kesehatan kulit, dan bulu pada hewan tersebut. 

Baca juga: Minyak Zaitun dan Minyak Kelapa, Lebih Sehat yang Mana?

Minyak kelapa juga bisa digunakan secara topikal maupun oral untuk membawa nutrisi yang sangat dibutuhkan pada area yang terinfeksi atau terserang penyakit. Beberapa pakar kesehatan hewan juga merekomendasikan penggunaan minyak kelapa untuk kucing yang mengalami masalah radang usus, karena bisa membantu meningkatkan kesehatan mereka secara menyeluruh. 

Bagaimana dengan Risikonya?

Menggunakan minyak kelapa untuk meningkatkan kesehatan kucing memang bisa dikatakan efektif. Akan tetapi, tetap ada beberapa risiko yang mungkin perlu kamu ketahui sebelum memutuskan menggunakan minyak tersebut. Misalnya, risiko membuat kucing sakit karena kandungan lemak jenuhnya yang tinggi yang berbahaya bagi kucing yang mengidap atau memiliki risiko pankreatitis. 

Sayangnya, menambahkan minyak kelapa dalam pakan kucing secara konsisten justru meningkatkan risiko terjadinya masalah kesehatan tersebut. Inilah mengapa mengoleskan minyak kelapa secara topikal bisa jadi pilihan yang lebih direkomendasikan untuk hewan peliharaan, terutama jika area luka berada di daerah yang tidak dapat dijilat atau dibersihkan. 

Baca juga: Minyak Kelapa Bisa Atasi Kurap, Ini Penjelasannya

Selain itu, minyak kelapa juga sebaiknya dihindari untuk dikonsumsi oleh hewan peliharaan, terutama kucing. Ini karena susu dan daging dari kelapa segar dapat menyebabkan sakit perut, mencret, atau bahkan diare untuk kucing. Namun, risiko ini hanya berlaku jika minyak kelapa dikonsumsi oleh kucing dalam jumlah besar dan secara teratur. 

Apa lagi faktor risiko potensial lain yang perlu diingat tentang minyak kelapa? Minyak ini sangat tinggi kalori dan dapat menyebabkan kenaikan berat badan yang tidak diinginkan, terutama pada kucing yang sudah sebenarnya sudah terlalu gemuk. 

Cara Menggunakan Minyak Kelapa untuk Kucing

Jika kamu ingin menambahkan minyak kelapa dalam rutinitas kucing, ada beberapa cara yang bisa dilakukan di rumah. Namun, pastikan dulu kamu sudah bertanya dan berdiskusi dengan dokter hewan ya, karena membuat perubahan yang signifikan pada diet maupun rutinitas kucing bisa berdampak besar pada kesehatan mereka secara menyeluruh dan tidak boleh dilakukan tanpa saran ahli. 

Baca juga: Minyak Kelapa Bisa Mengobati Infeksi Kulit Jamur, Benarkah?

Sekarang, kamu tidak usah repot ke klinik, tanyakan saja langsung melalui aplikasi Halodoc. Cukup download aplikasinya di ponselmu, kamu bisa bertanya pada dokter hewan atau spesialis lainnya kapan saja setiap saat tanpa harus menunggu. Lalu, bagaimana cara menggunakan minyak kelapa untuk kucing yang tepat? 

  • Gunakan sebagai pelembap. Minyak kelapa dapat memberikan banyak manfaat untuk kulit, terutama saat kering. Berikan satu sendok minyak kelapa pada kulit kucing dan lakukan pijatan untuk membantu mengurangi kulit kering dan gatal. Tak hanya itu, minyak ini juga membantu membuat bulu kucing lebih berkilau dan lembut saat disentuh. 
  • Mencegah terbentuknya bola bulu. Kucing berbulu panjang yang lebih rentan mengalami bola bulu, minyak kelapa bisa menjadi obat alami yang baik karena kamu dapat memberikannya secara langsung dan berfungsi sebagai pelumas berbasis non-minyak pada tubuhnya. 
  • Obat gingivitis ringan. Gingivitis atau radang gusi adalah penyakit mulut yang umum pada hewan peliharaan yang dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan masalah kesehatan gigi jangka panjang. Menurut para ahli, mengoleskan minyak kelapa pada gusi dapat membantu mengurangi rasa sakit dan mendukung kesehatan gusi yang lebih baik untuk kucing.
  • Membantu menyembuhkan luka. Luka terbuka atau goresan lain yang mungkin dimiliki kucing, minyak kelapa dapat membantu mencegah infeksi dan membantu penyembuhan luka. Namun, perlu diingat VCO tidak bisa menjadi pengganti obat untuk kucing.

Jadi, memang benar jika minyak kelapa baik untuk menunjang kesehatan kucing. Akan tetapi, tetap perlu diingat untuk tetap berdiskusi dengan dokter hewan sebelum menggunakannya, ya!

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg

Referensi: 

All About Cats. Diakses pada 2021. Is Coconut Oil Good For Cats?

Innovet. Diakses pada 2021. Coconut Oil for Cats.

Modern Cat. Diakses pada 2021. Is Coconut Oil Good for Cats?