• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Adakah Makanan Khusus untuk Atasi Vertigo?

Adakah Makanan Khusus untuk Atasi Vertigo?

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
undefined

Halodoc, Jakarta - Vertigo merupakan penyakit yang membuat pengidapnya mengalami pusing, sampai sensasi rasa berputar di sekelilingnya. Pada masing-masing pengidap, intensitas keparahan, serta waktu berlangsungnya akan berbeda-beda. Pada pengidap dengan intensitas yang parah, mereka akan terjatuh karena rasa sakit yang tidak tertahankan.

Baca juga: Gemar Konsumsi Apel Hijau, Apa Manfaatnya?

Begitu banyak cara yang mampu mencegah datangnya vertigo, salah satunya adalah mengonsumsi makan sehat bergizi seimbang. Berikut beberapa makanan untuk atasi vertigo yang bisa kamu konsumsi:

  • Pisang

Bukan hanya mampu menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh, pisang juga mampu mencegah seseorang mengidap vertigo. Pisang memiliki kandungan gizi yang cukup untuk mengembalikan energi, sehingga tubuh menjadi lebih kuat. 

  • Jahe

Jika kamu sering mengalami vertigo, kamu bisa mencoba mengonsumsi air rebusan jahe untuk mengatasinya. Caranya dengan merebus jahe dengan air, serta menambahkan sedikit gula sesuai selera. Kamu juga bisa menambahkan daun mint, teh, atau madu sesuai dengan keinginanmu. 

Jahe berperan dalam membantu melancarkan peredaran darah, sehingga otak bisa mendapatkan suplai oksigen lebih lancar. Dengan begitu, kamu yang sering mengalami vertigo akan merasa lebih rileks dan tenang, sehingga risiko kambuhnya vertigo dapat diminimalisir.

  • Alpukat

Makanan untuk atasi vertigo selanjutnya adalah alpukat. Alpukat memiliki banyak kandungan lemak tidak jenuh, serta vitamin B6 yang baik untuk tubuh. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kamu dapat memakannya langsung, diolah menjadi jus, atau dicampur dengan salad buah atau sayur sesuai selera.

Baca juga: Ini 8 Manfaat Kayu Manis untuk Kesehatan

  • Ikan Air Tawar

Untuk meminimalisir kambuhnya vertigo, salah satu makanan untuk atasi vertigo yang direkomendasikan adalah ikan air tawar sebagai sumber protein yang baik. Dengan mengonsumsi ikan air tawar secara rutin, kemungkinan kambuhnya vertigo akan semakin kecil. Selain protein, ikan air tawar juga mengandung garam lebih rendah dibanding dengan ikan laut.

  • Bayam

Sayuran hijau yang satu ini merupakan makanan untuk atasi vertigo yang mengandung  tinggi vitamin B6. Selain vitamin B6, bayam juga mengandung vitamin C, vitamin A, sodium, magnesium, kalium, phosphor, thiamin, riboflavin dan niacin. Dalam 100 gram bayam mengandung 3,2 gram karbohidrat, 81 gram kalsium, 2,3 gram protein, serta 3 gram zat besi. 

  • Selai Kacang

Kacang memiliki kandungan vitamin B6 yang tinggi, serta baik dikonsumsi bagi penderita vertigo. Dengan mengonsumsi satu sendok makan selai kacang setiap hari, maka metabolisme  dalam tubuh perlahan akan mengalami peningkatan. Selain itu, kacang juga mampu membantu tubuh dalam menangkal radikal bebas di dalamnya.

  • Lada Merah

Lada merah merupakan salah satu rempah yang saat ini cukup populer. Makanan untuk atasi vertigo yang satu ini mengandung capsaicin yang ampuh dalam mengatasi kambuhnya gejala vertigo. Lada merah tersedia dalam bentuk bubuk, yang dapat kamu jadikan bahan masakan, atau diminum langsung dengan campuran air lemon atau teh.

Capsaicin dalam lada merah membantu menyeimbangkan jumlah keping darah atau trombosit dalam tubuh, serta melancarkan aliran darah menuju otak dan telinga bagian dalam. Karena hal tersebut, gejala kambuhnya vertigo dapat berkurang secara perlahan.

Baca juga: Atasi Cemas dengan Konsumsi 5 Makanan Ini

Bagi kamu pengidap vertigo yang memiliki alergi terhadap bahan makanan tertentu, diskusikan terlebih dulu dengan dokter di aplikasi Halodoc sebelum mengonsumsinya, agar tidak menimbulkan reaksi alergi. Perlu kamu ketahui bahwa reaksi alergi parah yang dialami dapat memicu hilangnya nyawa jika tidak diatasi dengan tepat.

Referensi:

Live Strong. Diakses pada 2020. Foods to Avoid for Vertigo.
Medical News Today. Diakses pada 2020. What are the home remedies for vertigo?
Everyday Health. Diakses pada 2020. Home Remedies and Alternative Treatments for Vertigo.