• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Adakah Makanan Khusus yang Harus Diberikan pada Kucing Senior?

Adakah Makanan Khusus yang Harus Diberikan pada Kucing Senior?

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
undefined

Halodoc, Jakarta – Kucing yang berusia di atas delapan tahun sudah bisa dianggap kucing senior atau kucing tua. Meskipun dari segi ukuran dan penampilan, kucing senior tampaknya tidak terlalu berbeda dengan kucing muda. Menurut Joseph J. Wakshlag, DVM, PhD, asisten profesor nutrisi klinis di Cornell University of Veterinary Medicine, mereka sebenarnya mengalami fenomena penuaan.

Pada usia lanjut, kucing berisiko tinggi mengalami banyak penyakit, sama seperti manusia. Selain itu, kucing senior mungkin mulai menjadi kurang aktif, menghabiskan lebih banyak waktu di dalam ruangan, dan memiliki metabolisme yang lambat. Itu semua bisa menambah berat badan mereka. Seiring bertambahnya usia, penurunan indra perasa dan penciuman juga bisa memengaruhi nafsu makan kucing yang berdampak pada kondisi tubuh mereka.

Oleh karena itu, kamu tidak bisa memberi kucing senior makanan yang sama lagi ketika ia masih muda dulu. Kebutuhan nutrisi kucing senior berubah, sehingga kamu dianjurkan untuk membeli makanan khusus untuk mereka. Berikut ulasannya.

Baca juga: Waspada, Ini Bahaya yang Bisa Terjadi pada Kucing Obesitas

Makanan untuk Kucing Senior

Kamu yang memiliki kucing peliharaan yang sudah tua dianjurkan untuk memberikan makanan yang diformulasikan secara khusus untuk kucing senior daripada makanan kucing dewasa yang biasa. Dengan catatan, kucing peliharaan tidak memiliki kondisi medis yang mendasarinya atau dokter hewan menyarankan sebaliknya.

Makanan kucing senior menyediakan protein berkualitas tinggi. Selain itu, banyak produk makanan kucing senior juga mengandung vitamin E tambahan untuk memperkuat pertahanan tubuhnya. Hal yang penting adalah makanan tersebut mengandung lebih sedikit kalori, sehingga membantu kucing kamu menjaga berat badan yang sehat.

Seiring bertambahnya usia kucing, indra penciuman dan perasa mereka bisa sedikit memudar, seiring dengan kemampuannya mengunyah. Pilihlah makanan yang memiliki ukuran yang lebih kecil dan lebih lembut, sehingga membantu kucing senior untuk makan dengan mudah, terutama untuk kucing yang sudah kehilangan beberapa gigi. Makanan dengan kandungan daging yang lebih tinggi juga biasanya memiliki aroma dan rasa makanan yang lebih kuat, sehingga bisa menarik kucing tua untuk makan.

Ingat, saat mengganti makanan kucing yang lama dengan yang baru, kamu perlu melakukannya secara perlahan. Pertama-tama, mulailah dengan mengganti sebagian pakan lama dan pakan baru secara bertahap, berikan setengah porsi makanan baru yang dicampur makanan lama. Lalu, secara bertahap tingkatkan frekuensi pemberian makanan yang baru selama seminggu hingga sepuluh hari sampai kucing peliharaan hanya mengonsumsi makanan formula senior yang baru. 

Bila kucing senior menolak untuk mengonsumsi makanan baru, coba bicarakan dengan dokter hewan karena mungkin saja hal itu disebabkan oleh masalah medis. Kamu bisa bertanya pada dokter hewan melalui aplikasi Halodoc mengenai hal tersebut.

Baca juga: Hal yang Perlu Diketahui Tentang Makanan Kucing

Cara Memberi Makan Kucing Senior

Berilah makanan dalam porsi yang sedikit tapi sering pada kucing yang sudah tua, karena mereka mungkin merasa kewalahan dengan jumlah makanan yang banyak. 

Sajikan makanan pada suhu ruangan agar kucing peliharaan kamu bisa merasakan dan menciumnya dengan baik. Bila kamu memberi makanan basah, kamu harus mengeluarkan kaleng yang sudah dibuka dari lemari es sekitar dua jam sebelum waktu makan.

Sebenarnya tidak masalah menggunakan microwave untuk menghangatkan makanan basah. Namun, pastikan sebentar saja dan makanan sesuai dengan suhu ruangan dan tidak terlalu panas. Kucing adalah makhluk yang berperilaku berdasarkan kebiasaan, jadi sebaiknya beri mereka makanan di tempat dan waktu yang sama setiap hari.

Baca juga: Ketahui Porsi Makan yang Tepat untuk Diberikan pada Kucing

Itulah penjelasan mengenai makanan yang baik untuk kucing senior. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga sebagai teman penolong untuk membantu kamu menjaga kesehatan hewan peliharaan.

Referensi:
Purina. Diakses pada 2021. Feeding Your Senior Cat.
WebMD. Diakses pada 2021. Feeding Your Senior Cat.