• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Adakah Makanan Pantangan bagi Pengidap Papiloma?
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Adakah Makanan Pantangan bagi Pengidap Papiloma?

Adakah Makanan Pantangan bagi Pengidap Papiloma?

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 24 Februari 2022

“Saat terkena papiloma, penting untuk memperhatikan asupan makanan. Disarankan untuk menghindari makanan olahan, tinggi lemak trans, dan tinggi gula. Sebaiknya, perbanyak asupan sayur dan buah.”

Adakah Makanan Pantangan bagi Pengidap Papiloma?

Halodoc, Jakarta – Papiloma adalah benjolan non-kanker pada kulit, yang juga biasa disebut kutil. Penyebabnya adalah human papillomavirus (HPV). Benjolan ini dapat muncul di area tubuh mana saja. Namun, paling sering di tangan.

Meski ada banyak jenisnya dan umumnya tidak berbahaya, penting untuk tetap mewaspadai papiloma. Salah satunya adalah dengan memperhatikan apa yang dikonsumsi.

Makanan Pantangan Papiloma

Sebenarnya, tidak ada makanan khusus yang bisa jadi penyebab papiloma. Namun, ada beberapa makanan yang sebaiknya dihindari saat mengalami kondisi ini, yaitu:

  • Makanan olahan.
  • Makanan yang mengandung lemak tidak sehat (lemak trans).
  • Makanan tinggi gula.
  • Makanan atau minuman yang mengandung stimulan, misalnya kafein.
  • Minuman beralkohol.

Makanan yang Baik Dikonsumsi

Setelah mengetahui makanan yang sebaiknya dihindari saat mengidap papiloma, penting juga untuk tahu makanan apa saja yang baik dikonsumsi. Berikut ini di antaranya:

1. Sayuran

Sayuran kaya akan vitamin dan mineral yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk melawan virus seperti HPV. Sayuran berdaun hijau gelap dan sayuran laut kaya akan vitamin B dan kalsium.

Contohnya termasuk bayam dan kangkung. Makanan seperti ini yang meningkatkan sistem kekebalan dapat mencegah papiloma memburuk dengan melawan infeksi HPV.

Sayuran seperti brokoli juga tinggi antioksidan. Antioksidan sangat penting untuk menetralkan radikal bebas yang merusak jaringan dan membuat sel-sel tubuh rentan terhadap infeksi.

2. Buah-buahan

Buah-buahan juga efektif untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengurangi papiloma. Buah-buahan seperti blueberry, tomat, dan ceri kaya akan antioksidan. Labu dan paprika juga memiliki antioksidan.

Paprika merah sangat berguna untuk sistem kekebalan tubuh yang sehat karena memiliki vitamin C dua kali lipat dari sebagian besar buah dan sayuran yang mengandung vitamin C.

Buah lain yang bermanfaat adalah labu. Labu kaya akan vitamin A, yang membantu mengatur komunikasi sel ke sel yang merupakan dasar dari sistem kekebalan tubuh.

3. Rempah-Rempah

Rempah-rempah mengandung berbagai senyawa yang dapat meningkatkan fungsi kekebalan tubuh untuk mencegah infeksi virus. Bawang putih misalnya, mengandung senyawa antioksidan yang efektif untuk melawan virus serta infeksi jamur, bakteri dan parasit.

Oregano juga memiliki senyawa yang bersifat antioksidan yaitu flavonoid dan asam fenolik. Polifenol adalah jenis lain dari zat nabati dengan sifat antioksidan. Teh hijau mengandung polifenol yang tinggi. Ini juga mengandung epigallocatechin gallate, yang merupakan antioksidan kuat.

4. Protein

Makanan yang baik dikonsumsi pengidap papiloma lainnya adalah makanan tinggi protein. Misalnya daging, ikan, tahu dan kacang-kacangan. Selain tinggi protein, makanan tersebut juga mengandung nutrisi penting untuk sistem kekebalan tubuh.

Kacang dan almond misalnya, kaya akan vitamin B dan kalsium. Biji-bijian utuh juga kaya akan nutrisi ini. Tahu, ikan air dingin, dan daging tanpa lemak juga bermanfaat untuk kesehatan kulit, tetapi sebaiknya batasi konsumsi daging merah.

Tiram bermanfaat karena mengandung seng yang tinggi. Seng penting karena berfungsi dalam reaksi paling enzimatik dari mineral apa pun, yang sangat penting untuk sistem kekebalan tubuh.

Nah, itulah pembahasan mengenai makanan pantangan untuk pengidap papiloma dan makanan yang baik dikonsumsi. Dapat diketahui bahwa saat mengidap papiloma, penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 

Selain mengonsumsi makanan sehat, jangan lupa untuk berolahraga teratur dan istirahat yang cukup. Jika mengalami masalah kesehatan atau butuh vitamin, kamu bisa download Halodoc untuk cek kebutuhan medis kamu kapan saja.

Referensi:
Healthfully. Diakses pada 2022. Foods to Eat to Get Rid of Warts.
Healthline. Diakses pada 2022. Natural Treatments for Warts.