• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Adakah Makanan yang Harus Dihindari saat Hamil Trimester Pertama?

Adakah Makanan yang Harus Dihindari saat Hamil Trimester Pertama?

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta – Bumil harus memperhatikan makanan yang dikonsumsi untuk terhindar dari komplikasi dan gangguan kesehatan. Sebenarnya tidak hanya pada trimester pertama, bumil harus menghindari mengonsumsi makanan kurang matang terutama sosis atau daging cincang. 

Baca juga: 5 Hal Ini Menunjukkan Tanda Kehamilan yang Sehat

Jika hendak memakannya, berhati-hatilah saat memasaknya. Olahlah sampai matang sehingga tidak ada bekas merah muda atau darah. Meskipun risikonya rendah, tetapi bumil yang hamil trimester pertama juga harus menghindari makanan mentah. Soalnya ada risiko toksoplasmosis, yaitu parasit kecil yang hidup di makanan/daging mentah yang bisa membahayakan perkembangan janin.

Hindari Makanan Ini di Kehamilan Trimester Pertama

Buat kamu yang senang mengonsumsi telur setengah matang, ada baiknya menghindari makanan ini di kehamilan trimester pertama. Takutnya, telur mentah dapat terkontaminasi dengan Salmonella.

Gejala infeksi Salmonella biasanya berupa demam, mual, muntah, kram perut, dan diare. Namun, dalam kasus yang jarang terjadi, infeksi dapat menyebabkan kram di rahim yang mengakibatkan kelahiran prematur atau kematian saat dilahirkan.

Baca juga: Tekanan Sosial pada Ibu Hamil, Hati-Hati Picu Stres

Jeroan termasuk jenis makanan yang harus dihindari saat hamil trimester pertama. Sebenarnya jeroan adalah sumber nutrisi yang bagus. Beberapa kandungan terbaiknya adalah zat besi, vitamin B12, vitamin A, dan tembaga yang sebenarnya baik untuk bumil dan bayi dalam kandungan. 

Namun, ternyata terlalu banyak mengonsumsi vitamin A hewani tidak dianjurkan selama kehamilan. Soalnya ini dapat menyebabkan keracunan vitamin A. Kemudian, tingkat tembaga yang sangat tinggi juga bisa menyebabkan cacat lahir dan keracunan hati. 

Minum kopi ataupun minuman lain yang mengandung kafein juga sebaiknya dihindari saat kehamilan. Kalaupun mau sebaiknya sangat dibatasi. Apa alasannya? Soalnya kafein dapat diserap dengan sangat cepat dan masuk dengan mudah ke dalam plasenta dan janin.

Karena bayi yang belum lahir dan plasenta mereka tidak memiliki enzim utama yang diperlukan untuk memetabolisme kafein, kadar tinggi kafein dapat menumpuk. Asupan kafein yang tinggi selama kehamilan dapat membatasi pertumbuhan janin dan meningkatkan risiko kelahiran yang rendah saat persalinan.

Makanan Cepat Saji Tidak Boleh Dimakan

Kehamilan adalah momen yang sangat signifikan. Apalagi ini berkaitan dengan kesehatan anak. Sementara bumil membutuhkan peningkatan jumlah nutrisi penting, termasuk protein, folat, dan zat besi.

Mengonsumsi makanan cepat saji tidak memberikan gizi yang signifikan kepada bumil. Makanan cepat saji dan olahan umumnya rendah nutrisi dan tinggi kalori, gula, dan lemak tambahan. Mengonsumsi makanan tinggi gula dapat meningkatkan risiko beberapa penyakit terutama diabetes tipe 2 dan penyakit jantung.

Penambahan berat badan selama kehamilan juga dikaitkan dengan banyak komplikasi dan penyakit. Salah satunya adalah peningkatan risiko diabetes gestasional, serta komplikasi kehamilan atau kelahiran, termasuk bayi lahir dengan obesitas. 

Hal ini dapat memicu kesehatan jangka panjang karena anak-anak bayi-bayi yang mengalami kelebihan berat badan lebih mungkin menjadi orang dewasa yang juga mengalami obesitas. Jenis makanan yang sehat selama kehamilan yang direkomendasikan adalah makanan utuh dengan kandungan nutrisi yang dapat memenuhi kebutuhan ibu dan anak. 

Butuh informasi lebih detail mengenai jenis makanan yang harus dihindari saat hamil trimester pertama atau makanan seperti apa yang direkomendasikan untuk mendapatkan kesehatan optimal, bisa ditanyakan ke aplikasi Halodoc.  

Dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik buat bumil Caranya, cukup download Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor, kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat, kapan dan di mana saja tanpa perlu ke luar rumah.

Referensi:
Tommy’s.org. Diakses pada 2020. Foods to avoid in pregnancy.
Healthline. Diakses pada 2020. 11 Foods and Beverages to Avoid During Pregnancy.