Adakah Obat Batuk Alami untuk Ibu Menyusui?

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Adakah Obat Batuk Alami untuk Ibu Menyusui?

Halodoc, Jakarta - Batuk yang tak kunjung reda sering kali membuat pengidapnya kewalahan. Apalagi bila yang mengalaminya ibu yang tengah menyusui. Beragam keluhan mungkin tengah dialami dialami. Mulai dari payudara bengkak, puting payudara terluka, bayi yang menolak menyusui, kini ditambah lagi dengan batuk yang tak kunjung reda. Duh! Makin bertambah saja masalahnya.

Lantas, obat batuk apa sih yang aman untuk ibu hamil? Faktanya, hampir semua obat yang ada dalam peredaran darah ibu akan “ditransfer” ke ASI sampai batas tertentu. Sebagian obat tidak menimbulkan risiko yang nyata bagi Si Kecil. Namun, ada beberapa obat yang mungkin saja terkonsentrasi di dalam ASI. Nah, inilah yang mesti diwaspadai.

Sebenarnya, selain obat-obatan, bumil masih memiliki alternatif lainnya untuk meredakan batuk. Coba tebak menggunakan apa? Tidak lain adalah bahan alami. Nah, berikut ini beberapa bahan alami yang bumil bisa coba untuk membantu meredakan batuk:

Baca juga: Beda Penyebab Batuk Berdahak dan Batuk Kering

1. Madu

Banyak studi yang membuktikan kalau madu memiliki beragam manfaat bagi kesehatan. Nah, salah satunya bisa mengatasi sakit tenggorokan. Bahkan, sebuah penelitian menunjukkan bahwa madu dapat meredakan batuk kering secara lebih efektif ketimbang obat yang mengandung dextromethorphan. Zat inilah yang bisa menekan rasa batuk. 

Cara meredakan batuk kering dengan madu simpel kok. Caranya campurkan dua sendok teh madu dengan teh atau air hangat dan lemon. Selain itu, kita juga bisa memakan langsung satu sendok madu atau menjadikannya sebagai selai pada roti tawar.

2. Probiotik

Probiotik merupakan mikroorganisme yang memiliki beragam keistimewaan bagi tubuh. Mikroorganisme ini mencegah dan menanggulangi berbagai penyakit. Salah satu bakteri baik yang terkandung dalam probiotik adalah Lactobacillus. Bakteri baik ini bisa ditemui di yoghurt atau makanan fermentasi lainnya. 

Meski tak bisa meredakan batuk secara langsung, tetapi probiotik bisa menyeimbangkan flora dalam saluran cerna dalam usus kita. Keseimbangan ini bisa mendukung sistem kekebalan tubuh. Nah, kondisi inilah yang bisa membantu memulihkan batuk yang sedang dialami. 

3. Daun Mint

Daun mint juga bisa dijadikan cara mengatasi batuk kering secara alami. Daun ini mengandung menthol yang dipercaya bisa membantu melegakan tenggorokan yang sakit karena teriritasi. 

Baca juga: 4 Gangguan Kesehatan yang Sering Dialami Ibu Menyusui

Nah, agar batuk kering cepat mereka, bumil bisa menghirup uap hangat yang dicampur dengan empat tetes minyak atsiri daun mint dalam segelas cangkir. Hal yang perlu diingat, pilihlah daun mint yang berkualitas agar hasilnya maksimal. Contohnya, daun mint yang bagus biasanya permukaannya berwarna hijau cerah dan tidak bernoda. 

4. Air garam

Banyak orang menggunakan air garam untuk meredakan batuk. Berkumur air garam ternyata bisa meredakan tenggorokan gatal yang menjadi penyebab batuk. Caranya simpel kok, campurkan seperempat hingga setengah sendok teh garam dengan 250 ml air hangat. Awas, air garam ini jangan sampai tertelan. 

Nah, bagaimana, tertarik untuk mencobanya? 

Hal yang mesti ditegaskan, tanyakan terlebih dahulu pada dokter sebelum memutuskan untuk menggunakan bahan alami di atas. Alasannya simpel, agar hasilnya efektif dan aman bagi ibu dan Si Kecil. 

Mau tahu lebih jauh mengenai masalah di atas? Atau memiliki keluhan kesehatan lainnya? Kamu bisa kok bertanya langsung kepada dokter melalui aplikasi Halodoc. Lewat fitur Chat dan Voice/Video Call, kamu bisa kapan dan di mana saja mengobrol dengan dokter ahli tanpa perlu ke luar rumah. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2019. The Best Natural Cough Remedies. 
Mayo Clinic. Diakses pada 2019. Breastfeeding and Medications: What's Safe?