• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Adakah Obat Tanpa Resep untuk Mengobati Tinea Cruris?
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Adakah Obat Tanpa Resep untuk Mengobati Tinea Cruris?

Adakah Obat Tanpa Resep untuk Mengobati Tinea Cruris?

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 29 Juli 2021
Adakah Obat Tanpa Resep untuk Mengobati Tinea Cruris?

“Tinea cruris, atau disebut juga jock itch, dapat menyebabkan gejala gatal dan kemerahan di kulit, terutama di area selangkangan. Sebagai penanganan awal, beberapa obat tanpa resep yang bisa dibeli di apotik dapat membantu. Jika keadaan tidak membaik, sebaiknya segera bicarakan pada dokter.”

Halodoc, Jakarta – Tinea cruris atau jock itch terjadi ketika spesies jamur tertentu menumpuk di kulit, tumbuh di luar kendali dan menyebabkan peradangan. Gejala umumnya berupa gatal yang tidak kunjung hilang, kemerahan, iritasi, dan kering pada kulit area selangkangan. 

Pada kebanyakan kasus, tinea cruris mudah diobati dengan obat antijamur. Beberapa jenis obat antijamur tersebut bisa dibeli di apotik tanpa perlu resep dokter. Apa saja obat yang dimaksud? Yuk, simak pembahasannya!

Baca juga: Inilah Tips Mudah untuk Mengatasi Tinea Cruris di Rumah

Obat Tanpa Resep untuk Tinea Cruris

Ada beberapa obat tanpa resep untuk mengatasi tinea cruris yang bisa kamu beli di apotik, yaitu:

  1. Terbinafin (Lamisil)

Terbinafine adalah turunan allylamine sintetis, yang menghambat squalene epoxidase, enzim kunci dalam biosintesis sterol pada jamur yang mengakibatkan defisiensi ergosterol, menyebabkan kematian sel jamur. 

Ini adalah antijamur topikal atau oral yang dipelajari secara luas dan efektif. Bentuk topikal tersedia tanpa resep. Beberapa klinisi memesan obat ini untuk infeksi yang lebih luas/resisten karena cakupannya yang luas dan biaya yang meningkat. Studi telah menemukan obat ini efektif dan ditoleransi dengan baik pada anak-anak.

  1. Klotrimazol Topikal (Lotrimin, Mycelex)

Klotrimazol topikal sering dijadikan obat lini pertama yang digunakan dalam pengobatan tinea cruris. Obat ini adalah agen antijamur spektrum luas yang menghambat pertumbuhan ragi dengan mengubah permeabilitas membran sel, menyebabkan kematian sel jamur. 

Evaluasi kembali diagnosis jika tidak ada perbaikan klinis setelah terlihat setelah 4 minggu. Obat ini tersedia tanpa resep dalam krim 1%, larutan/semprotan, dan losion.

  1. Miconazole (Micatin, Monistat-Derm)

Miconazole bekerja dengan cara merusak membran dinding sel jamur dengan menghambat biosintesis ergosterol. Permeabilitas membran meningkat, menyebabkan nutrisi bocor, mengakibatkan kematian sel jamur. Obat ini tersedia tanpa resep, 2% krim, larutan/semprot, losion, dan bentuk bubuk tersedia. 

Itulah beberapa obat tanpa resep untuk tinea cruris yang bisa dibeli di apotik terdekat, atau bisa juga beli lewat aplikasi Halodoc tanpa perlu keluar rumah. Bicarakan dengan dokter di aplikasi Halodoc jika telah mencoba obat tanpa resep tetapi belum melihat adanya perbaikan pada gejala setelah 2 minggu.

Dokter mungkin dapat meresepkan obat-obatan oral atau yang lebih kuat dan dapat membantu mengatasi infeksi jamur. Dokter juga dapat mengevaluasi adanya kemungkinan jenis infeksi kulit lain yang mungkin juga diidap.

Baca juga: Faktor yang Bisa Jadi Penyebab Infeksi Tinea Cruris

Bisakah Dicegah?

Berikut adalah beberapa tips untuk mencegah gatal selangkangan akibat tinea cruris:

  • Cuci tangan secara teratur. Ini sangat penting ketika menyentuh orang lain atau akan makan.
  • Jaga agar area lembap tubuh tetap bersih dan kering, terutama area di sekitar selangkangan dan paha bagian atas.
  • Mandi minimal sekali sehari. Pastikan untuk menggunakan sabun yang lembut dan tidak beraroma dan keringkan sepenuhnya sebelum mengenakan pakaian. Mandi lebih dari sekali sehari jika kamu banyak melakukan aktivitas fisik atau berkeringat deras sepanjang hari.
  • Jangan memakai pakaian ketat. Ini dapat menjebak kelembapan dan menyebabkan kulit lecet.
  • Kenakan pakaian dalam berbahan katun yang longgar. Ini akan membuat selangkangan dan paha berventilasi, terutama jika tinggal di iklim yang lembap.
  • Cuci pakaian olahraga atau peralatan apa pun yang disentuh tubuh setelah berolahraga dengan keringat.
  • Bila mengidap tinea pedis, jangan gunakan handuk yang sama pada kaki dan area tubuh lainnya. Tinea pedis dan tinea cruris keduanya disebabkan oleh jamur tinea dan dapat menyebar satu sama lain. Mengobati tinea pedis penting untuk mencegah gatal di selangkangan.

Gatal di selangkangan akibat tinea cruris biasanya mudah diobati, tetapi sering kali bisa kembali. Latih kebiasaan kebersihan yang sehat untuk membantu mencegah gatal di selangkangan. Obati lebih awal dengan obat topikal tanpa resep saat pertama kali melihat gejalanya. Jika tidak hilang setelah beberapa minggu, temui dokter.

Referensi:
Medscape. Diakses pada 2021. Tinea Cruris Medication.
Healthline. Diakses pada 2021. What Makes Jock Itch Resistant, and How to Treat It.