• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Adakah Tindakan Medis untuk Mengatasi Kutil?

Adakah Tindakan Medis untuk Mengatasi Kutil?

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Adakah Tindakan Medis untuk Mengatasi Kutil?

Halodoc, Jakarta - Kutil di kulit memang tidak menimbulkan rasa sakit. Namun, keberadaannya dapat menurunkan rasa percaya diri karena mengganggu penampilan. Itulah sebabnya banyak orang mencari obat kutil atau cara menghilangkan kutil, baik yang alami ataupun medis.

Sebenarnya, alih-alih menggunakan obat kutil sembarangan, jauh lebih baik menemui dokter dan menghilangkan kutil dengan cara medis. Sebab, tak jarang produk obat kutil di pasaran yang tidak terjamin keamanannya jika digunakan. 

Baca juga: 5 Tips Menghilangkan Kutil yang Mengganggu

Obat dan Tindakan Medis untuk Menghilangkan Kutil

Pada kebanyakan kasus, kutil dapat menghilang tanpa pengobatan apapun. Namun, biasanya butuh waktu berbulan-bulan, atau bahkan bertahun-tahun untuk kutil hilang dengan sendirinya. Oleh sebab itu, banyak orang yang berupaya menghilangkan kutil dengan cepat.

Secara medis, ada beberapa obat kutil atau prosedur yang bisa dilakukan untuk mengatasi kutil, yaitu:

1.Cantharidin

Cantharidin sebenarnya merupakan zat yang berasal dari kumbang lepuh, atau nama ilmiahnya Cantharis vesicatoria. Zat tersebut sudah lama digunakan di Tiongkok sebagai obat untuk berbagai penyakit, termasuk kutil.  

Cara kerja Cantharidin sebagai obat kutil adalah dengan melepuhkan kutil di kulit, agar lebih mudah diangkat. Cara menggunakan obat kutil ini dengan dioleskan di area kutil, dan biarkan hingga mengering, lalu ditutup dengan plester selama sekitar 4-6 jam. 

Kemudian, lepas plester dan cuci area kutil dengan air dan sabun hingga bersih. Luka lepuh akan terbentuk dalam 1-2 hari. Setelah itu, selama beberapa hari selanjutnya, lepuh akan mengering dan kutil pun lepas. Dokter kemudian akan memotong lepuhan dan kutil yang sudah mati.

Meski Cantharidin tidak menembus lapisan epidermis kulit dan tidak akan menimbulkan bekas luka, penggunaan obat kutil ini perlu diawasi dan dilakukan oleh dokter, karena ada potensi beracun.

2.Cryotherapy

Salah satu tindakan medis yang dapat dilakukan untuk mengatasi kutil adalah cryotherapy. Prosedur ini cukup umum dilakukan untuk mengatasi kutil, terutama di area tangan dan kaki. Dengan menggunakan pisau kecil yang tajam, dokter akan memotong kutil, lalu mengaplikasikan zat pembeku dengan lidi kapas. Agar tidak nyeri selama prosedur, dokter akan memberikan bius lokal.

Baca juga: Jangan Sampai Tertular Kutil Kelamin saat Hubungan Intim

3.Obat Peeling

Seperti namanya, obat kutil yang satu ini bertujuan untuk mengelupas kutil. Obat ini tersedia di apotik, ada yang dijual bebas dan ada yang harus menggunakan resep dokter. Jenis obat yang dijual bebas biasanya digunakan untuk mengobati kutil yang ringan. 

Salah satu kandungan zat yang paling sering ditemui dalam obat ini adalah asam salisilat atau salicylic acid. Zat ini sudah lama dikenal dapat menghilangkan berbagai penyakit kulit, termasuk jerawat, psoriasis, dermatitis, termasuk kutil. Bentuk sediaan obat bermacam-macam, ada yang berupa krim, cairan, gel, hingga plester yang ditempel.

Jika dioleskan dengan benar, obat ini dapat menghilangkan kutil dalam beberapa minggu. Cara menggunakannya adalah, rendam kulit yang tumbuh kutil di air hangat selama beberapa menit. Lalu, keringkan kulit dan oleskan obat kutil. Biarkan obat meresap selama 1-2 hari, bisa dengan atau tanpa menggunakan perban.

4.Laser

Jika obat kutil atau prosedur lain tidak membuahkan hasil, prosedur laser bisa dipilih. Prosedur ini dapat dilakukan dengan pulsed-dye laser untuk membakar pembuluh darah kecil pada jaringan yang terinfeksi.

Setelah memberikan suntikan anestesi, dokter akan mengarahkan laser pada bagian yang terkena kutil. Tujuannya agar jaringan kulit akan mati dan kutil terlepas. 

Baca juga: Terserang Kutil Kelamin, Ini Kemungkinan Penyebabnya

5.Operasi Pengangkatan Kutil

Tindakan medis lainnya yang juga dapat dilakukan untuk mengatasi kutil adalah operasi. Prosedur operasi kecil ini dilakukan untuk melepaskan jaringan kulit yang terkena kutil.

6.Imunoterapi

Prosedur untuk menghilangkan kutil ini dilakukan untuk pengidap yang memiliki kondisi kutil yang cukup parah dan sulit disembuhkan. Tujuannya adalah untuk mendorong sistem kekebalan tubuh untuk melawan virus penyebab kutil. 

Itulah beberapa obat kutil dan tindakan medis yang dapat dilakukan untuk mengatasi kutil. Gunakan aplikasi Halodoc untuk berbicara dengan dokter lewat chat dan beli obat kutil yang diresepkan oleh dokter, atau buat janji dengan dokter kulit di rumah sakit

Referensi:
American Academy of Dermatology. Diakses pada 2021. Warts: Diagnosis and Treatment.
Mayo Clinic. Diakses pada 2021. Common Warts – Diagnosis and Treatment.
DermNet NZ. Diakses pada 2021. Cantharidin.
DermNet NZ. Diakses pada 2021. Diphenylcyclopropenone.