• Home
  • /
  • Agar Anak Tak Bosan di Rumah Aja saat Lebaran

Agar Anak Tak Bosan di Rumah Aja saat Lebaran

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Agar Anak Tak Bosan di Rumah Aja saat Lebaran

Halodoc, Jakarta – Lebaran di tahun 2020 berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Munculnya pandemi COVID-19 memaksa semua orang untuk bertahan di rumah untuk mencegah penyebaran virus. Mudik untuk berkumpul bersama sanak keluarga di kampung halaman tidak bisa dilakukan. Hal ini dapat membuat Si Kecil bersedih karena tidak dapat bertemu kakek, nenek, sepupu, dan saudaranya yang lain di hari Lebaran.

Oleh sebab itu, peran ibu dan ayah sangat dibutuhkan agar Lebaran di rumah saja tidak membosankan untuk Si Kecil. Tips berikut ini dapat memberi ibu ide agar Si Kecil tetap betah di rumah saja saat hari Lebaran:

Baca juga: 4 Jenis Kue Khas Lebaran yang Bisa Dicoba

  1. Ajak Si Kecil Membuat Ketupat

Tidak lengkap rasanya kalau tidak ada ketupat dan opor ayam di hari Lebaran. Tidak susah untuk membuat ketupat. Ibu bisa membuat anyaman ketupat atau membeli yang sudah jadi. Proses pembuatannya yang terbilang mudah, ibu bisa mengajak Si Kecil untuk membuat ketupat bersama, Selain mengusir rasa bosannya, membuat ketupat bersama Si Kecil bisa meningkatkan nafsu makannya.

  1. Beri Amplop THR

Tunjangan hari raya (THR) adalah momen yang paling ditunggu-tunggu oleh anak-anak di hari Lebaran. Mungkin ia tidak akan mendapatkan nominal yang besar seperti tahun-tahun sebelumnya. Namun, ibu bisa menyiasatinya dengan memberikan amplop THR yang lucu-lucu kepada Si Kecil. Ibu bisa mengisi setiap amplop dengan nominal yang kecil kepada anak. Dengan cara ini, Si Kecil mungkin tetap merasa mendapatkan banyak THR. 

  1. Video Call dengan Sanak Keluarga

Ajak Si Kecil video call dengan keluarga di kampung untuk mengobati rasa rindunya. Biarkan ia Melalui Video call, ibu juga bisa saling bersilaturahmi dan bermaaf-maafan di hari Lebaran dengan keluarga di kampung halaman. Melansir dari Mayo Clinic, menjaga hubungan dengan keluarga, tetangga maupun kerabat dekat meningkatkan kebahagiaan dan rasa percaya diri serta mengurangi stres. 

Baca juga: Lebaran di Rumah, Ini Tips Sajikan Makanan Sehat dan Lezat

  1. Biarkan Si Kecil Memilih Baju Barunya

Selain ketupat dan THR, Lebaran juga identik dengan baju baru. Meskipun tidak bisa ke mana-mana, tidak ada salahnya membeli baju baru untuk ibu, ayah dan Si Kecil. Walaupun, ibu dan Si Kecil tidak dapat keluar rumah untuk berburu baju Lebaran, ibu masih bisa membelinya lewat toko online. Jangan lupa ajak Si Kecil untuk memilih baju favoritnya sendiri. Mengenakan baju baru di hari Lebaran dijamin membuat Si Kecil lebih bersemangat meski di rumah saja. 

  1. Menonton Film Favorit

Nonton film adalah salah satu kegiatan menyenangkan yang bisa dilakukan bersama keluarga. Saat Lebaran, saluran-saluran televisi kerap menayangkan film-film keluarga yang cocok ditonton bersama Si Kecil. Namun, jika Si Kecil kurang suka, ibu bisa streaming film dan mengajak Si Kecil untuk memilih film yang ingin ia tonton. 

Baca juga: Enggak Mudik, Ajak Anak Rasakan Suasana Lebaran

Itulah sejumlah tips yang bisa ibu coba agar Si Kecil tidak bosan saat Lebaran di rumah saja. Jika ibu ingin bertanya seputar masalah kesehatan, hubungi dokter melalui aplikasi Halodoc. Lewat aplikasi, ibu dapat menghubungi dokter kapan saja dan di mana saja.

Referensi:
Parents. Diakses pada 2020. How to Keep Kids Entertained at Home.
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Friendships: Enrich your life and improve your health.