Agar Kulit Tetap Sehat Meski di Luar Ruangan Seharian

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
agar kulit tetap sehat, tabir surya

Halodoc, Jakarta - Tinggal di Indonesia yang dilintasi garis khatulistiwa, membuat kita selalu mendapatkan paparan sinar matahari setiap hari. Meski Indonesia juga akan mengalami musim penghujan, kenyataannya hari-hari yang cerah akan lebih sering kita temui.

Karena kondisi tersebut, maka kita harus melakukan perawatan ekstra untuk melindungi kulit dari sengatan sinar matahari. Terlebih untuk mereka yang sering melakukan aktivitas di luar ruangan. Jika tidak melakukan perawatan yang tepat, kulit kita akan mudah kusam dan tidak menarik.

Meski pada dasarnya sinar matahari adalah kebutuhan dasar manusia, tetapi paparannya yang berlebihan ke kulit pasti akan membuat kulit mengalami sunburn, kusam, mengelupas, dan kering. Selain membuatnya menjadi tidak sehat, kondisi seperti ini juga bisa menimbulkan rasa perih. Nah, simak 5 cara merawat kulit agar kulit tetap sehat meski terpapar sinar matahari:

  1. Gunakan Tabir Surya

Seperti kata pepatah, mencegah itu lebih baik ketimbang mengobati. Oleh sebab itu, ada baiknya melakukan pencegahan agar kulit tetap sehat dan terhindar dari kerusakan akibat paparan sinar matahari. Salah satu cara mencegah efek buruk tersebut adalah dengan menggunakan tabir surya.

Tidak hanya itu, dengan menggunakan tabir surya maka kulit akan terlindung dari UV A dan B yang dapat menyebabkan kanker kulit dan penuaan dini. Selain itu, pastikan agar tabir surya yang kamu gunakan mengandung SPF minimal 30. Kemudian, oleskan tabir surya secara merata ke seluruh tubuh sebelum keluar rumah.

Eitss, tapi jangan tinggalkan tabir surya di rumah! Tetap bawa produk ini saat berpergian, karena produk ini harus rutin dioleskan minimal 3 jam sekali agar perlindungannya maksimal.

Baca juga: SPF Tinggi Bisa Bikin Kulit Hitam, Mitos atau Fakta?

  1. Beri Efek Pendingin

Setelah seharian berpanas-panasan di luar ruangan, kamu harus segera menenangkan kulit dengan cara memberikan efek dingin. Pemberian efek dingin ini bisa kamu lakukan dengan cara mandi air dingin dan mengoleskan gel lidah buaya yang sebelumnya sudah dimasukkan ke dalam lemari es.

  1. Oleskan Pelembap

Setelah mandi air dingin, kamu wajib mengoleskan krim pelembap ke seluruh tubuh. Pelembap atau moisturizer ini akan mengembalikan kelembapan kulit dengan cepat. Tidak hanya itu, mengoleskan pelembap ke kulit juga akan memberi nutrisi, memberikan efek mencerahkan dan mencegahnya dari kekeringan.

  1. Minum Air Putih Lebih Banyak

Tidak hanya perawatan dari luar, kamu juga wajib melakukan perawatan dari dalam agar kulit tetap sehat dan terhindar dari kerusakan akibat paparan sinar matahari. Salah satu caranya adalah mengonsumsi air putih.

Air putih sendiri adalah elemen penting yang dapat memperbaiki sel kulit yang sudah mati, sehingga kulit terhindar dari kering dan keriput. Minumlah 8-10 gelas air putih setiap harinya sebagai nutrisi alami kulit yang terpapar sinar matahari.

Baca juga: Serba Serbi Air Putih yang Belum Populer

Nah, apabila kamu masih memiliki pertanyaan seputar perawatan kulit, kiat dalam memilih produk perawatan kulit, serta hal-hal yang harus dihindari agar kulit senantiasa sehat, kamu kini dapat menanyakannya kepada dokter di Halodoc. Kamu dapat menggunakan fitur Video Call/Voice Call dan Chat untuk bertanya kepada dokter spesialis. Yuk, download aplikasi Halodoc di App Store dan Google Play sekarang!