• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Agar Lebih Nyenyak, Ini 4 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat saat Tidur
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Agar Lebih Nyenyak, Ini 4 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat saat Tidur

Agar Lebih Nyenyak, Ini 4 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat saat Tidur

2 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 12 Mei 2022

Cara mengatasi hidung tersumbat saat tidur sebenarnya tidak sulit. Biar pernapasan lebih lega, cobalah untuk mengatur posisi tidur, menggunakan pelembap udara, serta mandi air hangat.

Agar Lebih Nyenyak, Ini 4 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat saat Tidur

Halodoc, Jakarta – Hidung tersumbat adalah kondisi yang bisa mengganggu, terutama jika terjadi pada saat tidur di malam hari. Hal ini dapat mengganggu kualitas tidur dan membuat tidak nyenyak. Ada banyak faktor yang memicu hidung tersumbat, seperti terpapar alergen, infeksi virus, hingga mengalami penyakit tertentu, seperti sinusitis

Secara umum, hidung tersumbat muncul karena pembengkakan pada jaringan dan pembuluh darah yang ada di sekitar hidung. Kondisi ini bisa saja muncul karena adanya cairan berlebih di bagian tersebut. Nah, biar tidur lebih nyenyak, penting untuk mengetahui cara mengatasi hidung tersumbat saat tidur. Temukan jawabannya di artikel berikut! 

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat saat Tidur 

Hidung tersumbat bisa disebabkan oleh banyak hal, seperti mengalami pilek, flu, terpapar zat penyebab alergi (alergen), hingga mengalami sinusitis. Gejala hidung tersumbat yang muncul saat tidur bisa mengganggu, dan membuat tidur menjadi tidak berkualitas. 

Namun, ada beberapa cara mengatasi hidung tersumbat saat tidur yang bisa dilakukan, antara lain: 

  1. Mengatur Posisi Tidur 

Salah satu cara mengatasi hidung tersumbat yang muncul di malam hari adalah dengan mengatur posisi tidur. Cobalah tidur dengan posisi bantal yang lebih tinggi. Hal ini dapat mencegah cairan lendir menumpuk di hidung, yang bisa memperparah sumbatan. Tidur dalam posisi duduk atau setengah duduk juga bisa dicoba sesekali. 

  1. Jangan Lupa Pelembap Udara 

Udara yang terlalu kering menjadi salah satu penyebab gangguan pernapasan memburuk, termasuk hidung tersumbat. Salah satu cara mengatasinya adalah dengan memasang pelembap udara alias humidifier

  1. Mandi Air Hangat 

Mandi air hangat sebelum tidur juga membantu mengurangi rasa tidak nyaman akibat hidung tersumbat. Uap hangat membantu mengencerkan lendir sehingga bisa keluar dengan lebih mudah. 

  1. Minum Obat 

Cara selanjutnya untuk mengatasi kondisi ini adalah mengonsumsi obat-obatan. Hal ini biasanya dilakukan jika hidung tersumbat terjadi karena penyakit tertentu, misalnya pilek atau flu. 

Jika gejala hidung tersumbat semakin parah dan muncul keluhan lain, segera lakukan pemeriksaan ke rumah sakit. Jadi, penyebabnya bisa segera diketahui. Biar lebih mudah, gunakan aplikasi Halodoc untuk menemukan daftar rumah sakit terdekat yang bisa dikunjungi. Ayo, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store atau Google Play! 

Referensi: 
Healthline. Diakses pada 2022. How to Sleep with a Stuffy Nose: 25 Tips to Speed Healing and Sleep Better. 
Medical News Today. Diakses pada 2022. 9 tips for sleeping with a stuffy nose.