• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Agar Nutrisi Terjaga, Perhatikan Ini saat Memasak Daging

Agar Nutrisi Terjaga, Perhatikan Ini saat Memasak Daging

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Agar Nutrisi Terjaga, Perhatikan Ini saat Memasak Daging

“Supaya nutrisi daging terjaga, ada beberapa hal yang musti kamu perhatikan saat memasaknya. Memasak dengan metode yang kurang tepat justru bisa menghilangkan nutrisi daging dan dapat memicu munculnya senyawa kimia berbahaya. Alih-alih mendapatkan nutrisi, memasak dengan metode yang salah bisa mengundang masalah kesehatan.”

Halodoc, Jakarta – Daging sering dijadikan makanan pokok sehari-hari. Daging amat penting untuk mencukupi kebutuhan protein harian. Selain sumber protein, daging juga mengandung nutrisi penting lainnya yang sangat baik untuk kesehatan. Namun, metode memasak yang berbeda dapat mempengaruhi kualitas daging. Jika tidak dilakukan dengan tepat, nutrisi daging pun bisa hilang dan kamu tidak mendapatkan manfaat kesehatan di dalamnya. 

Selain itu, memasak daging dengan benar membunuh bakteri berbahaya seperti Salmonella dan E. coli, yang dapat menyebabkan keracunan makanan dan penyakit lainnya. Memanaskan daging pada suhu tinggi untuk waktu yang lama juga dapat menyebabkan pembentukan senyawa berbahaya yang dapat meningkatkan risiko penyakit. Berikut beberapa hal yang perlu kamu perhatikan saat memasak daging.

Baca juga: 5 Trik Memasak Daging Kambing yang Sehat

Tips Memasak Daging Supaya Nutrisi Terjaga

Memilih metode memasak yang tepat mampu meminimalkan kehilangan nutrisi, menghasilkan bahan kimia berbahaya dalam jumlah sedikit serta  dapat memaksimalkan manfaat kesehatan dari mengonsumsi daging. Berikut tips memasak daging supaya nutrisinya tetap terjaga:

1. Hindari Membilas Daging

Tidak semua jenis daging harus dibilas terlebih dahulu. Beberapa jenis daging mentah sebenarnya tidak perlu kamu bilas. Daging ayam mentah misalnya, membilas ayam mentah justru bisa membuat kuman atau bakteri pada daging menyebar ke bak cuci dan permukaan lain di dapur. Bakteri pada daging ayam bisa hilang dengan cara memasaknya sampai matang. Daging sapi atau kambing juga tidak perlu dicuci sebelum dimasak karena bakteri dan kuman dapat menempel pada permukaannya.

2. Membiarkan Daging di Suhu Ruang

Beberapa bahan makanan sebaiknya segera disimpan di kulkas jika tidak ingin langsung diolah. Misalnya seperti daging ayam, daging sapi, ikan, dan seafood. Pasalnya, membiarkan daging di suhu ruang membuat bakteri mudah berkembang biak. Bakteri bisa tumbuh jika daging ditinggalkan sekitar 2 jam atau lebih di suhu ruang.

3. Cuci Tangan Sebelum Mengolah

Pastikan kamu mencuci tangan terlebih dahulu sebelum menyentuh makanan. Ini karena, kuman, bakteri, atau virus yang menempel di tangan dapat membuat makanan yang sehat dihinggapi kuman, sehingga menjadi tidak aman dikonsumsi. Oleh sebab itu, pastikan cucilah tangan  sebelum menyentuh makanan dengan air mengalir dan sabun selama sekitar 20 detik.

Baca juga: Begini Caranya Memasak Daging Agar Lebih Empuk

4. Memasak Lambat

Memasak lambat adalah metode memasak selama beberapa jam menggunakan slow cooker. Slow cooker terbuat dari mangkuk keramik besar yang dipanaskan secara elektronik dengan tutup kaca. Pengaturan suhu memasak pada slow cooker berkisar dari 88 derajat Celcius untuk pengaturan rendah hingga 121 Celcius untuk pengaturan tinggi. Suhu rendah ini meminimalkan pembentukan senyawa yang berpotensi berbahaya.

Keuntungan utama dari memasak lambat adalah kemudahan dan kenyamanannya. Daging cukup dibumbui dan dimasukkan ke dalam slow cooker di pagi hari, dibiarkan matang selama enam hingga delapan jam tanpa perlu diperiksa, lalu diangkat dan disajikan saat makan malam.

5. Metode Presto

Presto merupakan salah satu metode memasak dengan menggunakan tekanan. Metode memasak ini menggunakan pressure cooker atau panci presto. Panci presto adalah panci dengan tutup tertutup dan katup pengaman yang mengontrol tekanan uap yang menumpuk di dalamnya. Tekanan uap menaikkan titik didih air dari 100 derajat Celcius menjadi 121 derajat Celcius. Panas yang lebih tinggi ini menghasilkan waktu memasak yang lebih cepat.

Keuntungan utama memasak menggunakan pressure cooker adalah mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk memasak daging. Terlebih lagi, memasak dengan metode presto menyebabkan oksidasi kolesterol lebih sedikit daripada beberapa metode memasak lainnya. Metode ini juga memberikan rasa dan kelembutan pada daging dan meminimalkan kehilangan vitamin dalam daging. 

Baca juga: Bukan Bikin Empuk, Ini Bahaya Masak Daging dengan Paracetamol

Itulah beberapa tips memasak daging supaya nutrisinya tetap terjaga. Jika mengalami masalah kesehatan, jangan tunda untuk memeriksakan diri ke dokter. Sebelum ke rumah sakit, kamu bisa membuat janji rumah sakit terlebih dahulu melalui aplikasi Halodoc supaya lebih mudah!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. What Is the Healthiest Way to Cook Meat?
Mayo Clinic. Diakses pada 2021. Healthy-cooking techniques: Boost flavor and cut calories.