Agar Rambut Kuat dan Lebat, Konsumsi 5 Makanan Ini (Bagian 1)

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Agar Rambut Kuat dan Lebat, Konsumsi 5 Makanan Ini (Bagian 1)

Halodoc, Jakarta - Memiliki rambut kuat dan lebat seperti model iklan shampo bukan lagi menjadi hal yang sulit. Kamu juga bisa mendapatkannya yaitu dengan memerhatikan jenis makanan yang dikonsumsi dan tidak melakukan diet dengan sembarangan.

“Sel-sel folikel rambut nyatanya paling aktif secara metabolik dan memiliki tingkat pergantian sel tertinggi di dalam tubuh. Membatasi kalori atau kurangnya protein, mineral, asam lemak esensial, dan vitamin bisa menyebabkan kelainan pada struktur dan produksi serat rambut, perubahan pigmentasi serta kerontokan,” ungkap Alan J. Bauman, pakar rambut sekaligus ahli bedah transplantasi rambut di Bauman Medical Group di Boca Raton, Florida.

Intinya, diet yang keliru bisa membuat rambut mudah patah dan rontok, serta kehilangan nutrisinya yang membuat warnanya lebih kusam dan tampak tidak terawat. Jadi, pastikan kamu menjalani diet yang tepat untuk mendapatkan tubuh dan rambut yang sehat. 

Makanan untuk Rambut Kuat dan Lebat

Pertumbuhan rambut paling banyak terjadi sejak usia 15 hingga 30 tahun, dan akan melambat maupun mengalami perubahan setelah usia kamu menginjak 40 tahun. Meski tidak ada vitamin untuk membuat rambut cepat tumbuh secara signifikan, kamu bisa mendapatkan rambut kuat dan lebat dengan rutin mengonsumsi 5 makanan ini: 

  • Kacang-Kacangan

Mengonsumsi makanan dengan kalori yang cukup dan lemak sehat lebih dari sekadar menjaga otot dan jantung tetap sehat. Asam lemak esensial omega-3 dan omega-6 membantu mengurangi kerontokan rambut dan meningkatkan pertumbuhan rambut. Kacang-kacangan, seperti kacang almond atau kenari dan minyak kelapa adalah emolien alami untuk kulit dan folikel rambut serta membantu melembapkan batang rambut, sehingga menjadikannya tampak mengilap karena mengandung vitamin B, magnesium, dan vitamin E.

Baca juga: Lebih Sehat Mana, Rambut Kering atau Berminyak

  • Ikan Berlemak

Protein penting untuk menciptakan rambut kuat dan lebat. Penurunan berat badan mendadak atau diet buruk yang rendah protein, rendah lemak sehat, dan rendah fitonutrien yang terdapat pada sayuran segar serta buah dapat menyebabkan rambut rontok dan tidak sehat. Setidaknya, wanita membutuhkan protein sekitar 50 gram setiap harinya. Ini bisa diperoleh dari ikan berlemak, seperti salmon, tuna, dan sarden karena menawarkan protein, vitamin D, omega-3, dan komponen penyubur rambut alami lainnya. 

  • Tiram

Kamu harus tahu bahwa perubahan sekecil apa pun dalam kadar zat besi memicu kerontokan dan penipisan rambut. Kamu bisa menggantinya dengan mengonsumsi daging merah, sayuran hijau, biji-bijian, kacang-kacangan, kuning telur, dan tiram. Tiram mengandung zinc yang menjadi mineral penting yang membantu pertumbuhan rambut dan memperbaiki siklus rambut. 

Baca juga: 5 Manfaat Keju untuk Rambut Lebih Sehat

  • Bayam

Bayam menjadi salah satu sayuran sumber zat besi, nutrisi yang membantu mencegah penipisan rambut. Tidak hanya itu, bayam juga kaya akan folat, vitamin C, dan vitamin A. vitamin C sangat penting untuk sintesis kolagen dan ikatan silang serat keratin yang terjadi pada produksi serat rambut. 

  • Telur

Telur merupakan sumber protein dan biotin yang baik yang penting untuk pertumbuhan dan kesehatan rambut. Biotin membuat enzim untuk metabolisme nutrisi, termasuk lemak dan karbohidrat yang menyehatkan folikel rambut. 

Baca juga: Kenali 4 Perawatan Alami untuk Mengatasi Rambut Rontok

Namun, waspada karena tidak semua orang bisa mengonsumsi telur. Kalau kamu mengalami alergi telur, segeralah memeriksakan kondisi kesehatan ke dokter supaya bisa mendapatkan penanganan. Tidak sulit kok, kamu bisa membuat janji dengan dokter di rumah sakit mana saja yang terdekat dengan tempat tinggalmu melalui aplikasi Halodoc

Referensi: 
Prevention. Diakses pada 2019. 10 Best Foods that will Help Your Hair Grow Thicker and Stronger, According to Dermatologists.
Healthline. Diakses pada 2019. The 14 Best Foods for Hair Growth.
WebMD. Diakses pada 2019. Top 10 Foods for Healthy Hair.