• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Agar Selalu Fokus, Ini 8 Cara Tingkatkan Konsentrasi
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Agar Selalu Fokus, Ini 8 Cara Tingkatkan Konsentrasi

Agar Selalu Fokus, Ini 8 Cara Tingkatkan Konsentrasi

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 08 Juni 2022

“Gagal fokus merupakan masalah yang umum, tapi bisa menghambat pekerjaan, bahkan membahayakan diri. Jadi jangan dibiarkan saja, cobalah beberapa cara mudah dan efektif untuk meningkatkan konsentrasi.”

Agar Selalu Fokus, Ini 8 Cara Tingkatkan Konsentrasi

Halodoc, Jakarta – Sering gagal fokus atau mudah teralihkan oleh hal lain saat sedang mengerjakan sesuatu? Tidak hanya bisa menghambat pekerjaan, gagal fokus juga bisa berbahaya bila kamu sedang melakukan aktivitas penting, seperti mengemudi.

Oleh karena itu, masalah gagal fokus jangan dianggap sepele. Ada beberapa cara yang mudah dan efektif yang bisa membantumu meningkatkan konsentrasi. Alhasil, kamu bisa fokus menyelesaikan tugas demi tugas dengan baik. 

Cara Meningkatkan Konsentrasi

Berikut cara meningkatkan konsentrasi biar tidak gagal fokus:

1.  Istirahat yang Cukup

Saat kamu kurang tidur, otak akan kelelahan dan mengalami penurunan fungsi. Termasuk kesulitan dalam mengingat, berpikir dan berkonsentrasi. Untuk menghindarinya, pastikan kamu tidur 7-8 jam setiap malam.

2.  Pusatkan Pikiran

Agar tetap fokus, hindari melakukan beberapa pekerjaan yang berat sekaligus. Ketahui sejauh apa batas tubuhmu.

3.  Makan Sehat

Tahukah kamu, makanan yang kamu konsumsi memiliki pengaruh terhadap daya fokus kamu, lo? Cara meningkatkan konsentrasi, cobalah perbanyak makanan sehat seperti ikan berlemak (salmon), telur, bayam, dan bluberi. Selain itu, menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan minum air putih yang cukup juga bisa membantumu untuk tetap fokus. Sebaiknya hindari makanan olahan, makanan manis, dan makanan yang sangat berminyak atau berlemak. 

4.  Rutin Berolahraga

Tak hanya membuat tubuh bugar, rutin berolahraga juga dapat meningkatkan kemampuan otak. Termasuk membuat kamu lebih fokus.

5.  Minuman Berkafein

Minum kopi atau minuman berkafein lainnya dapat membantumu menghindari kantuk dan membuat lebih fokus. Sebab kandungan kafein dalam minuman ini dapat merangsang otak untuk terjaga, dan menyelesaikan masalah dengan fokus yang tinggi.

6. Beristirahatlah Sejenak

Mengambil waktu sejenak dari aktivitas yang sedang kamu kerjakan untuk beristirahat, merupakan cara efektif untuk meningkatkan kembali konsentrasi. Mengerjakan sesuatu selama berjam-jam bisa membuat otak menjadi lelah, dan berusaha untuk tetap fokus hanya akan membuat kamu stres dan semakin buntu. 

Oleh karena itu, ketika pikiran kamu sudah mulai mengembara ke mana-mana, cobalah untuk beristirahat sejenak dari pekerjaan kamu. Kamu bisa menyegarkan diri dengan minuman dingin atau camilan bergizi, berjalan-jalan sebentar atau sekadar keluar untuk menikmati matahari.

7. Latih Otak

Cara lain untuk meningkatkan konsentrasi adalah dengan bermain permainan yang mengasah otak. Bukan hanya seru, permainan, seperti catur, sudoku, teka-teki silang, permainan memori, bisa melatih otak kamu, sehingga kamu bisa lebih fokus dan memiliki daya ingat yang baik.

8. Luangkan Waktu Berada di Alam

Bila kamu ingin mencoba cara meningkatkan konsentrasi secara alami, cobalah untuk keluar rumah setiap hari, bahkan hanya selama 15-20 menit. Kamu bisa berjalan-jalan di sekitar komplek perumahan, duduk di taman atau halaman belakang juga bisa membantu. 

Berada di lingkungan terbuka apa pun bermanfaat untuk meningkatkan konsentrasi. Bahkan penelitian tahun 2014 menunjukkan bahwa memasukkan tanaman di ruang kerja bisa membantu meningkatkan konsentrasi dan produktivitas, serta kepuasan tempat kerja dan kualitas udara.

Selain cara-cara di atas, kamu juga bisa meningkatkan konsentrasi dengan minum suplemen atau vitamin untuk otak. Nah, kamu bisa cek kebutuhan obat dan vitamin kamu lewat aplikasi Halodoc saja. Tinggal order lewat aplikasi dan pesananmu akan diantar dalam waktu satu jam. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. 12 Tips to Improve Your Concentration.
Medical News Today. Diakses pada 2022. Five ways to boost concentration