• Home
  • /
  • Agar Selalu On Time, Ikuti 6 Kebiasaan Ini

Agar Selalu On Time, Ikuti 6 Kebiasaan Ini

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
agar-selalu-on-time-ikuti-6-kebiasaan-ini

Halodoc, Jakarta - Di jaman serba sibuk ini apakah kamu masih pernah on time? Mungkin sebagian orang cukup jarang benar-benar on time dan ini cukup disesalkan. Bagi seseorang yang on time, menunggu teman yang telat atau jadwal yang telah adalah sesuatu yang menjengkelkan dan sangat mengganggu. Apalagi jika yang ditunggu telat hingga lebih dari setengah jam. Tentunya itu akan membuat orang yang menunggu akan frustasi. 

Sebenarnya ada cara yang dapat diterapkan untuk selalu on time. Mengatasi keterlambatan adalah tentang menangani dua hal, yaitu mengubah sikap tentang apa artinya terlambat dan menerapkan trik mudah untuk mengalahkan waktu. Begini cara yang dapat kamu lakukan agar bisa kembali on time:

1. Membangun Mindset, Terlambat Adalah Kesalahan

Terlambat adalah 100 persen kesalahan pelakunya. Di dunia modern saat ini, hambatan dan gangguan selalu muncul. Namun, kamu sebenarnya tidak selalu bisa mengkambinghitamkan keadaan sebagai penyebab keterlambatan. Karena kemungkinan buruk yang terjadi bisa diantisipasi sejak awal jika kamu sudah on time sejak awal. 

Baca juga: Ini Waktu yang Tepat Habiskan Waktu di Sosial Media per Hari

2. Menghargai Waktu Orang Lain

Di dunia ini bukan hanya ada kepentingan kamu saja, tapi ada kepentingan orang lain juga. Kamu juga harus menghargai waktu orang lain jika waktu kamu ingin dihargai juga. Membuat seseorang menunggu lama sama sekali tidak sopan. Dengan terlambat, maka itu menyampaikan pesan bahwa apapun yang kamu lakukan lebih penting daripada orang yang menunggu. Dengan terlambat, kamu juga memberi kesan bahwa waktu kamu lebih penting daripada waktu orang lain. 

3. Identifikasi Waktu yang Dibutuhkan

Orang yang sering terlambat cenderung merencanakan sesuatunya ke depan, yang artinya mereka secara kasar memperkirakan berapa lama waktu yang diperlukan untuk melakukan sesuatu, memilih waktu dan berlaku sewenang-wenang, serta bertujuan untuk menyelesaikannya dengan waktu yang ditentukan sendiri. Cara ini sebenarnya adalah sumber masalah. Melihat apa yang akan terjadi kedepan bisa sangat kabur, terutama jika kamu adalah orang yang sangat terlambat dan terus-menerus meremehkan waktu yang kamu miliki. 

Sebaiknya identifikasi waktu yang kamu butuhkan untuk bersiap, lalu kurangi waktu yang diperlukan untuk melakukan setiap tugas dalam daftar, sehingga kamu akan tiba pada titik awal waktu yang akurat. Dengan menjaga batas waktu di garis depan, akan memberikan bobot sebagai sesuatu yang harus kamu patuhi. Realistislah dengan jadwal yang kamu jalani. 

Baca juga: Ketahui Waktu yang Tepat Bertemu Dokter Spesialis Gizi

4. Kelompokkan Tugas-Tugas yang Kompleks

Alasan utama orang terlambat adalah karena mereka lupa bahwa tugas-tugas besar tertentu memiliki banyak sub-komponen yang lebih kecil dan bisa memakan waktu. Kebanyakan orang hanya fokus pada tujuan akhir yang lebih besar. 

Misalnya, kamu akan mengadakan acara BBQ di malam tahun baru, dan tugas kamu sangat besar. Itu artinya kamu akan mendekorasi, membersihkan, menyiapkan, dan memasak. Apakah kamu sudah memperhitungkan waktu perjalanan ke pasar atau supermarket, yang mungkin akan menghadapi antrian panjang di akhir pekan? Apakah kamu sudah menghitung berlama lama untuk bersiap-siap, mandi, memilih pakaian, dan merias wajah? Untuk itu, buatlah daftar dari setiap bagian kecil pekerjaan sebelumnya, sehingga kamu tahu persis apa yang kamu hadapi hingga akhir acara siap dan selesai. 

Ketika seseorang memecah tugas-tugas besar menjadi tugas-tugas yang lebih kecil, maka sebenarnya dapat diperkirakan secara lebih akurat berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan sesuatu. Selain itu, ketika kamu mengerjakan sesuatu, tetaplah pada satu tugas saja. Karena multitasking dapat meningkatkan keterlambatan, karena mungkin sulit untuk menghitung waktu saat kamu ditarik ke berbagai arah pekerjaan. 

Baca juga: Ini Waktu yang Tepat Bawa Anak ke Dokter Gigi

5. Cermat Waktu

Dalam beberapa kasus, keterlambatan disebabkan oleh lupa waktu. Jika kamu tahu punya janji, atur alarm terlebih dulu 10 menit sebelum pergi. Itu akan membuat kamu keluar dari lamunan.

Itulah beberapa kebiasaan yang bisa diterapkan supaya selalu on time. Dengan selalu tepat waktu, pastinya hidup akan menjadi lebih efektif. Jika kamu mengalami masalah kesehatan yang mengganggu efektivitas hidupmu, segera hubungi dokter di Halodoc. Tanpa perlu repot, kamu bisa menghubungi dokter kapan dan di mana saja. Ayo, download aplikasinya sekarang juga!

Referensi:

Prevention. Diakses pada 2019. 6 Habits of People Who Are Never Late.