• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Agar Tidak Bau Mulut, Cegah dengan Cara Ini

Agar Tidak Bau Mulut, Cegah dengan Cara Ini

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta – Saat momen-momen penting pasti kamu tidak ingin mengalami kegagalan bukan? Walau begitu, tetap saja terdapat beberapa faktor yang dapat menurunkan kepercayaan diri. Salah satunya adalah bau mulut yang menyeruak dan dapat membuat lawan bicaramu tidak nyaman. Hal ini kerap terjadi karena banyak orang yang tidak sadar bahwa mulutnya mengeluarkan bau tidak sedap.

Bau mulut yang tidak sedap lebih banyak dipengaruhi oleh kebiasaan buruk dalam menjaga kebersihan mulut dan pengaruh dari makanan yang dikonsumsi. Maka dari itu, menjaga kebersihan di area mulut sangat penting untuk tetap menjaga kepercayaan diri. Kamu juga harus tahu tentang cara efektif mencegah bau mulut agar tidak terjadi. Berikut bahasan lengkapnya!

Baca juga: 4 Cara untuk Menghilangkan Bau Mulut pada Anak

Cara Ampuh Mencegah Bau Mulut

Bau mulut, atau dalam istilah kedokteran disebut juga halitosis, terjadi ketika keluar bau yang tidak sedap saat kamu membuka mulut. Hal tersebut dapat menimbulkan rasa malu dan berdampak pada menurunnya kepercayaan diri. Memang kamu dapat mencegah bau mulut agar tidak terjadi sementara waktu dengan mengonsumsi permen atau menggunakan obat kumur.

Namun, pasti kamu lebih ingin agar gangguan ini hilang secara permanen bukan? Beberapa faktor seperti konsumsi makanan, kondisi kesehatan, hingga kebiasaan dapat menjadi penyebab timbulnya bau mulut. Maka dari itu, kamu wajib mengetahui cara yang ampuh untuk mencegah bau mulut agar tidak muncul kembali. Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan:

  1. Minum Lebih Banyak Air

Cara pertama yang dapat dilakukan untuk mencegah bau mulut adalah dengan mengonsumsi lebih banyak air putih. Bau tidak sedap dapat timbul ketika mulut kering yang menyebabkan pertumbuhan bakteri meningkat. Dengan mengonsumsi air putih secara rutin, mulut dapat menjadi lebih lembap dan mencairkan konsentrasi bakteri penyebab bau mulut. Dampak baik lainnya dari lebih banyak konsumsi air putih adalah dapat membersihkan sisa makanan dan minuman yang menempel pada gigi.

Baca juga: Cara Ampuh Hilangkan Bau Mulut

  1. Jangan Lupa Menggosok Lidah

Hal lainnya yang dapat dilakukan untuk mencegah timbulnya bau mulut selain menggosok gigi adalah membersihkan lidah. Salah satu faktor yang dapat membuat napas tidak berbau adalah lidah yang bersih. Maka dari itu, jangan lupa untuk membersihkan lidah setelah menggosok gigi agar tidak menimbulkan napas tidak sedap. Pastikan juga untuk menjangkau seluruh bagian lidah agar lebih bersih.

Apabila kamu masih mempunyai pertanyaan terkait cara mencegah bau mulut terjadi, dokter dari Halodoc siap membantu. Kamu cukup download aplikasi Halodoc di smartphone yang digunakan!

  1. Flossing Setelah Makan

Kamu juga dapat melakukan flossing setelah makan agar bau mulut tidak terjadi. Penting untuk membersihkan celah gigi dengan benang agar tidak ada sisa dari makanan atau minuman yang menempel pada gigi. Dengan begitu, bakteri tidak mempunyai kesempatan untuk berkembang yang dapat menimbulkan banyak dampak buruk pada mulut. Selain dengan benang, kamu juga dapat melakukannya dengan sikat gigi biasa.

  1. Berhenti Merokok

Selain makanan dan minuman, kebiasaan merokok juga dapat berdampak buruk bagi mulut yang dapat menimbulkan bau tidak sedap. Seseorang yang terbiasa merokok, napasnya cenderung mengeluarkan aroma kuat yang tidak sedap. Selain itu, risiko untuk mengalami penyakit gusi juga dapat meningkat yang dapat menyebabkan terjadinya bau mulut. Maka dari itu, sangat disarankan untuk menghentikan kebiasaan buruk tersebut agar mulut tetap bersih dan tubuh menjadi lebih sehat bukan?

Baca juga: 6 Tips Ampuh Atasi Masalah Bau Mulut

Itulah beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk mencegah terjadinya bau mulut. Dengan melakukan semua hal tersebut, kamu juga dapat meningkatkan kepercayaan diri terutama ketika akan menghadapi saat-saat penting. Memang, kepercayaan diri dapat menentukan momen penting seseorang. Maka, melakukan perawatan pada mulut dan gigi sangat penting.



Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Bad breath
Web MD. Diakses pada 2020. What You Can Do About Bad Breath