• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Agar Tubuh Enggak Loyo saat Memulai Puasa

Agar Tubuh Enggak Loyo saat Memulai Puasa

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta – Pada awal-awal bulan puasa, tidak sedikit orang yang mengeluh badan terasa lemas dan tidak berenergi. Hal ini karena tubuh memang perlu waktu untuk menyesuaikan diri dengan perubahan jadwal makan dari yang biasanya 3 kali sehari, menjadi hanya dua kali saat sedang berpuasa. Namun, dengan tetap menerapkan pola makan sehat, kamu bisa kok tetap berenergi dan semangat seharian meskipun sedang puasa. Yuk, simak lebih lanjut di bawah ini.

  • Jaga Tubuh Tetap Terhidrasi

Selama menjalani ibadah puasa, penting sekali untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik, terutama di musim panas. Karena itu, kamu dianjurkan untuk banyak minum air putih sebelum berpuasa dan saat buka puasa. Selain air putih, kamu juga bisa mempertimbangkan untuk minum suplemen gizi yang dapat memberikan tambahan protein, lemak sehat, dan nutrisi yang dapat meningkatkan energimu.

Baca juga: Ini Aturan Minum Air Putih saat Puasa

  • Makan Karbohidrat Kompleks

Ketika waktu berbuka puasa tiba, kamu mungkin tergoda untuk mengonsumsi camilan manis dan berbagai macam makanan olahan yang enak. Namun, yang benar-benar dibutuhkan oleh tubuh sehabis berpuasa adalah nutrisi. Karena itu, pilihlah makanan berkarbohidrat kompleks, seperti gandum, beras merah, sereal, oat dan buah-buahan, contohnya beri, apel, dan jeruk yang memiliki indeks glikemik rendah, sehingga tidak akan memicu gula darah. 

Jenis makanan tersebut juga dapat memberikan energi maksimal dan membuat kamu kenyang lebih lama, sehingga sangat baik untuk dimasukkan ke dalam menu makananmu selama bulan Ramadan.

  • Konsumsi Lemak Sehat

Lemak tidak selalu memberi dampak buruk bagi kesehatan tubuh. Nyatanya, kita tetap memerlukan lemak untuk membantu melindungi organ-organ dan mengatur suhu tubuh kita. Lemak juga dapat memberi nutrisi pada kulit yang merupakan sumber energi  yang luar biasa. Meski begitu, pilihlah jenis lemak yang sehat untuk dikonsumsi, seperti kacang, mentega, minyak, dan alpukat.

Baca juga: Jangan Selalu Disalahkan, Lemak Bermanfaat untuk Kesehatan

  • Cari Protein Utuh

Selain lemak, protein juga adalah nutrisi yang diperlukan tubuh untuk berfungsi dengan baik, serta sangat membantu dalam membangun otot. Protein juga penting untuk perbaikan, pemeliharaan, serta penyaluran zat besi dan oksigen ke semua sel-sel dalam tubuh. Nutrisi ini juga dapat membuat kamu kenyang lebih lama lho, sehingga tubuh tidak akan terasa lemas. Namun, cobalah untuk menghindari protein olahan, dan carilah protein utuh seperti yang bisa kamu dapatkan dengan mengonsumsi ikan, ayam, telur, kacang-kacangan, dan susu rendah lemak.

  • Buka Puasa dengan Kurma

Kurma adalah makanan yang baik untuk dikonsumsi saat buka puasa karena dapat mengembalikan energi dalam tubuh dengan cepat. Selain itu, buah ini juga dikenal kaya akan nutrisi, seperti kalium, serat, vitamin A, B, dan K. Namun, kamu dianjurkan untuk mengonsumsi hanya 1 buah kurma saja, karena kandungan gula alaminya sangat tinggi. Nah, agar kamu tidak tergoda untuk mengonsumsi kurma dalam jumlah banyak, kamu bisa mengolah kurma menjadi smoothie bersama dengan bahan lainnya, seperti sayuran hijau, beri, dan air kelapa.

  • Makan Kacang-kacangan sebagai Camilan

Beberapa jam setelah buka puasa, mungkin kamu akan mulai merasa lapar lagi. Bila demikian, kamu bisa mengonsumsi camilan sehat, seperti segenggam kacang-kacangan atau satu ons keju dan buah-buahan sambil minum air putih lagi.

  • Mulai Harimu dengan Makanan yang Mengenyangkan

Usahakan sebisa mungkin jangan melewatkan sahur. Pasang alarm bila perlu agar kamu bisa bangun dan menyantap makanan bergizi, seperti gandum, telur rebus, dan roti bakar sebelum mulai berpuasa.

Baca juga: Alasan Makan Sahur Tak Boleh Ditinggalkan

Nah, itulah tips-tips agar kamu tidak loyo saat mulai berpuasa. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play sebagai teman penolong untuk membantu menjaga kesehatan kamu selama bulan puasa. Bila kamu sakit dan butuh saran kesehatan dokter, bisa langsung menghubungi dokter melalui Video/Voice call dan Chat kapan dan di mana saja.

Referensi:
Huffington Post. Diakses pada 2020. How To Keep Your Energy Up During Ramadan.