• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Aktif Bergerak Dapat Mencegah Diabetes Tipe 2

Aktif Bergerak Dapat Mencegah Diabetes Tipe 2

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Aktif Bergerak Dapat Mencegah Diabetes Tipe 2

Halodoc, Jakarta - Diabetes tipe 2 adalah kondisi yang ditandai dengan tingkat kadar gula darah di atas angka normal. Penyebabnya sendiri dikarenakan tubuh yang tidak mampu menggunakan hormon insulin secara normal. Hormon insulin bertugas membantu gula (glukosa) masuk ke dalam sel tubuh untuk diubah menjadi energi. Penyakit yang satu ini lebih umum dialami oleh lansia dan orang dewasa. Lantas, apakah bergerak aktif atau berolahraga mampu mencegah diabetes tipe 2? Ini jawabannya.

Baca juga: Pengidap Diabetes Tipe 2 Tidak Perlu Terlalu Sering Cek Kadar Gula

Bergerak Aktif Mampu Mencegah Diabetes Tipe 2

Pengidap diabetes tipe 2 biasanya mengalami sejumlah gejala, seperti bagian lipatan tubuh yang menghitam, penglihatan kabur, hingga luka yang sulit sembuh. Namun, sejumlah gejala tersebut biasanya dialami jika diabetes sudah memasuki tahap yang parah. Bahkan, kondisi tersebut biasanya tidak disadari hingga komplikasi muncul begitu saja. Nah, salah satu langkah mencegah diabetes tipe 2 adalah dengan bergerak aktif.

Melakukan aktivitas fisik secara teratur dapat membantu mencegah kamu mengidap diabetes. Bergerak aktif dapat dilakukan dengan berolahraga. Hal tersebut mampu membuat sensitivitas insulin sel tubuh meningkat dengan sendirinya. Dengan kata lain, saat bergerak aktif, lebih sedikit insulin yang dibutuhkan untuk menjaga kadar gula darah terkendali.

Banyak jenis aktivitas fisik yang terbukti dapat mengurangi resistensi insulin dan gula darah pada seseorang dengan kelebihan berat badan, obesitas, dan prediabetes. Beberapa olahraga yang disarankan, termasuk latihan aerobik, olahraga dengan intensitas tinggi, dan latihan kekuatan. Jika dilakukan secara rutin, berolahraga mampu mengarah pada peningkatan respons dan fungsi insulin dalam tubuh. Pilihlah aktivitas yang kamu sukai dan rasakan manfaatnya.

Baca juga: Inilah Mitos Tentang Diabetes Tipe 2 yang Perlu Diketahui

Langkah Lain dalam Mencegah Diabetes Tipe 2

Bukan hanya bergerak aktif atau berolahraga saja yang dapat mencegah diabetes. Berikut ini beberapa langkah yang disarankan:

1. Kurangi Asupan Gula dan Karbohidrat Olahan

Sering mengonsumsi makanan dengan kandungan gula dan karbohidrat olahan meningkatkan risiko terkena diabetes. Tubuh cepat memecah kedua jenis makanan tersebut dan menyerap ke dalam aliran darah. Kondisi tersebut merangsang pankreas untuk memproduksi insulin agar dapat membantu gula keluar dari aliran darah dan masuk ke sel tubuh. Jika sudah terkena diabetes, sel tubuh resisten terhadap kerja insulin, sehingga gula tetap tinggi di dalam darah.

2. Banyak Minum Air Putih

Jadikan air putih sebagai minuman utama. Hal tersebut akan membantu kamu menghindari minuman dengan kandungan tinggi gula, pengawet, dan bahan-bahan berbahaya lainnya. Selain itu, mengosumsi banyak air putih dapat memicu kontrol gula darah dan respon insulin menjadi lebih baik.

3. Jalani Diet Sehat

Jika kamu mengalami kegemukan atau obesitas, jangan lupa untuk menjalani diet sehat, ya. Terlebih lagi, pengidap pradiabetes cenderung memiliki lemak visceral, yaitu lemak yang terdapat di dalam rongga perut, dan berada di sekitar hati, pankreas, juga usus. Jika kadarnya berlebihan, maka dapat meningkatkan risiko peradangan dan resistensi insulin, yang secara signifikan mampu meningkatkan risiko diabetes.

4. Berhenti Merokok

Merokok dapat memicu gangguan kesehatan serius, termasuk penyakit jantung, emfisema, dan kanker paru-paru, payudara, prostat, juga saluran pencernaan. Dari hasil penelitian yang dilakukan, rokok dan paparan asap rokok pada perokok pasif dapat meningkatkan risiko terjadinya diabetes tipe 2. 

Baca juga: Pentingnya Memantau Risiko Diabetes Tipe 2

Itulah penjelasan terkait dengan penyakit diabetes tipe 2. Jika mengalami gejala seperti yang telah disebutkan, silahkan periksakan diri di rumah sakit terdekat untuk memastikan penyakit apa yang tengah kamu alami. Jangan sampai terlambat, karena kehilangan nyawa menjadi komplikasi paling parah yang bisa saja terjadi. Jadi, atasi dengan segera gangguan kesehatan yang kamu alami, ya.




Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. 13 Ways to Prevent Type 2 Diabete.
CDC. Diakses pada 2021. Prevent Type 2 Diabetes.
National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Diseases. Diakses pada 2021. Preventing Type 2 Diabetes.