Aktivitas Fisik Sederhana yang Lebih Sehat dari Olahraga di Gym

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Olahraga,gym,nge gym

Halodoc, Jakarta - Di era digital ini, orang dimanjakan dengan berbagai kemudahan untuk belajar, bekerja, hingga bersenang-senang. Namun, karena begitu asyik dengan segala hal yang “berbau” digital, kamu jadi terbuai dan mengabaikan pentingnya gerakan fisik setiap hari. Salah satunya adalah berolahraga dengan teratur.

Nah, jangan merasa terbebani dengan keharusan berolahraga. Nyatanya, kamu tetap bisa kok berolahraga sambil melakukan “pekerjaan” di rumah. Apalagi, buat yang sudah berumah tangga. Jangan takut tubuh jadi enggak fit, pasalnya ada beberapa pekerjaan rumah yang bisa memberikan efek setara olahraga. Yuk, cari tahu berikut ini:

Namun menjalankan pola hidup sehat kian sulit untuk dilaksanakan bagi kita yang sibuk bekerja atau setidaknya tidak punya waktu untuk pergi berolahraga di luar rumah. Ibu rumah tangga mungkin mengalami ini. Tapi tak perlu khawatir, ada beberapa aktivitas yang memberikan hasil yang sama dengan olahraga yang kamu lakukan di luar rumah, lho. Kalori yang kamu keluarkan sama dengan saat kamu berolahraga di tempat gym.

 

 

  • Menyapu

 

Saat menyapu sebenarnya kalori kamu bisa berkurang hingga 136 kalori. Apalagi jika rumah kamu cukup luas. Aktivitas menyapu akan mengurangi beberapa kalori dalam sehari. Jadi, jangan lewatkan sela-sela dan sudut rumah. Selain bisa membersihkan kotoran di lantai, kamu juga sekalian berolahraga, kan?

 

 

  • Mencuci Pakaian

 

Ini mungkin menjadi salah satu aktivitas wajib ibu rumah tangga. Perlu tahu kalau mencuci pakaian juga bisa menguras 280 kalori yang dimiliki tubuh. Apalagi dengan menambahkan aktivitas menjemur, mengangkat jemuran, melipat, menyetrika, dan memasukkan baju ke dalam lemari, tentu kalori akan berkurang banyak.

Baca juga: Supaya 17 Agustusan Tetap Seru, Waspada Risiko 3 Cedera Ini

 

 

  • Mencuci Piring

 

Mencuci piring akan membuat kamu kehilangan sekitar 200-an kalori. Mulai dari menyabuni, membilas, hingga meletakkan piring di lemari juga akan membantu untuk mengurangi kalori.

 

 

  • Mengepel Lantai

 

Mengepel lantai mungkin memang kegiatan yang paling malas dilakukan. Tapi jangan salah, dengan mengepel lantai selama sejam kalori akan terbakar sebanyak 400 kalori. Kamu bisa memulai dari teras, hingga sudut-sudut rumah lainnya yang sulit dijangkau.

 

 

  • Membersihkan Jendela

 

Jangan abaikan kebersihan jendela, kaca, dan juga bingkai foto saat membersihkan rumah. Karena dengan membersihkan jendela juga bisa mengurangi 167 kalori di dalam tubuh. Selain jendela rumah menjadi bersih, kamu juga bisa meregangkan otot, lho.

 

 

  • Mencuci Sepeda Motor atau Mobil

 

Aktivitas ini pasti sering dilakukan oleh pria. Perempuan pun tidak ada salahnya untuk mencoba mencuci kendaraan pribadi. Jika kamu melakukannya, maka kamu akan kehilangan 153 kalori di tubuh kamu dengan aktivitas ini.

Baca juga: 9 Cedera Olahraga yang Sering Terjadi

 

  • Membersihkan Kamar Mandi

 

Kebersihan kamar mandi juga jadi bagian terpenting. Jika kamu melakukan aktivitas membersihkan rumah, tentu akan banyak menguras tenaga. Apalagi jika di rumah kamu ada lebih dari satu kamar mandi. Bisa dipastikan setidaknya kamu akan kehilangan 180 kalori.

 

Baca juga: Olahraga Tanpa Alat? Coba 4 Gerakan Bodyweight Berikut

 

  • Berkebun

 

Jika kamu memiliki aktivitas berkebun setiap pagi, itu akan membantu mengurangi 325 kalori di dalam tubuh. Bayangkan saja, aktivitasnya mulai dari mencangkul, menanam bunga, menyiram sampai menyapu halaman. Kamu bukan hanya puas menata taman di rumah, tapi kalori pun ikut terbakar melalui aktivitas ini.

Itulah beberapa aktivitas yang manfaatnya sama dengan olahraga di gym. Lebih mudah dan praktis, bukan? Karena kamu tidak perlu keluar rumah atau pun mengeluarkan biaya. Selain pekerjaan rumah beres, tubuh pun jadi terasa sehat.

Nah, jika kamu memiliki pertanyaan tentang aktivitas fisik yang menyehatkan, kamu bisa bertanya langsung pada dokter di Halodoc. Kamu bisa bertanya via Chat dan Voice Call/ Video Call kapan saja dan dimana saja. Yuk, download sekarang!