Alami 8 Gejala Ini, Waspadai Tanda Penyakit Ginjal

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Alami 8 Gejala Ini, Waspadai Tanda Penyakit Ginjal

Halodoc, Jakarta - Sebagai salah satu organ yang memiliki peran penting bagi tubuh manusia, kerusakan dan penurunan fungsi ginjal tentu dapat menimbulkan beragam masalah, bahkan tak jarang komplikasi. Oleh sebab itu, penting untuk mengenali tanda penyakit ginjal sedini mungkin, agar tidak terlambat penanganannya.

Sebelumnya, perlu diketahui bahwa ginjal berfungsi untuk menyaring darah yang mengalir dari seluruh tubuh. Dari proses penyaringan ini, ginjal akan memisahkan racun, mengatur keseimbangan elektrolit dan cairan dalam tubuh. Darah yang telah disaring kemudian akan keluar dari tubuh dalam bentuk urine.

Baca juga: Hati-Hati, Anak-Anak Juga Bisa Kena Gagal Ginjal Akut

Gejala Awal yang Kerap Tidak Disadari

Gejala awal penyakit ginjal kadang tidak benar-benar disadari atau tidak muncul, hingga pada akhirnya fungsi utama ginjal mulai menurun. Penurunan fungsi ginjal biasanya ditandai dengan gejala berupa:

  1. Jumlah urine sedikit.

  2. Kulit pucat, gatal, dan sangat kering.

  3. Mual, muntah, dan nafsu makan menurun.

  4. Bengkak di beberapa bagian tubuh, seperti mata dan pergelangan kaki.

  5. Terjadinya kram otot, khususnya otot bagian kaki.

  6. Napas pendek atau munculnya rasa lelah yang terus-menerus.

  7. Bau napas tidak enak dan tercium seperti bau urine.

  8. Mengalami tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Jika terjadi pada anak-anak, biasanya gejala awal penyakit ginjal meliputi sering mengantuk, nafsu makan berkurang, pertumbuhan lambat, dan mudah merasa lelah.

Jaga Kesehatan Ginjal dengan Cara Ini

Mengingat begitu pentingnya fungsi ginjal, kita perlu terus menjaga kesehatannya, agar terhindari dari risiko penyakit ginjal. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan agar ginjal tetap sehat. Berikut beberapa di antaranya:

1. Miliki Pola Makan Sehat

Mengonsumsi lebih banyak biji-bijian, sayur, dan buah bisa membantu menjaga kesehatan ginjal. Pastikan juga makanan yang dikonsumsi kaya akan mineral dan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. Hindari terlalu banyak mengonsumsi makanan berlemak atau terlalu asin.

Baca juga: Ginjal Juga Bisa Kena Kista, Ini Faktanya

2. Pastikan Tubuh Terhidrasi dengan Baik

Memastikan tubuh terhidrasi dengan baik adalah hal yang penting untuk menjaga kesehatan ginjal. Jika tidak cukup minum, ginjal tidak akan bisa menjalankan fungsinya dengan baik. Untuk mengetahui apakah kamu sudah minum dengan cukup atau belum, kamu bisa perhatikan warna urine. Jika urine berwarna pekat, berarti kamu perlu minum air lebih banyak lagi.

3. Jauhi Alkohol dan Rokok

Terlalu sering mengonsumsi minuman beralkohol dan merokok bisa meningkatkan risiko penyakit ginjal. Meskipun tidak berpengaruh secara langsung, minuman beralkohol dan rokok dapat menimbulkan tekanan darah tinggi dan hipertensi yang menjadi salah satu penyebab penyakit ginjal.

4. Jaga Berat Badan

Sesuatu yang berlebihan dapat menimbulkan efek tidak baik. Begitu pula dengan berat badan. Meningkatnya berat badan dapat meningkatkan tekanan darah yang berbahaya bagi ginjal dan meningkatkan risiko penyakit jantung. Oleh karena itu, jaga berat badan dan indeks massa tubuh, serta lakukan olahraga secara teratur guna mendapatkan berat badan ideal.

Baca juga: Benarkah Penyakit Ginjal Polikistik Bisa Diturunkan?

Itulah sedikit penjelasan tentang tanda awal penyakit ginjal dan cara menjaga kesehatan ginjal. Jika kamu mengalami tanda-tanda yang telah dipaparkan tadi, segera periksakan diri ke dokter di rumah sakit pilihan kamu. Untuk melakukan pemeriksaan, kini kamu bisa langsung buat janji dengan dokter di rumah sakit melalui aplikasi Halodoc, lho. Tunggu apa lagi? Yuk download aplikasinya sekarang!