• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Alami Masalah, Ini Tanda Perlu Menemui Psikolog
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Alami Masalah, Ini Tanda Perlu Menemui Psikolog

Alami Masalah, Ini Tanda Perlu Menemui Psikolog

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 12 Mei 2022

“Seseorang yang mengalami gangguan mental sebenarnya perlu menemui psikolog pada waktu yang tepat. Salah satunya ketika mengalami perasaan memiliki harga diri yang rendah, atau muncul keinginan untuk bunuh diri.”

Alami Masalah, Ini Tanda Perlu Menemui Psikolog

Halodoc, Jakarta – Masalah mental termasuk salah satu gangguan yang sulit terdiagnosis dan tidak jarang terlambat untuk mendapatkan penanganan profesional. Maka dari itu, setiap orang disarankan untuk tahu kapan gangguan mental perlu mendapatkan penanganan psikolog. Dengan begitu, masalah yang terjadi dapat didiagnosis dan dilakukan penanganan. Berikut beberapa tandanya!

Temui Psikolog Ketika Mengalami Gejala Ini

Memang setiap orang pasti pernah mengalami masa-masa pelik dalam hidup, seperti stres, berduka, sedih, dan masih banyak lagi. Namun, tidak banyak orang yang tahu waktu yang tepat jika sudah perlu mendapatkan bantuan dari profesional untuk atasi masalah tersebut. Semakin cepat masalah mental yang ada didiagnosis, gangguan yang bisa terjadi dapat diminimalisir.

Lalu, apa saja tanda seseorang perlu menemui psikolog? Berikut beberapa gejala kesehatan mental:

1. Dalam Tahap Transisi

Salah satu tanda perlu menemui psikolog adalah saat seseorang merasa stres secara fisik dan mental ketika memasuki tahap transisi pada hidup. Memang perubahan pada hidup ada banyak sekali, seperti pekerjaan dan hubungan. Saat perubahan ini menimbulkan masalah yang lebih buruk, maka saatnya untuk mendapatkan bantuan konseling ke psikolog agar dapat diambil tindakan.

2. Memiliki Harga Diri yang Rendah

Harga diri dapat mencakup rendah diri dan kepercayaan diri yang rendah. Jika hal ini tidak diatasi, masalah yang lebih besar bisa saja terjadi. Untuk menghilangkan masalah harga diri tersebut, kamu perlu membutuhkan bantuan dari ahlinya. Dengan begitu, perubahan diri ke arah yang lebih positif bisa terjadi.

3. Memiliki Keinginan Menyakiti Diri Sendiri

Seseorang yang memiliki keinginan untuk menyakiti diri sendiri sudah pasti harus mendapatkan pemeriksaan dari psikolog. Keinginan ini sudah termasuk “red flag” yang perlu diperhatikan oleh semua orang jika ada yang salah di dalam dirinya. Perlu dipahami, dengan menyakiti diri sendiri tidak menyelesaikan masalah, malah menambah masalah yang ada lebih besar. Maka dari itu, segera periksakan diri ke psikolog.

4. Memiliki Masalah Ketidakseimbangan Emosi

Tanda lainnya seseorang perlu menemui psikolog adalah alami masalah berupa emosi yang tidak stabil. Tanda yang bisa dirasakan adalah tiba-tiba menangis atau tertawa dan tidak dapat menunjukkan emosi entah itu bahagia atau sedih. Seseorang dengan gangguan ini perlu mendapatkan bantuan dari psikolog agar dapat mengatasinya.

5. Memiliki Trauma dan Terus Kambuh

Ada banyak hal yang dapat membuat seseorang menjadi trauma, seperti kematian keluarga, putus cinta, dan masih banyak lagi. Jika masalah ini sudah membuat kamu kehilangan kemampuan untuk melakukan aktivitas harian, atau bahkan menarik diri secara sosial, ada baiknya segera temui psikolog. Bantuan profesional dapat membantu untuk membuat perasaan trauma yang ada menjadi lebih baik.

Nah, itulah tanda-tanda perlu menemui psikolog yang perlu diketahui. Jika kamu memiliki salah satu masalah yang disebutkan, ada baiknya segera mendapatkan bantuan dari ahlinya. Dengan begitu, masa depan yang lebih baik bisa didapatkan dengan kesehatan mental yang lebih baik.

Memang masalah mental tidak mudah didiagnosis terlebih jika keluarga tidak paham terkait hal seperti ini. Jika kamu merasa butuh berkonsultasi, bisa lo berinteraksi dengan fitur tanya psikolog dari Halodoc

Di samping itu, kamu juga bisa mendapatkan diskon 50% (max. 15k) untuk mengobrol dengan ahli kesehatan mental (Mental Health Professionals – Clinical Psychologist and Psychiatrist)  hanya pada hari Jumat. Tunggu apa lagi? Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Dr Neha Mehta. Diakses pada 2022. 10 Signs You Need a Psychologist – When to see a psychologist?
The Psych Profesional. Diakses pada 2022. How do you know if you should see a Psychologist?