• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Alasan Harus Berpuasa Sebelum Menjalani Pengobatan ESWL

Alasan Harus Berpuasa Sebelum Menjalani Pengobatan ESWL

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Alasan Harus Berpuasa Sebelum Menjalani Pengobatan ESWL

Halodoc, Jakarta – Extracorporeal Shock Wave Lithotripsy (ESWL) adalah metode pengobatan yang yang sangat umum dilakukan untuk mengatasi batu ginjal. Metode ini cukup efektif untuk menghancurkan batu ginjal yang berdiameter kurang dari dua sentimeter. Namun, sebelum menjalani ESWL, pengidap diharuskan untuk berpuasa selama beberapa jam terlebih dahulu. Simak alasannya di bawah ini.

ESWL adalah satu-satunya pengobatan non-invasif untuk batu ginjal yang berarti tidak diperlukan sayatan atau perangkat teleskopik internal. Metode pengobatan batu ginjal ini melibatkan gelombang kejut yang dihasilkan oleh mesin yang disebut lithotripter. Jadi, gelombang kejut akan ditransmisikan ke pasien menggunakan bantal berisi air yang ditempatkan di kulit. 

Sinar-X membantu mengarahkan gelombang kejut ke batu dan kekuatan berulang yang dihasilkan oleh gelombang kejut akan memecah batu ginjal menjadi potongan-potongan kecil yang kemudian dapat dikeluarkan melalui urine.

Baca juga: Begini Metode untuk Mengobati Batu Ginjal

Mengapa Harus Berpuasa Sebelum Menjalani ESWL?

Ada sejumlah persiapan yang perlu kamu lakukan sebelum menjalani prosedur ESWL. Salah satunya adalah berpuasa (tidak makan dan minum) selama enam jam sebelum prosedur jika tindakan akan dilakukan dengan bius total atau anastesi umum. 

Selain itu, kamu juga dianjurkan untuk menghindari makanan yang dapat menghasilkan gas, seperti kacang, brokoli, kol, dan minuman berkarbonasi. Hal ini agar dokter bisa mendapatkan tampilan yang lebih baik dari batu ginjalmu.

Berikut ini aturan makan dan minum bagi orang yang akan menjalani prosedur ESWL:

  • Kamu diperbolehkan makan makanan padat sampai tengah malam sebelum prosedur dilakukan.
  • Pada hari prosedur, kamu tidak boleh mengunyah permen karet atau permen sama sekali.
  • Kamu boleh minum satu gelas (250 mililiter) cairan bening hingga tiga jam sebelum waktu prosedur. Contoh cairan bening yang diperbolehkan: air, jus buah asli, teh bening, dan kopi hitam tanpa susu atau krim.
  • Tidak boleh mengonsumsi minuman berkarbonasi atau beralkohol.

Persiapan Lainnya yang Perlu Dilakukan Sebelum ESWL

Tidak hanya berpuasa, kamu juga perlu melakukan beberapa persiapan berikut sebelum menjalani prosedur ESWL:

1.Menjalani Beberapa Tes

Sebelum menjalani pengobatan dengan menggunakan metode ESWL, kamu mungkin akan diminta untuk menjalani beberapa tes terlebih dahulu. Temuilah urologis atau dokter untuk menanyakan tes yang diperlukan.

  • Kultur Urine. Tes ini biasanya dilakukan 1–3 minggu sebelum menjalani ESWL. Pasalnya, pengidap infeksi saluran kemih yang tidak diobati terlebih dahulu tidak boleh menjalani ESWL.
  • EKG (Elektrokardiogram). Tes ini juga dilakukan 1–3 minggu sebelum menjalani ESWL. EKG diperlukan untuk mendeteksi apakah kamu memiliki penyakit jantung, aritmia, hipertensi, diabetes pada insulin, atau penyakit serebrovaskular.
  • X-ray untuk ginjal, ureter, dan kandung kemih. Tes ini dilakukan dalam satu bulan pengobatan.
  • CT scan spiral non-kontras atau USG perut atau panggul dalam satu tahun sebelum perawatan kamu.
  • Tes darah, bila dipesan khusus oleh ahli urologi atau dokter keluarga (terutama untuk pengidap diabetes dan pasien yang menggunakan tablet diuretic atau obat pengencer darah.

Baca juga: Pengidap Gangguan Pendarahan Tidak Boleh Menjalani ESWL

2.Sampaikan Obat-obatan yang Kamu Konsumsi pada Dokter

Kamu juga perlu menyampaikan obat-obatan yang sedang kamu konsumsi pada dokter. Hal ini bertujuan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan terjadi saat ESWL dilakukan.

  • Tinjau semua obat-obatan yang kamu konsumsi dengan dokter atau apoteker (obat tanpa resep, dengan resep, atau herbal, termasuk obat-obatan topikal, oral, dan inhaler) untuk menentukan apakah ada obat yang memiliki efek pengencer darah.
  • Bila kamu menggunakan obat apapun yang memiliki efek pengencer darah, tanyakan pada dokter apakah aman untuk menghentikan konsumsi obat tersebut sebelum perawatan dan kapan kamu harus berhenti meminumnya. Ingat, jangan berhenti minum obat tanpa terlebih dahulu berbicara dengan dokter!
  • Bila kamu mengonsumsi obat antiplatelet atau obat yang mengandung anti-inflamasi non-steroid (NSAID), tanyakan pada dokter apakah aman untuk menghentikan konsumsinya selama tujuh hari sebelum perawatan.
  • Bila kamu mengonsumsi suplemen herbal, hentikan selama seminggu sebelum pengobatan.
  • Bila kamu mengidap diabetes, jangan minum obat diabetes atau insulin di pagi hari perawatan kamu, tetapi tetap bawa obat tersebut pada hari perawatan.

3.Minta Keluarga atau Kerabat untuk Menemani

Kamu sebaiknya didampingi oleh keluarga atau kerabat terdekat saat menjalani prosedur ESWL, sampai kondisimu benar-benar pulih setelah bius total.

Baca juga: Adakah Efek Samping Pengobatan Batu Ginjal dengan ESWL?

Itulah penjelasan tentang alasan harus berpuasa sebelum menjalani pengobatan ESWL. Untuk bertanya lebih lanjut mengenai prosedur ESWL, gunakan saja aplikasi Halodoc. Melalui Video/Voice Call dan Chat, kamu bisa menghubungi dokter untuk bertanya apa saja seputar kesehatan kapan dan di mana saja. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.

Referensi:
John Hopkins Medicine. Diakses pada 2020. Extracorporeal Shock Wave Lithotripsy (ESWL).
St Michael Hospital. Diakses pada 2020. Getting ready for your shockwave lithotripsy (SWL)