• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Alasan Hewan Peliharaan Baik untuk Anak

Alasan Hewan Peliharaan Baik untuk Anak

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc

Halodoc, Jakarta – Melatih rasa empati si kecil sejak dini ternyata mudah dilakukan. Orang tua hanya perlu memberikan “teman” bagi si kecil di rumah. Seekor hewan peliharaan kesayangan keluarga dapat melatih emosi si kecil menjadi sosok pribadi yang menyenangkan ketika ia dewasa nanti.

Ada banyak pilihan hewan peliharaan yang bisa dijadikan sahabat keluarga, mulai dari kucing, anjing, kelinci, hingga ikan. Hewan-hewan kesayangan ini bisa membantu tumbuh kembang anak sehingga ibu bisa lebih bernafas lega karena buah hati tumbuh dengan lebih baik.

Lalu kenapa hewan peliharaan bisa memengaruhi tumbuh kembang anak, ya?

1.  Anak yang lebih peka
Tahukah ibu jika anak menjadi lebih peka ketika ia memiliki hewan peliharaan? Bukan hanya kepada hewan kesayangannya saja namun juga kepada lingkungan sekitar.

2.  Anak lebih mudah belajar
Hewan peliharaan seperti anjing dapat memberikan anak rasa nyaman. Sehingga ia akan lebih semangat dalam mempelajari hal-hal baru. Sebuah penelitian menemukan bahwa anak akan merasa rileks saat belajar di dekat hewan peliharaan dibanding dekat dengan manusia.

3.  Mengurangi Alergi Anak
Bukan cuma untuk si kecil, bagi keluarga yang memiliki hewan peliharaan juga cenderung memiliki risiko lebih kecil terkena alergi. Pasalnya, anak-anak lebih mudah terkena alergi dibanding dengan orang dewasa sehingga dengan hidup bersama hewan peliharaan ia jadi lebih terlatih.

4.   Mengurangi Stres
Anak-anak bisa mengalami stres namun dengan lingkungan yang baik ia bisa mengabaikan stres tersebut. Salah satu caranya adalah dengan hidup bersama hewan peliharaan.

5.    Belajar Konsekuensi
Ketika si kecil menyayangi hewan kesayangannya, ia jadi lebih peka dan tahu hokum sebab akibat. Misalnya, jika ia tidak memberi makan hewan peliharaannya, maka hewan tersebut bisa sakit.

Nah karena sudah tahu manfaat hewan peliharaan untuk si kecil, ibu juga mesti tahu cara agar menjaga kebersihan si kecil sementara hidup berdampingan dengan hewan. Ajak si kecil untuk selalu memperhatikan kebersihan dirinya. Biasakan untuk mencuci tangan setiap kali habis melakukan kontak dengan hewan kesayangan. Ingatkan juga untuk mencuci tangan sebelum makan sehingga ia bisa selalu bertanggung jawab menjaga kondisi kesehatannya.

Melatih Tanggung Jawab Sejak Dini
Salah satu yang sulit dalam mendidik anak adalah mengajarkan tanggung jawab. Dengan memberikan si kecil hewan peliharaan, orang tua bisa pelan-pelan mengajarkan si kecil untuk bertanggung jawab. Sesimpel memintanya untuk membereskan mainan ketika ia usai bersenang-senang dengan hewan kesayangan. Atau memintanya bertugas untuk menjaga hewan kesayangan mulai dari memandikan hingga member makan dan mengajak bermain. Buat jadwal untuk si kecil yang bisa ia ikuti dengan mudah sehingga ia jadi terbiasa. Dengan begini, orang tua secara tidak langsung meminta untuk bertanggung jawab atas tugas tertentu. Sehingga dalam tumbuh kembangya, ia jadi pribadi yang lebih baik dan terlatih bertanggungjawab.

Untuk membahas masalah tumbuh kembang anak, orang tua bisa bertanya dan meminta saran dari dokter spesialis anak. Mulai dari kondisi kesehatan fisik maupun emosinya. Tak ada salahnya untuk melakukan pemeriksaan rutin untuk memastikan jika tumbuh kembang anak terjadi secara sempurna.

Ibu bisa meminta rekomendasi dari dokter Halodoc sebelum melakukan pemeriksaan di rumah sakit. Gunakan aplikasi Halodoc untuk bicara langsung dengan dokter melalui Video/Voice Call dan Chat. Selain itu, ibu juga bisa membeli produk kesehatan yang dibutuhkan melalui Halodoc dan pesanan akan diantar dalam satu jam. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store dan Google Play sekarang!