• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Alasan Hewan Peliharaan Baik untuk Tumbuh Kembang Anak
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Alasan Hewan Peliharaan Baik untuk Tumbuh Kembang Anak

Alasan Hewan Peliharaan Baik untuk Tumbuh Kembang Anak

4 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 18 Mei 2022

“Memberikan hewan peliharaan untuk anak bermanfaat bagi kesehatan fisik, mental, dan kecerdasan anak. Dengan begitu, anak bisa memiliki tumbuh kembang yang baik.”

Alasan Hewan Peliharaan Baik untuk Tumbuh Kembang Anak

Halodoc, Jakarta – Si Kecil ingin memelihara hewan peliharaan? Ibu mungkin berpikir keinginannya untuk memelihara hewan peliharan hanya sekadar karena lucu, tapi ibu tidak yakin ia bisa memeliharanya dengan baik.

Namun, tahukah ibu, memelihara hewan peliharaan baik untuk tumbuh kembang Si Kecil lo? Selain bisa melatih Si Kecil untuk bertanggung jawab, memberikan ‘teman berbulu’ pada anak juga bisa bermanfaat untuk kesehatan fisik dan kecerdasannya. Dengan begitu, Si Kecil bisa memiliki tumbuh kembang yang baik. Simak ulasan selengkapnya di sini.

Manfaat Hewan Peliharaan untuk Tumbuh Kembang Anak

Ibu, inilah alasan mengapa hewan peliharaan baik untuk tumbuh kembang anak:

1.  Anak yang lebih peka

Tahukah ibu jika anak menjadi lebih peka ketika ia memiliki hewan peliharaan? Memberikan teman berbulu, seperti anjing, kucing, kelinci, bisa membuat anak tumbuh menjadi sosok yang penyayang. Sebab ia akan belajar untuk menjaga dan merawat kesehatan hewan tersebut. 

Menurut Gail F. Melson, PhD, profesor emeritus studi perkembangan di Universitas Purdue, di Indiana, salah satu cara yang efektif untuk mengembangkan keterampilan anak dalam merawat sesuatu adalah melalui hewan peliharaan. Bukan hanya kepada hewan kesayangannya saja, tapi anak juga menjadi lebih peka dan peduli dengan lingkungan sekitar.

2.  Anak lebih mudah belajar

Hewan peliharaan seperti anjing dapat memberikan anak rasa nyaman, sehingga ia akan lebih semangat dalam mempelajari hal-hal baru. Sebuah penelitian menemukan bahwa anak akan merasa rileks saat belajar di dekat hewan peliharaan dibanding dekat dengan manusia.

Sudah sejak lama, hewan (terutama anjing) digunakan oleh para pendidik untuk membantu anak-anak yang mengalami masalah perkembangan dalam belajar. Secara khusus, hewan bisa membantu keterampilan anak-anak dalam membaca. Penelitian telah menunjukkan bahwa siswa yang enggan membaca dengan suara keras di sekolah, merasa lebih percaya diri membaca di depan hewan peliharaan, karena mereka menganggap hewan tersebut sebagai teman yang tidak menghakimi.

3.  Mengurangi Alergi Anak

Penelitian menunjukkan bahwa anak-anak yang memiliki hewan peliharaan cenderung memiliki sistem kekebalan yang lebih kuat. Mereka juga lebih kecil kemungkinannya untuk mengembangkan alergi dan asma pada masa kanak-kanak.

4.   Mengurangi Stres

Anak-anak bisa mengalami stres akibat berbagai hal. Nah, kehadiran hewan peliharaan yang lucu bisa membawa kegembiraan yang bisa membantu anak untuk mengatasi rasa stres tersebut. Selain itu, memiliki hewan peliharaan juga bisa membantu menangkal perasaan kesepian dan mencegah depresi. Inilah mengapa hewan peliharaan baik untuk tumbuh kembang mental anak.

5.   Belajar Konsekuensi

Ketika si kecil menyayangi hewan kesayangannya, ia akan belajar hukum sebab akibat. Misalnya, jika ia tidak memberi makan hewan peliharaannya, maka hewan tersebut bisa sakit.

6. Melatih Tanggung Jawab Sejak Dini

Salah satu yang sulit dalam mendidik anak adalah mengajarkan tanggung jawab. Dengan memberikan hewan peliharaan pada anak, orang tua bisa pelan-pelan mengajarkan Si Kecil untuk bertanggung jawab. Sesimpel memintanya untuk membereskan mainan ketika ia usai bersenang-senang dengan hewan kesayangan. Atau memintanya bertugas untuk menjaga hewan kesayangan mulai dari memandikan hingga memberi makan dan mengajak bermain.

Berilah Si Kecil tugas satu per satu dalam jadwal yang bisa ia ikuti dengan mudah. Dengan begitu, Si Kecil tidak kewalahan dalam mengurus hewan peliharaannya.

7. Mendorong Anak untuk Memiliki Gaya Hidup Sehat

Memberikan hewan peliharaan bisa mendorong anak untuk lebih aktif secara fisik, mulai dari mengajak anjing berjalan-jalan hingga bermain dan berlari bersama kelinci kesayangan. Dengan aktif secara fisik, Si Kecil bisa memiliki tumbuh kembang yang sehat.

Tips Memberikan Hewan Peliharaan pada Si Kecil

Bila ibu ingin memberikan hewan peliharaan untuk anak, ada dua hal yang harus ibu perhatikan, yaitu:

  • Perhatikan usia anak. Sebaiknya berikan hewan peliharaan untuk anak ketika ia sudah cukup besar untuk menjaga dan memelihara hewan, yaitu sekitar umur 5 atau 6.
  • Pilih hewan peliharaan yang tepat. Saat memilih jenis hewan peliharaan, diskusikanlah pada anak mengenai kebutuhan dan cara merawat hewan tersebut, sehingga Si Kecil bisa memiliki gambaran mengenai hewan yang dipilihnya tersebut.

Ibu juga mesti tahu cara agar menjaga kebersihan Si Kecil sementara hidup berdampingan dengan hewan. Ajak Si Kecil untuk selalu memperhatikan kebersihan dirinya. Biasakan untuk mencuci tangan setiap kali habis melakukan kontak dengan hewan kesayangan. Ingatkan juga untuk mencuci tangan sebelum makan, sehingga ia bisa selalu bertanggung jawab menjaga kondisi kesehatannya.

Untuk membahas masalah tumbuh kembang anak, orang tua bisa tanya dokter spesialis anak dengan menggunakan aplikasi Halodoc. Melalui Video/Voice Call dan Chat, ibu bisa minta saran kesehatan untuk anak kapan saja dan di mana saja. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store dan Google Play sekarang!

Referensi:
Pets Pajamas. Diakses pada 2022. 10 Reasons Why Pets Are Good For Kids
Parents. Diakses pada 2022. The Benefits of Pets for Kids.
Healthy Children. Diakses pada 2022. Tips for Choosing the Right Pet for Your Family.