20 September 2018

Alasan Ibu Hamil Enggak Boleh Konsumsi Nanas

ibu hamil konsumsi nanas

Halodoc, Jakarta – Kebanyakan ibu hamil biasanya ngidam mengonsumsi makanan yang asam seperti buah nanas. Namun katanya selama masa kehamilan, ibu dilarang mengonsumsi buah nanas. Hal ini karena buah yang punya rasa yang cukup asam tersebut bisa memberi dampak buruk bagi kondisi janin, bahkan menyebabkan keguguran. Walaupun ternyata larangan tersebut hanya sebuah mitos, ibu tetap perlu berhati-hati bila ingin mengonsumsi buah nanas. Inilah alasan di balik larangan makan nanas saat hamil.

Enggak hanya karena rasanya yang sangat asam saja, bahaya nanas buat ibu hamil juga karena kandungan zat bromelain yang terdapat dalam sebuah nanas juga dipercaya dapat memberi dampak buruk berikut bagi kehamilan.   

1. Nanas menyebabkan Keguguran atau Lahir Prematur

Bila dikonsumsi secara berlebihan, nanas yang mengandung bromelain bisa membuat mulut rahim jadi mudah terbuka dan memicu kontraksi, sehingga ibu hamil berisiko melahirkan sebelum waktunya atau prematur. Bahkan, dampak terburuk dari mengonsumsi nanas secara berlebihan saat hamil adalah keguguran. Jadi, ibu hamil sebaiknya tidak mengonsumsi nanas dalam jumlah berlebihan di awal kehamilan.

2. Berdampak Buruk ke Kulit Bayi

Menurut penelitian, mengonsumsi nanas yang dihidangkan panas bisa berdampak buruk ke kulit bayi dan membuat bayi memiliki alergi. Hal ini disebabkan karena nanas yang disajikan panas bisa mengeluarkan racun yang memicu dua hal tersebut.

3. Gangguan Pencernaan

Selain bisa memberi dampak ke kondisi janin, rasa yang sangat asam dari buah nanas ternyata juga bisa mengganggu pencernaan dan memicu diare. Ibu hamil yang mengidap penyakit maag sebaiknya jangan mengonsumsi buah ini dulu selama masa kehamilan, karena makan nanas saat hamil dapat memicu gangguan pada lambung.

4. Alergi

Bagi ibu hamil yang jarang atau belum pernah mengonsumsi buah nanas, sebaiknya juga berhati-hati bila ingin makan buah tersebut saat hamil. Pasalnya, ada kemungkinan ibu memiliki alergi terhadap buah nanas. Gejala yang akan timbul bila ternyata ibu alergi dengan buah nanas, antara lain mulut dan area sekitarnya tiba-tiba menjadi gatal dan timbul benjolan, mengalami gangguan pernapasan, gatal di sekitar hidung, dan perubahan pada kulit. Biasanya gejala ini akan muncul beberapa saat setelah ibu mengonsumsi nanas. Bila ibu hamil mengalami alergi karena nanas, segera pergi ke rumah sakit untuk mendapatkan pertolongan agar dampak buruk tidak terjadi.

Aturan Ibu Hamil Konsumsi Nanas

Bromelain memang merupakan zat berbahaya bagi ibu hamil karena dapat memecah protein dalam tubuh dan menyebabkan pendarahan abnormal. Namun sebenarnya, bila tidak dikonsumsi secara berlebihan, buah nanas aman untuk dikonsumsi. Hal ini karena zat bromelain baru akan memberi dampak buruk seperti di atas bila dikonsumsi dalam kadar yang banyak. Dibutuhkan lebih dari 7—10 buah nanas dalam sekali makan untuk membuat zat ini berubah menjadi sesuatu yang berbahaya. Jadi, bila ibu hamil ingin makan sepotong atau semangkuk buah nanas, enggak jadi masalah kok.

Malah ibu hamil dianjurkan untuk sering mengonsumsi buah yang tinggi akan vitamin dan mineral ini yang dapat memberi sejumlah manfaat untuk ibu hamil, di antaranya memperlancar proses persalinan, mengurangi rasa cemas yang ibu alami, mempercantik kulit, serta memberi nutrisi penting yang dibutuhkan ibu hamil.

Namun, agar lebih aman, ibu hamil bisa membicarakannya dulu dengan dokter kandungan bila ingin mengonsumsi nanas saat hamil. Atau ibu bisa tanyakan saja ke dokter dengan menggunakan aplikasi Halodoc. Lewat Video/Voice Call dan Chat, ibu bisa minta saran kesehatan dari dokter kapan saja dan di mana saja. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.

Baca juga: