• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Alasan Kista Dermoid Harus Dideteksi Dini

Ini Alasan Kista Dermoid Harus Dideteksi Dini

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim

Halodoc, Jakarta – Kista dermoid adalah salah satu benjolan yang muncul pada kulit dan dapat dideteksi sejak bayi dilahirkan. Hal ini disebabkan kista dermoid menjadi kondisi yang terjadi akibat gangguan pada perkembangan janin. Kista dermoid adalah jenis tumor jinak yang berisi jaringan kulit, gigi, dan rambut. Benjolan kecil ini sering muncul pada bagian tubuh, namun kista dermoid lebih sering muncul pada bagian wajah 

Baca juga: Perkembangan Janin yang Terganggu, Awas Kista Dermoid

Meskipun tidak berbahaya, kista dermoid menimbulkan gangguan saat pengidap beranjak dewasa. Hal ini disebabkan kista dermoid memiliki perkembangan yang lambat dan sering tidak disadari oleh pengidapnya. Itulah yang menyebabkan sebaiknya kista dermoid dapat dideteksi lebih dini agar tidak menimbulkan komplikasi pada kesehatan. 

Ketahui Sejak Dini untuk Cegah Komplikasi

Kista dermoid umumnya memiliki ukuran yang sangat kecil sehingga sulit dideteksi oleh pengidapnya. Benjolan kista dermoid terbentuk dari kelenjar minyak, kelenjar rambut, rambut, gigi, serta jaringan lain yang terdapat dalam permukaan kulit. Perhatikan benjolan yang muncul pada bagian tubuh, umumnya kista dermoid tumbuh secara tunggal, memiliki diameter 0,5-6 cm, serta tekstur yang lunak.

Selain permukaan kulit, kista dermoid juga dapat muncul pada bagian dalam tubuh. Kista dermoid yang muncul pada rahim menyebabkan nyeri panggul saat wanita mengalami menstruasi. Sedangkan kista dermoid yang muncul pada bagian tulang belakang menyebabkan seseorang mengalami kesulitan berjalan hingga sering kesemutan pada bagian tungkai.

Perlu diingat, nyeri panggul saat menstruasi dan sering alami kesemutan bukan hanya gejala dari kista dermoid saja. Untuk itu, beberapa pemeriksaan perlu dilakukan untuk mendeteksi penyebab keluhan kesehatan yang dirasakan. Pendeteksian kista dermoid sejak dini untuk mencegah berbagai komplikasi kesehatan. Jika ingin ke rumah sakit, buat janji dengan dokter melalui aplikasi Halodoc akan mempermudah proses pemeriksaan.

Baca juga: Sulit Terdeteksi, Kista Dermoid Berkembang Hingga Dewasa

Ada beberapa komplikasi yang terjadi akibat kista dermoid yang tidak dideteksi sejak dini, seperti kesulitan berbicara dan menelan ketika kista dermoid tumbuh pada bagian lidah. Selain itu, kista dermoid dapat muncul pada area kepala yang menyebabkan sakit kepala berkepanjangan jika tidak diatasi, dan menyebabkan gangguan psikologis pada pengidap kista dermoid yang muncul di area wajah.

Melansir Healthline, kista dermoid yang muncul pada tulang belakang dan membesar dapat melukai bagian sumsum tulang belakang dan saraf. Sedangkan, kista dermoid yang muncul dan membesar pada bagian rahim memengaruhi posisi indung telur serta mencegah para wanita mengalami kesulitan hamil.

Lakukan Ini untuk Pengobatan Kista Dermoid

Benjolan yang muncul pada permukaan kulit tentunya dilakukan pemeriksaan fisik oleh dokter untuk memastikan benjolan merupakan kista dermoid. Jika kista dermoid terdeteksi muncul pada bagian organ dalam tubuh ada beberapa pemeriksaan yang dilakukan, seperti MRI, CT Scan, hingga USG.

Baca juga: Mengidap Kista Dermoid, Apakah Berbahaya?

Kista dermoid dapat diatasi menghilangkan seluruh kista yang muncul pada permukaan kulit. Namun pada kista yang muncul pada bagian organ dalam dapat dilakukan pengangkatan dengan melakukan laparoskopi. Itulah cara pengobatan yang bisa dilakukan untuk mengatasi kondisi kista dermoid pada tubuh.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. Dermoid Cyst
Web MD. Diakses pada 2020. Dermoid Cyst