• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Alasan Krisis Tiroid Berbahaya untuk Kesehatan

Alasan Krisis Tiroid Berbahaya untuk Kesehatan

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta – Krisis tiroid alias Thyroid Storm merupakan kondisi yang muncul sebagai komplikasi dari tingginya kadar tiroid dalam darah (hipertiroidisme). Komplikasi ini terjadi akibat penyakit hipertiroidisme yang tidak ditangani dengan tepat. Krisis tiroid sama sekali tidak boleh dianggap sepele karena tergolong penyakit yang serius dan fatal. 

Sebab, pelepasan hormon tiroid yang terjadi secara berlebihan pada krisis tiroid bisa meningkatkan risiko kerusakan organ tubuh. Kondisi ini bisa memicu kegagalan fungsi sejumlah organ. Gejala yang muncul pada krisis tiroid umumnya sama seperti hipertiroidisme. Namun, kemunculan gejalanya akan berlangsung lebih cepat dan bisa memburuk dalam waktu beberapa jam. 

Baca juga: Penyebab Seseorang Bisa Alami Krisis Tiroid

Gejala, Penyebab, dan Cara Mengobati Krisis Tiroid 

Krisis tiroid muncul sebagai komplikasi dari kelebihan hormon tiroid alias hipertiroidisme. Kondisi ini sama sekali tidak boleh dianggap sepele karena bisa berbahaya untuk kesehatan tubuh. Komplikasi ini mengakibatkan sejumlah organ tubuh mengalami kegagalan fungsi. Gejalanya mirip hipertiroidisme, tetapi berlangsung lebih cepat. 

Gejala yang muncul sebagai tanda krisis tiroid adalah demam tinggi, hingga lebih dari 38,5 derajat Celsius. Selain itu, kondisi ini juga memiliki gejala keluar keringat terus-menerus, gugup, gelisah, bingung, tremor, sesak napas, muntah, nyeri perut, hingga diare. Kondisi ini juga bisa mengakibatkan otot menjadi lemah, detak jantung tidak beraturan, kejang, hingga penurunan kesadaran. 

Penyebab pasti krisi tiroid adalah penyakit hipertiroidisme yang tidak ditangani dengan baik. Alhasil, kondisi ini menyebabkan pelepasan hormon tiroid oleh kelenjar tiroid secara berlebihan. Perlu diketahui, hormon tiroid memiliki peran yang penting dalam mengatur kerja sel di dalam tubuh. Hormon ini salah satunya berperan dalam memproses nutrisi dan mengubahnya menjadi energi. 

Baca juga: 2 Jenis Gejala Gangguan Tiroid pada Wanita

Pelepasan hormon tiroid yang berlebihan bisa menyebabkan sel-sel menjadi bekerja terlalu cepat, kemudian timbullah gejala krisis tiroid. Ada beberapa faktor yang bisa meningkatkan risiko terjadinya krisis tiroid, di antaranya kerusakan kelenjar tiroid, baru menjalani operasi, tengah hamil, mengalami penyakit, seperti stroke, gagal jantung, ketoasidosis diabetik, dan emboli paru.

Karena bisa membahayakan kesehatan tubuh, pengobatan krisis tiroid harus dilakukan sesegera mungkin. Kondisi fisik dan medis pengidap penyakit ini harus diamati terus-menerus dan mendapat perawatan intensif. Pengobatan dilakukan untuk mengatasi produksi dan pelepasan hormon tiroid yang berlebihan. Dengan begitu, risiko penurunan fungsi organ tubuh pun bisa diminimalisir. 

Salah satu cara pengobatan yang bisa dilakukan untuk mengatasi krisis tiroid adalah pemberian obat-obatan khusus. Penyakit ini bisa ditangani dengan pemberian obat antitiroid untuk mengendalikan aktivitas yang meningkatkan kadar hormon tiroid. Selama pemberian obat, kondisi tubuh akan dipantau perkembangan dan kemampuannya dalam merespon obat. 

Setelah konsumsi obat, kondisi tubuh pengidap krisis tiroid biasanya akan membaik dalam waktu 1–3 hari. Setelahnya, diperlukan evaluasi kembali untuk mencari tahu apa saja jenis pengobatan yang perlu dilakukan atau perlu diberhentikan. Pengobatan dan terapi yang teratur dapat mencegah terjadinya krisis tiroid. Pada beberapa kasus, konsumsi obat mungkin tidak bisa sepenuhnya mengatasi krisis tiroid. Jika itu yang terjadi, mungkin diperlukan operasi pengangkatan kelenjar tiroid.

Baca juga: Begini Pengobatan untuk Atasi Krisis Tiroid

Cari tahu lebih lanjut seputar penyakit hipertiroid dan krisis tiroid dengan bertanya pada dokter di aplikasi Halodoc. Kamu bisa dengan mudah menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat. Dapatkan informasi seputar kesehatan dan tips hidup sehat dari dokter terpercaya. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play! 

Referensi:
MedScape. Diakses pada 2020. Thyroid Storm.
Web MD. Diakses pada 2020. What Is a Thyroid Storm or Thyroid Crisis?
Healthline. Diakses pada 2020. Thyroid Storm.