Alasan Lansia Dianjurkan Makan Alpukat

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Alasan Lansia Dianjurkan Makan Alpukat

Halodoc, Jakarta – Siapa yang tidak suka dengan buah alpukat? Buah yang memiliki tekstur daging lembut ini memiliki banyak manfaat. Tidak hanya enak untuk dikonsumsi, buah alpukat ternyata bermanfaat untuk kesehatan anak-anak dan orang dewasa, hingga orang yang lanjut usia.

Baca juga: Sumber Omega-3, Kenali Manfaat Alpukat Mentega

Ketahui kandungan apa saja yang terdapat dalam satu buah alpukat, yaitu:

1. Protein

Alpukat mengandung protein nabati yang cukup tinggi. Dalam 100 gram buah alpukat terdapat 0,90 gram protein. Tidak ada salahnya mengonsumsi alpukat untuk memenuhi kebutuhan protein dalam tubuh.

2. Lemak

Dalam 100 gram buah alpukat terdapat 6,50 gram lemak. Kandungan lemak dalam alpukat terdiri dari asam lemak jenuh dan asam lemak tak jenuh. Namun, kandungan asam lemak tak jenuh dalam alpukat jumlahnya lebih banyak dibandingkan dengan asam lemak jenuh. Asam lemak tak jenuhnya mengandung asam oleat dan linoleate yang membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

3. Karbohidrat

Setiap 100 gram alpukat terdiri dari 7,70 gram karbohidrat. Jika kamu merasa lapar, sebaiknya konsumsi buah alpukat sebagai pertolongan pertama agar cepat merasa kenyang.

4. Vitamin

Di dalam satu buah alpukat terdapat beberapa jenis vitamin, seperti vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, dan vitamin C.

5. Mineral

Ada beberapa mineral yang terkandung dalam alpukat, seperti kalium, potasium, dan sodium.

Ketahui Manfaat Alpukat untuk Kesehatan

Bagi yang menginginkan diet dengan cara yang sehat, konsumsi alpukat membantu menjaga kesehatan karena beragam manfaat yang bisa kamu rasakan dengan mengonsumsi alpukat. 

Mengonsumsi alpukat dapat membantu untuk menurunkan kadar kolesterol. Selain itu, alpukat memiliki kandungan kalium yang lebih banyak dari buah pisang. Kandungan ini membantu pengidap tekanan darah tinggi untuk menurunkan tekanan darah dan juga menurunkan risiko penyakit jantung hingga stroke.

Baca juga: Tips Mencegah Malnutrisi pada Lansia

Alpukat mengandung serat yang cukup tinggi sehingga dapat membantu untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan. Dengan tercukupinya kandungan serat dalam tubuh akan terhindar dari sembelit maupun diare.

Alpukat juga membantu untuk mengurangi gejala dari penyakit kanker. Ini disebabkan karena kandungan asam oleat dalam alpukat memengaruhi peradangan yang terjadi akibat adanya gen kanker dalam tubuh.

Mengapa Lansia Perlu Rutin Mengonsumsi Alpukat?

Tidak hanya untuk anak-anak, buah alpukat juga memiliki manfaat yang besar untuk orang-orang yang memasuki usia lanjut. Mengonsumsi alpukat dapat mengurangi risiko gangguan penglihatan dan gangguan ingatan pada lansia. 

Pada sebuah penelitian Journal Nutrients, seorang yang memiliki usia di atas 40 tahun dan konsumsi buah alpukat selama 6 bulan setiap hari mengalami peningkatan lutein sebanyak 25 persen pada mata mereka dan meningkatkan kemampuan kognitif.

Lutein merupakan pigmen yang biasa ditemukan pada buah serta sayuran yang dapat terakumulasi dalam mata, darah, dan otak. Lutein berfungsi sebagai antiinflamasi dan antioksidan.

Jadi bagi kamu yang telah memiliki usia lanjut, tidak ada salahnya untuk rutin mengonsumsi alpukat untuk menghindari gangguan pada penglihatan maupun ingatan.

Jika kamu mengalami adanya gangguan pada kesehatan, sebaiknya kunjungi dokter untuk penanganan. Penanganan yang tepat meminimalisir risiko sehingga pengobatan bisa lebih cepat dilakukan. Kamu bisa pilih dokter di rumah sakit yang tepat sesuai dengan kebutuhan melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!

Baca juga: 4 Manfaat Alpukat yang Perlu Diketahui