• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Alasan Makanan Tinggi Garam Bisa Sebabkan Vertigo

Alasan Makanan Tinggi Garam Bisa Sebabkan Vertigo

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Alasan Makanan Tinggi Garam Bisa Sebabkan Vertigo

Halodoc, Jakarta - Hampir setiap orang pasti pernah mengalami vertigo. Kondisi ini ditandai dengan sensasi berputar-putar luar biasa di kepala yang dipengaruhi oleh fungsi vestibular pada telinga bagian dalam. Bagian telinga tersebut yang bertanggung jawab atas keseimbangan posisi di suatu tempat. Lantas, benarkah konsumsi makanan tinggi garam picu vertigo? Jawabannya adalah, ya. Ketahui penjelasannya di bawah ini.

Baca juga: Pemeriksaan yang Dilakukan Dokter untuk Mendiagnosis Vertigo

Ini Alasan Mengapa Makanan Tinggi Garam Picu Vertigo

Seperti pada ulasan sebelumnya, vertigo dipengaruhi oleh fungsi vestibular pada telinga bagian dalam. Nah, sering mengonsumsi makanan tinggi garam dapat mengganggu keseimbangan pada telinga bagian tersebut. Pada seseorang yang sudah sering terkena serangan vertigo, mereka perlu membatasi asupan garam sebanyak 1000-1500 miligram per hari.

Hal tersebut dikarenakan, makanan tinggi garam memicu retensi air berlebihan, sehingga memengaruhi keseimbangan dan tekanan cairan dalam tubuh. Beberapa jenis makanan yang mengandung banyak garam, yaitu keripik kentang, keju, popcorn, makanan kaleng olahan, saus kedelai, acar, dan makanan fermentasi lainnya.

Alih-alih mengonsumsi makanan tinggi garam sebagai camilan, sebaiknya kamu ganti makanan tersebut dengan sayur dan buah-buahan segar, daging merah, daging putih, dan ikan. Tidak sampai disitu saja. Kamu juga perlu mengetahui bahwa bukan hanya makanan tinggi garam picu vertigo. Berikut ini beberapa jenis makanan penyebab vertigo lainnya:

Baca juga: Bikin Pusing, Begini Cara Cegah Vertigo Kambuh Saat Puasa

1. Makanan atau Minuman dengan Kandungan Tinggi Gula

Makanan penyebab vertigo yang pertama adalah makanan dengan tinggi gula. Bukan itu saja, minuman berkarbonasi pun termasuk di dalamnya. Makanan dan minuman jenis ini dapat memengaruhi naik turunnya volume cairan dalam telinga. Dengan begitu, risiko kekambuhan vertigo pun tidak dapat dihindari.

Beberapa jenis makanan atau minuman tinggi gula yang perlu dihindari, yaitu gula pasir, gula merah, madu, sirup maple, minuman soda, jus buah-buahan dengan tambahan gula, dan minuman atau makanan dengan pemanis buatan. Alih-alih mengonsumsi makanan dan minuman tersebut, kamu bisa menggantinya dengan kacang-kacangan, biji-bijian utuh, kentang, atau sayuran.

2. Makanan dengan Kandungan MSG

Makanan penyebab vertigo selanjutnya adalah yang memiliki kandungan MSG. Monosodium glutamate (MSG) merupakan asam glutamat yang secara alami terdapat dalam tubuh, dan bisa juga ditemukan dalam penyedap rasa tambahan. Jika dikonsumsi oleh pengidap vertigo, maka dapat merangsang neurotransmitter, sehingga memicu kekambuhan.

3. Minuman dengan Kandungan Kafein dan Alkohol

Tahukah kamu jika kopi menjadi salah satu minuman pemicu vertigo? Faktanya, kafein dalam kopi, teh, cokelat, minuman bersoda, dan minuman berenergi mampu meningkatkan risiko kekambuhan vertigo. Hal tersebut dikarenakan, kafein menjadi stimulan yang memicu dengung dalam telinga. Kafein juga bersifat diuretik yang memicu buang air kecil lebih sering dari biasanya.

Bukan hanya kafein saja yang menjadi minuman penyebab vertigo, pun minuman beralkohol. Hal tersebut dikarenakan, minuman beralkohol dapat mengganggu sistem metabolisme pengidap, yang berujung pada memperparah gejala vertigo. Sama halnya dengan kafein, minuman berakohol juga dapat memicu buang air kecil lebih sering dari biasanya. Akibatnya, metabolisme otak dan telinga bagian dalam semakin terganggu.

4. Konsumsi Makanan yang Dapat Memicu Peradangan

Beberapa jenis makanan penyebab vertigo yang perlu dihindari, yaitu gorengan, aneka jenis roti dan pastry, daging merah, margarin, serta daging olahan, seperti sosis, nugget, dan daging asap.

Baca juga: Sakit Kepala saat Beraktivitas? Waspada Vertigo Posisional BPPV

Itulah penjelasan mengenai makanan tinggi garam picu vertigo, beserta makanan penyebab vertigo lainnya. Jika kamu mengalami gejalanya, silahkan diskusikan dengan dokter di aplikasi Halodoc untuk menentukan langkah perawatan selanjutnya, ya. Jangan dibiarkan begitu saja, karena penyakit ini akan mengganggu aktivitas harian yang kamu lakukan.

Referensi:
Live Strong. Diakses pada 2021. Foods to Avoid for Vertigo.
Neuroequilibrium.in. Diakses pada 2021. Here’s A Diet To Help You With Your Vertigo!