• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Alasan Olahraga Dapat Menjadi Mood Booster

Alasan Olahraga Dapat Menjadi Mood Booster

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
undefined

Halodoc, Jakarta - Ketika suasana hati sedang gundah gulana, banyak orang melakukan kegiatan yang disukainya untuk memperbaiki suasana hati. Kegiatan tersebut diharapkan dapat menjadi mood booster sehingga suasana hati kembali ceria.

 Ada beragam mood booster yang bisa kita lakukan untuk memperbaiki suasana hati. Sebaiknya pilihlah mood booster yang cocok dengan kepribadianmu. Mood booster ini diharapkan dapat meredakan emosi dan stres yang sedang dialami.

 Nah, salah satu mood booster yang terbilang cukup efektif adalah olahraga. Aktivitas fisik ini dapat melawan rasa suntuk, sedih, kalut, dan perasaan negatif lainnya. Pertanyaannya, mengapa olahraga dapat membuat suasana hati seseorang menjadi meningkat?

Baca juga: 5 Olahraga yang Efektif Redakan Stres



Meningkatkan Hormon Endorfin

Pada dasarnya olahraga memiliki beragam manfaat bagi tubuh dan pikirin. Aktivitas fisik yang rutin ini bisa menyehatkan tubuh dari ujung kaki hingga ujung kepala. Menariknya lagi, olahraga juga memiliki keistimewaan bagi pikiran.

Menurut National Institutes of Health (NIH) olahraga dapat meningkatkan kesehatan mental dan suasana hati, serta mengurangi risiko stres dan depresi. Selama berolahraga, tubuh kita akan melepaskan bahan kimia atau hormon endorfin yang dapat meningkatkan mood, dan membuat tubuh dan pikiran menjadi lebih rileks. 

Singkat kata, hormon ini dapat mengurangi rasa sakit dan memberikan energi positif. Nah, kondisi inilah yang dapat membantu kita mengatasi stres dan mengurangi risiko depresi.

Menurut Michael Otto, seorang profesor psikologi di Universitas Boston dalam laman American Psychological Association (APA), hubungan antara olahraga dan suasana hati cukup kuat. "Biasanya dalam lima menit setelah olahraga ringan Anda mendapatkan efek peningkatan suasana hati." ujarnya.

Manfaat olahraga tak hanya terlihat dalam jangka pendek saja, seperti lari di atas contohnya. Menariknya penelitian menunjukkan bahwa olahraga juga dapat membantu meredakan depresi jangka panjang.

Nah, itulah alasannya mengapa olahraga dapat dijadikan salah satu pilihan mood booster dikala hati sedang gundah.

Baca juga: Wajib Coba, Ini Cara Mengecilkan Lengan dan Perut Saat Puasa

 Berlaku Untuk Semua Jenis

Peran olahraga pada suasana hati bisa dibilang cukup efektif dan instan. Menurut penelitian di JAMA Psychiatry, berlari selama 15 menit sehari atau berjalan selama satu jam mengurangi risiko depresi berat.

"Kami melihat penurunan 26% kemungkinan mengalami depresi untuk setiap peningkatan besar dalam aktivitas fisik yang diukur secara objektif," kata penulis studi Karmel Choi, seorang peneliti klinis dan peneliti di Harvard T.H. Chan School of Public Health.

"Peningkatan aktivitas fisik ini mungkin Anda lihat di pelacak aktivitas jika Anda mengganti 15 menit duduk dengan 15 menit berlari, atau satu jam duduk dengan satu jam aktivitas sedang seperti jalan cepat." tambahnya.

Pertanyaanya, olahraga seperti apa yang bisa kita jadikan mood booster dikala suasana hati sedang menurun? Menurut Choi dalam penelitian tersebut, kita bisa kok memilih berbagai jenis olahraga, dan menjadikannya mood booster untuk melawan suasana hati negatif.

"Apa yang akan dikatakan oleh penelitian kami adalah bahwa setiap jenis gerakan dapat menambahkan untuk mencegah depresi. Saya pikir itulah mengapa temuan penelitian kami sangat menarik. Itu tidak mengatakan Anda harus lari maraton, melakukan aerobik berjam-jam, atau jadilah master CrossFit hanya untuk melihat manfaat dari depresi, "kata Choi.

Baca juga: Rekomendasi 6 Olahraga Terbaik saat Puasa

Dengan kata lain, olahraga yang terbilang sederhana seperti berjalan kaki, atau naik tangga, juga dapat membantu untuk menenangkan pikiran dan meningkatkan suasana hati.

Choi menyarankan, bila dirimu benar-benar menyukai olahraga di tempat gym, teruskanlah dan lakukan secara rutin. Namun, jika tidak, bangkitlah dari sofa dan bergerak sebentar agar tetap aktif secara fisik.

Idealnya, untuk mencegah depresi, kamu harus melakukan olahraga dengan intensitas lebih tinggi setidaknya 15 menit sehari, seperti berlari contohnya. Bisa juga dengan satu jam olahraga dengan intensitas rendah, seperti berjalan kaki atau melakukan pekerjaan rumah.

Bagaimana, tertarik memilih olahraga untuk menjadi mood booster di saat suasana hati sedang kacau? Agar olahraga berjalan dengan efektif, kamu bisa lo membeli suplemen atau vitamin aplikasi Halodoc untuk meningkatkan stamina dan sistem imun. Praktis, kan?



Referensi:
National Institutes of Health - MedlinePlus. Diakses pada 2021. Benefits of Exercise
American Psychological Association. Diakses pada 2021. The exercise effect
Harvard Medical School. Diakses pada 2021. More evidence that exercise can boost mood