• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Alasan Penting Kenapa Tubuh Tidak Boleh Dehidrasi

Alasan Penting Kenapa Tubuh Tidak Boleh Dehidrasi

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Alasan Penting Kenapa Tubuh Tidak Boleh Dehidrasi

Halodoc, Jakarta – Setiap hari kita dianjurkan untuk mengonsumsi cairan minimal 8 gelas atau setara dengan 2 liter air dalam satu hari. Hal ini dilakukan untuk mencegah kondisi dehidrasi pada tubuh.

Baca juga: Bukan Hanya Lemas, Ini 6 Dampak Dehidrasi bagi Tubuh

Dehidrasi terjadi ketika tubuh mengeluarkan cairan lebih banyak dibandingkan cairan yang masuk ke dalam tubuh. Dengan begitu, fungsi tubuh dapat terganggu. Dehidrasi dapat dialami oleh siapa saja, tetapi kondisi ini akan menjadi sangat berbahaya jika dialami oleh anak-anak dan juga lanjut usia. 

Alasan Dehidrasi Berbahaya bagi Tubuh

Air menjadi salah satu hal yang sangat penting bagi tubuh. Air memiliki fungsi penting bagi tubuh, seperti membantu mengeluarkan limbah melalui urine, mengatur suhu tubuh, hingga membantu fungsi otak.

Selain itu, dengan memenuhi kebutuhan air setiap harinya, tubuh dapat memproduksi air liur dengan baik, melindungi setiap jaringan, sumsum, dan tulang belakang, mengoptimalkan aktivitas fisik, mencegah konstipasi, bahkan membantu mengatur sirkulasi oksigen dalam darah.

Jadi, terbayangkan jika kita tidak memenuhi kebutuhan air setiap hari, tubuh tidak dapat menjalankan fungsinya dengan baik. Ada beberapa gejala yang biasanya dialami oleh pengidap dehidrasi.

Dehidrasi pada anak-anak menyebabkan mulut kering, lebih rewel, menangis tanpa air mata, muncul cekungan pada kepala bagian atas. Sedangkan pada orang dewasa dan lansia, dehidrasi akan menyebabkan haus terus menerus, penurunan frekuensi buang air kecil, warna urine yang sangat gelap, kelelahan, pusing, hingga konstipasi.

Baca juga: Apakah yang Terjadi saat Tubuh Mengalami Dehidrasi?

Kondisi dehidrasi pada tubuh yang tidak diatasi dengan baik dapat membahayakan kondisi kesehatan. Dehidrasi dapat menyebabkan berbagai komplikasi, seperti:

  1. Heat Injury

Mengalami dehidrasi saat berolahraga dapat menyebabkan seseorang mengalami heat injury. Bukan hanya menyebabkan munculnya keringat berlebihan atau rasa panas yang berlebihan. Kondisi ini nyatanya juga dapat mengancam nyawa seseorang yang mengalaminya.

  1. Gangguan Ginjal

Dehidrasi yang terjadi secara berulang dapat menyebabkan seseorang mengalami infeksi saluran kemih, batu ginjal, hingga gagal ginjal. Untuk itu, sangat penting memenuhi kebutuhan cairan setiap harinya.

  1. Kejang

Dehidrasi memicu ketidakseimbangan elektrolit. Kondisi ini dapat menyebabkan kontraksi otot, kejang, hingga kehilangan kesadaran.

  1. Syok Hipovolemik

Kondisi ini merupakan komplikasi dehidrasi yang paling berbahaya dan dapat menyebabkan kematian. Dehidrasi dapat mengakibatkan penurunan tekanan darah dan penurunan jumlah oksigen dalam darah. 

Itulah beberapa alasan mengapa kondisi dehidrasi pada pada tubuh berbahaya sangat berbahaya. Lakukan pencegahan tepat agar kesehatan tetap optimal.

Pencegahan Dehidrasi

Kamu bisa mencegah kondisi dehidrasi pada tubuh dengan melakukan beberapa cara sederhana. Sebaiknya rutin mengonsumsi air putih sebelum kamu merasa haus. Selain itu, pastikan kamu bisa mendapatkan air putih dengan mudah, misalnya saat bekerja atau berolahraga. 

Pastikan kamu mengonsumsi air putih sebanyak 6–8 gelas setiap harinya. Namun, jika kamu mengalami kondisi demam, sebaiknya konsumsi air putih lebih banyak lagi. Kamu juga bisa mengonsumsi sayur dan buah-buahan yang memiliki kadar air cukup tinggi untuk mencegah dehidrasi.

Untuk mencegah dehidrasi saat berolahraga, sebaiknya pastikan kamu mengonsumsi air putih beberapa saat sebelum melakukan olahraga. Kemudian, lanjutkan minum air putih setiap 10–15 menit sekali. Jangan lupa kembali konsumsi air putih ketika kamu selesai berolahraga.

Baca juga: Dehidrasi Bisa Sebabkan Vertigo, Ini Penjelasannya

Itulah beberapa cara pencegahan yang bisa kamu lakukan untuk menghindari kondisi dehidrasi pada tubuh. Jika kamu mengalami beberapa gejala yang berkaitan langsung dengan dehidrasi, sebaiknya segera gunakan Halodoc dan tanyakan langsung pada dokter mengenai penanganan pertama untuk mengatasi dehidrasi. Yuk, download Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2021. Dehydration.
Healthline. Diakses pada 2021. Why is Water Important? 16 Reasons to Drink Up!
Web MD. Diakses pada 2021. How Can I Prevent Dehydration.