• Home
  • /
  • Alasan Pentingnya Mengetahui Masa Subur Wanita

Alasan Pentingnya Mengetahui Masa Subur Wanita

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Alasan Pentingnya Mengetahui Masa Subur Wanita

Halodoc, Jakarta - Masa subur wanita atau masa ovulasi adalah proses pelepasan sel telur yang sudah matang. Ketika dilepaskan, artinya sel telur sudah siap untuk dibuahi di dalam saluran tuba falopi. Di dalam saluran tuba falopi, sel telur yang sudah matang bertemu sperma dari pasangan. 

Setiap wanita penting untuk mengetahui masa subur, paling banyak alasannya untuk mengetahui peluang hamil. Namun, selain mengetahui peluang hamil, ini alasan wanita penting untuk mengetahui masa subur mereka. 

Baca Juga: Ini Tanda Wanita Sedang Dalam Masa Subur

  1. Kontrasepsi Alami

Banyak metode kontrasepsi tidak seratus persen akurat dan beberapa di antaranya sebenarnya memiliki tingkat kegagalan yang cukup tinggi. Dikutip dari Fertility Within Reach, tingkat kegagalan untuk beberapa pil kontrasepsi adalah 7 persen dan kondom 16 persen. Terkadang, sejumlah alat kontrasepsi juga dapat mengacaukan hormon, sehingga menimbulkan efek samping tertentu. 

Nah, mengetahui masa subur wanita bisa menjadi alat kontrasepsi alami apabila seorang suami istri ingin menunda kehamilan tanpa harus mengacaukan hormon. Ketika kamu dan pasangan sudah mengetahui masa subur, maka dapat menunda kehamilan dengan mengurangi frekuensi berhubungan intim. Meskipun begitu, alat kontrasepsi alami ini memiliki peluang untuk hamil setiap kali suami istri melakukan hubungan intim.

  1. Deteksi Masalah Reproduksi 

Mengetahui masa subur penting untuk mengenali adanya masalah reproduksi. Dengan mengetahui masa subur, gejala awal bisa cepat diidentifikasi sebelum menjadi masalah serius. Kemandulan adalah contoh masalah reproduksi yang dialami oleh pasangan suami istri.  Hubungan intim saat masa subur yang dilakukan dengan frekuensi tinggi, tapi tidak kunjung menyebabkan kehamilan bisa menjadi tanda kemandulan. 

Baca Juga: Penggunaan Obat Kuat, Apakah Efektif?

Pelacakan ovulasi juga membantu mencegah kehamilan ektopik yang rentan dialami oleh wanita berusia di atas 40 tahun. Mengetahui masa subur dapat mendeteksi kehamilan ektopik sejak dini, sehingga pengidapnya cepat mendapat perawatan pada tahap awal kehamilan. Dokter dapat mengidentifikasi permasalahan kehamilan dan memindahkan telur yang tumbuh setengah jalan di saluran tuba. Itulah mengapa penting mengetahui masa subur wanita.

  1. Memahami dan Mengendalikan Tubuh

Manfaat lain dari melacak masa subur adalah untuk lebih memahami tubuh dan bagaimana fungsinya. Mengetahui kondisi tubuh dapat membantu wanita dalam menghindari stres. 

Jika ingin tahu lebih lanjut seputar masa subur wanita atau masalah reproduksi, kamu dapat berdiskusi langsung bersama dokter Halodoc. Lewat aplikasi, kamu dapat menghubungi dokter  kapan saja dan di mana saja via Chat, dan Voice/Video Call.

Cara Menghitung Masa Subur Wanita

Masa subur wanita dapat diketahui dengan cara menghitung tanggal setelah menstruasi terjadi. Ini sangat penting dilakukan bagi pasangan yang sedang merencanakan kehamilan. Untuk menghitung masa subur dengan perhitungan kalender, kamu harus mencari tahu siklus menstruasi setidaknya selama dua bulan terakhir. Setelah mengetahuinya, kamu bisa mulai memperkirakan kapan masa ovulasi akan datang. 

Baca Juga: 6 Makanan yang Meningkatkan Kesuburan

Wanita umumnya mengalami masa ovulasi terjadi sekitar 12-16 hari sejak hari pertama menstruasi. Contoh perhitungannya, kamu mengalami menstruasi pada tanggal 8 Mei, maka masa subur kemungkinan terjadi di antara tanggal 20-24 bulan Mei. Nah, itu alasan pentingnya mengetahui masa subur, jika ada yang ingin tanyakan, tidak ada salahnya langsung bertanya dengan dokter.

Referensi :
World Organisation of Ovulation Method Bilings. Diakses pada 2020. The Importance of Fertility Awareness in the Assessment of a Woman's Health.
Fertility Within Reach. Diakses pada 2020. Benefits of Ovulation Tracking Learned.
WebMD. Diakses pada 2020. Understanding Ovulation & Fertility: Facts to Help You Get Pregnant.