• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Alasan Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental Anjing Peliharaan

Alasan Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental Anjing Peliharaan

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Alasan Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental Anjing Peliharaan

“Selain memerhatikan kesehatan fisik, kamu juga wajib memastikan kesehatan mental anjing peliharaan terjaga dengan baik. Ada berbagai alasan penting menjaga kesehatan mental anjing peliharaan, mulai dari mengoptimalkan imun tubuh anjing, menjaga kesehatan pencernaan anjing, hingga menjaga nafsu makan anjing terjaga dengan baik.”

Halodoc, Jakarta – Bukan hanya memerhatikan asupan makanan dan tempat tinggal anjing peliharaan, kamu juga perlu memastikan kesehatan fisik dan mental anjing peliharaan dalam kondisi baik. Anjing pun dapat mengalami kondisi stres jika tidak mendapatkan perawatan dengan tepat.

Selain dapat menyebabkan berbagai perubahan perilaku, kesehatan mental anjing peliharaan yang tidak dijaga dengan baik dapat memicu berbagai gangguan kesehatan. Untuk itu, simak ulasan mengenai pentingnya menjaga kesehatan mental anjing peliharaan dalam artikel ini!

Baca juga: 4 Hal yang Bisa Bikin Anjing Peliharaan Jadi Stres

Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental Anjing Peliharaan

Gangguan kesehatan mental dapat dialami oleh hewan kesayangan, misalnya anjing. Bukan hanya gangguan kecemasan, stres juga rentan dialami oleh anjing peliharaan. Berbagai pemicu bisa menyebabkan anjing mengalami gangguan kesehatan mental yang dapat menurunkan kualitas hidup anjing peliharaan.

Ada berbagai pemicu yang dapat menyebabkan anjing mengalami gangguan cemas atau stres, seperti perubahan rutinitas, lokasi tempat tinggal yang baru, suara kencang yang berasal dari petasan atau petir, hingga ada orang baru yang tidak dikenal oleh anjing.

Kondisi ini dapat memicu gangguan kesehatan mental dalam jangka panjang yang memicu gangguan kesehatan lainnya pada anjing. Berikut ini alasan pentingnya menjaga kesehatan mental anjing peliharaan, yaitu:

  1. Mengoptimalkan Imun Tubuh Anjing

Sebaiknya atasi gangguan kesehatan mental yang dialami anjing. Stres yang dialami anjing dapat menurunkan daya tahan tubuh anjing untuk melawan berbagai gangguan kesehatan. 

Saat anjing stres, tubuh anjing akan mengeluarkan hormon kortisol untuk membantu aliran darah menjadi lebih baik. Namun, saat stres yang dialami anjing peliharaan menjadi stres kronis, produksi hormon kortisol yang berlebih dapat melemahkan imun tubuh anjing. Kondisi ini justru memicu gangguan kesehatan tubuh yang lebih buruk. 

Baca juga: 8 Tanda-Tanda Anjing Peliharaan Mengalami Stres

  1. Menjaga Kesehatan Pencernaan Anjing

Stres yang tidak diatasi dengan baik dapat memicu gangguan kesehatan pada pencernaan anjing. Saat mengalami stres, anjing juga memproduksi hormon adrenalin yang menyebabkan penurunan aliran darah menuju perut dan usus sehingga anjing dapat mengalami diare.

Pastikan diare yang disebabkan oleh stres biasanya tidak disertai dengan gejala lain, seperti demam dan muntah.

  1. Menjaga Perilaku Anjing Tetap Normal dan Stabil

Gangguan kesehatan mental yang dialami anjing dapat menyebabkan anjing mengalami perubahan perilaku. Mulai dari lebih agresif, malas bergerak, kurang aktif, atau lebih sering menggonggong.

  1. Menghindari Gangguan Buang Air Kecil

Gangguan cemas dan stres pada anjing peliharaan dapat menyebabkan gangguan buang air kecil. Hal ini terjadi akibat respon rasa takut yang dialami anjing. 

  1. Menjaga Nafsu Makan Anjing Tetap Baik

Gangguan kesehatan mental yang dialami oleh anjing peliharaan dapat menyebabkan gangguan nafsu makan. Stres dapat menyebabkan penurunan berat badan akibat hilangnya nafsu makan. Jika kondisi ini terus dibiarkan, anjing berisiko mengalami kekurangan nutrisi dan gizi yang memicu berbagai gangguan kesehatan fisik.

Baca juga: Anjing Mengalami Trauma, Ini Cara Mengenalinya

Itulah alasan pentingnya menjaga kesehatan mental anjing peliharaan. Kamu bisa melakukan beberapa cara untuk menjaga kesehatan mental anjing peliharaan.

Di antaranya dengan rutin melakukan pemeriksaan kesehatan anjing, memberikan lokasi tinggal yang nyaman, memberikan makan yang tepat, mengajaknya bermain, hingga berolahraga bersama.

Selain menjaga kesehatan fisik anjing, kegiatan tersebut juga mampu meningkatkan kesehatan mental anjing peliharaan agar lebih optimal. 

Jika anjing peliharaan mengalami perubahan perilaku dan nafsu makan secara tiba-tiba, kamu bisa gunakan Halodoc dan tanyakan langsung pada dokter hewan mengenai perubahan yang dialami oleh anjing kesayangan. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

This image has an empty alt attribute; its file name is Banner_Web_Artikel-01.jpeg
Referensi:
Mad Paws. Diakses pada 2021. 6 Ways to Improve Your Dog’s Mental Health.
Pet MD. Diakses pada 2021. 6 Ways Stress Affects Your Dog’s Health.