• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Alasan Penyakit Jantung Dapat Sebabkan Stroke

Alasan Penyakit Jantung Dapat Sebabkan Stroke

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta – Rutin berolahraga menjadi salah satu hal yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan jantung. Jantung merupakan organ penting dalam tubuh yang dapat memengaruhi kehidupan seseorang. Fungsi utama dari jantung adalah memompa darah ke seluruh tubuh. Dengan begitu, tubuh dapat menjalankan fungsinya dengan baik.

Baca juga: Ini Gejala Penyakit Jantung yang Kerap Diabaikan

Namun, bagaimana jika jantung mengalami gangguan? Ada berbagai gejala yang dapat dirasakan oleh seseorang dengan penyakit jantung. Mulai dari nyeri dada, pusing, sulit bernapas, hingga mudah lelah. Penyakit jantung yang tidak diatasi dapat menyebabkan beragam komplikasi. Salah satunya penyakit stroke. Yuk, cari tahu alasan penyakit jantung dapat menyebabkan stroke dalam artikel ini!

Penyakit Jantung dan Stroke

Penyakit jantung merupakan kondisi dimana jantung mengalami gangguan. Ada berbagai macam gangguan pada jantung yang dapat memengaruhi kondisi kehidupan seseorang. Mulai dari pembuluh darah, irama, hingga katup jantung rentan mengalami gangguan. Bahkan, tidak sedikit yang mengalami penyakit jantung akibat adanya bawaan lahir.

Gejala yang dialami akibat adanya penyakit jantung pun sangat beragam. Mulai dari nyeri dada, hingga sensasi dada yang tertekan menjadi salah satu gejala yang kerap dirasakan. Tidak hanya itu, perubahan detak jantung yang menjadi lambat atau cepat juga menjadi tanda lain dari adanya penyakit jantung.

Sesak napas, mudah lelah, pusing, ruam kulit, dan pingsan menjadi tanda lain dari penyakit jantung yang tidak boleh diabaikan. Penyakit jantung yang tidak diatasi dengan baik dapat meningkatkan berbagai risiko gangguan kesehatan. Salah satunya adalah penyakit stroke.

Apa kaitan penyakit jantung dan stroke? Melansir Centers for Disease Control and Prevention, penyakit jantung menjadi salah satu kondisi yang sangat berkaitan dengan penyakit stroke. Salah satu penyakit jantung yang berisiko menyebabkan stroke adalah gangguan pembuluh darah.

Tidak hanya itu, aterosklerosis juga menjadi penyakit jantung yang menyebabkan stroke. Hal ini terjadi akibat adanya penumpukan plak dalam pembuluh darah, sehingga menyumbat seluruh atau sebagian pembuluh darah. Kondisi ini dapat terjadi di mana saja. Nah, ketika aterosklerosis terjadi pada arteri yang memasok darah menuju otak, kondisi ini dapat memicu penyakit stroke.

Baca juga: Apa Saja Penyebab Stroke? Ini Jawabannya

Segera Atasi Gejala Penyakit Jantung

Untuk mencegah penyakit jantung semakin memburuk, tidak ada salahnya kenali lebih banyak gejala yang dirasakan ketika mengalami penyakit jantung. Umumnya, nyeri dada, tekanan pada dada, hingga kondisi tidak nyaman pada bagian dada menjadi gejala umum dari penyakit jantung

Selain itu, perhatikan gejala lain yang menyertai. Mulai dari napas yang menjadi lebih pendek, perubahan irama jantung, pusing, kelelahan, bahkan pembengkakan pada beberapa bagian tubuh. Jangan ragu untuk lakukan pemeriksaan pada jantung jika kamu mengalami beberapa gejala tersebut.

Pengobatan bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya menggunakan obat-obatan yang disarankan oleh dokter. Gunakan Halodoc untuk bertanya langsung dengan dokter mengenai jenis obat yang bisa kamu konsumsi untuk mengatasi penyakit jantung. Tidak hanya itu, kamu bisa gunakan Halodoc untuk membeli obat secara langsung, sehingga kamu tidak perlu repot untuk mengantre di apotek. 

Lalu, adakah pencegahan yang tepat untuk penyakit jantung? Ada berbagai cara yang bisa kamu lakukan untuk menjaga jantung tetap sehat dan terhindar dari berbagai penyakit. Mulai dari menghentikan kebiasaan merokok, rutin berolahraga, menjaga tekanan darah, hingga mengonsumsi makanan sehat.

Baca juga: Aterosklerosis Bisa Sebabkan Sakit Jantung dan Stroke

Perbanyak asupan serat agar jumlah kolesterol jahat dalam tubuh dapat ditekan dengan baik. Selain itu, kandungan asam lemak omega-3 juga bisa menjadi kandungan vitamin yang baik untuk menjaga kesehatan jantung. Kamu bisa dapatkan kandungan asam lemak omega-3 dari berbagai jenis makanan, salah satunya adalah ikan.

Referensi:
Centers for Disease Control and Prevention. Diakses pada 2021. Conditions That Increase Risk for Stroke.
Better Health. Diakses pada 2021. Heart Disease and Stroke.
Web MD. Diakses pada 2021. Heart Disease and Stroke.
Mayo Clinic. Diakses pada 2021. Heart Disease.