• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Alasan Penyakit Vertigo Bisa Berakibat Fatal

Alasan Penyakit Vertigo Bisa Berakibat Fatal

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Alasan Penyakit Vertigo Bisa Berakibat Fatal

“Vertigo menyebabkan sensasi berputar dan pusing pada pengidapnya. Kondisi ini bisa berakibat fatal karena vertigo bisa disebabkan oleh berbagai gangguan kesehatan yang tidak ditangani dengan baik. Selain itu, vertigo juga dapat menyebabkan penurunan kualitas hidup hingga kecelakaan saat berkendara.”

Halodoc, Jakarta – Sebaiknya jangan abaikan kondisi pusing yang membuat sekeliling lingkungan menjadi terasa berputar. Kondisi ini dikenal juga sebagai vertigo. Vertigo yang dialami oleh tiap pengidapnya pun akan berbeda-beda. Mulai dari gejala yang terbilang ringan, hingga yang cukup parah.

Pengidap vertigo perlu melakukan pemeriksaan kesehatan untuk memastikan penyebab vertigo. Umumnya, vertigo disebabkan oleh adanya gangguan kesehatan lain yang bisa berakibat fatal untuk kesehatan. Penanganan tepat yang dilakukan untuk mengatasi vertigo membuat kamu terhindar dari berbagai komplikasi yang bisa terjadi.

Baca juga: Vertigo Bukan Penyakit tetapi Gejala dari Gangguan Kesehatan

Inilah Alasan Vertigo Berakibat Fatal

Sebaiknya jangan abaikan kondisi vertigo yang kamu alami. Selain dapat menyebabkan kondisi lingkungan berputar, ada beberapa gejala lain dari kondisi vertigo yang umum dirasakan. Mulai dari munculnya keringat berlebih, mual, muntah, hingga kehilangan pendengaran.

Namun, segera kunjungi rumah sakit terdekat dan lakukan pemeriksaan jika gejala tidak membaik dan semakin parah. Gejala vertigo, seperti adanya anggota tubuh yang menjadi lemah, gangguan penglihatan, kesulitan berbicara, penurunan kesadaran, kesulitan berjalan, dan demam menjadi tanda vertigo yang memerlukan penanganan medis dengan cepat.

Lalu, apa yang menyebabkan vertigo bisa berakibat fatal? Hal ini disebabkan penyebab vertigo yang sangat beragam. Vertigo sendiri merupakan dampak atau gejala dari berbagai gangguan kesehatan yang tidak ditangani dengan baik. 

Baca juga: Apa Obat yang Paling Efektif Mengatasi Vertigo?

Umumnya, vertigo disebabkan oleh:

  1. Benign Paroxysmal Positional Vertigo (BPPV). Gangguan ini merupakan penyakit yang paling umum menyebabkan vertigo. 
  2. Infeksi. Adanya infeksi virus pada saraf vestibular dapat menyebabkan vertigo yang intens dan teratur. 
  3. Penyakit Meniere. Penyakit ini terjadi ketika terdapat tumpukan cairan pada bagian telinga dalam. Kondisi ini menyebabkan vertigo yang muncul secara tiba-tiba dan berlangsung selama beberapa jam.
  4. Migrain. Kondisi migrain yang tidak diatasi dengan baik juga dapat menyebabkan vertigo.

Selain itu, kondisi vertigo yang tidak diatasi dengan baik juga dapat meningkatkan risiko komplikasi pada pengidapnya. Mulai dari terganggunya aktivitas sehari-hari, kecelakaan saat berkendara, hingga perkembangan gangguan pada saraf.

Perawatan untuk Mengatasi Vertigo

Pengobatan yang dilakukan untuk mengatasi vertigo akan disesuaikan dengan penyebabnya. Penggunaan obat-obatan dan melakukan berbagai terapi bisa dilakukan sesuai dengan saran dan anjuran dokter sebagai pengobatan medis.

Namun, pengobatan medis juga perlu dilakukan seimbang dengan perawatan di rumah agar kondisi ini membaik dan tidak mudah kambuh. Ada beberapa cara sederhana yang bisa kamu lakukan untuk merawat vertigo di rumah:

  1. Hindari gerakan atau perubahan tubuh secara tiba-tiba;
  2. Perbanyak istirahat;
  3. Batasi asupan alkohol dan kebiasaan merokok;
  4. Lakukan olahraga ringan secara rutin yang dapat memengaruhi keseimbangan tubuh, seperti yoga, tai chi, atau pilates;

Melakukan pola makan sehat juga bisa menjadi cara lain untuk merawat vertigo. Batasi pengonsumsian makanan yang mengandung pemanis buatan. Makanan ini dapat memicu migrain yang berisiko menyebabkan vertigo.

Baca juga: Langkah-Langkah Meredakan Gejala Vertigo di Rumah

Perbanyak asupan cairan agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik sehingga vertigo tidak muncul. Jangan lupa untuk membatasi asupan garam setiap harinya. Itulah beberapa cara sederhana yang bisa dilakukan untuk mencegah vertigo kambuh. 

Vertigo umumnya dapat terjadi selama beberapa jam. Namun, jika kondisi ini tidak membaik dalam waktu beberapa hari, segera gunakan Halodoc untuk bertanya langsung pada dokter mengenai penanganan pertama vertigo yang perlu dilakukan. Yuk, download Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

Referensi:
Healthgrades. Diakses pada 2021. Vertigo.
Healthline. Diakses pada 2021. Vertigo and Vertigo Associated Disorders.
Web MD. Diakses pada 2021. Vertigo.