• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Alasan Trombosit Rendah Bisa Berbahaya bagi Tubuh

Alasan Trombosit Rendah Bisa Berbahaya bagi Tubuh

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Alasan Trombosit Rendah Bisa Berbahaya bagi Tubuh

“Trombosit adalah sel darah yang berguna untuk pembekuan agar luka dapat sembuh. Namun, jika kadar trombosit terlalu rendah, ada banyak dampak buruk yang dapat terjadi pada tubuh. Gangguan yang paling mudah terjadi adalah luka yang sulit untuk sembuh.”

Halodoc, Jakarta – Trombosit adalah salah satu bagian dari darah yang memiliki fungsi sangat vital, terutama untuk proses penyembuhan luka. Sel yang disebut juga dengan keping darah ini berguna untuk menyebabkan pembekuan darah agar luka dapat tertutup. Namun, bagaimana jika seseorang memiliki trombosit yang sangat rendah? Apa saja bahaya yang dapat terjadi? 

Bahaya dari Trombosit Rendah pada Tubuh

Trombosit adalah sel darah yang berfungsi untuk pembekuan untuk menyembuhkan luka. Jika terdapat kerusakan pada dinding pembuluh darah, trombosit akan melakukan tugasnya untuk membentuk gumpalan agar perdarahan yang terjadi berhenti. Maka dari itu, bagian sel darah ini penting untuk proses penyembuhan.

Baca juga: Yang Terjadi Jika Trombosit Darah di Tubuh Rendah

Jumlah trombosit yang normal di dalam darah sebanyak 150.000-400.000 trombosit tiap mikroliter darah. Nah, jika jumlah yang ada di dalam satuan tersebut di bawah angka tersebut, kemungkinan besar kamu dapat mengalami proses pembekuan darah. Jumlah trombosit yang rendah disebut juga trombositopenia.

Berkurangnya kandungan trombosit di dalam darah tidak selalu menyebabkan masalah yang serius. Namun, kondisi ini dapat memengaruhi kemampuan darah untuk menggumpal dan luka dapat terus mengeluarkan darah karena tidak terjadinya pembekuan. Jika dibiarkan komplikasi serius mungkin saja terjadi.

Lalu, apa sajakah bahaya atau komplikasi dari trombosit rendah? Berikut ini beberapa masalah yang dapat terjadi saat kamu memiliki trombosit rendah, yaitu:

1. Kehilangan Darah

Salah satu masalah yang dapat terjadi akibat trombosit rendah dan dapat membahayakan adalah tubuh terus kehilangan darah karena luka tidak kunjung tertutup. Perdarahan bukan hanya terjadi secara eksternal, tetapi bisa juga secara internal. Pendarahan yang terjadi secara internal di saluran pencernaan atau otak dapat mengancam nyawa pengidapnya.

Baca juga: Hal yang Terjadi Jika Trombosit Darah Terus Menurun

2. Trombosit yang Terperangkap

Limpa adalah organ tubuh yang berfungsi untuk melawan infeksi dan menyaring kotoran dari darah. Seseorang yang mengalami gangguan trombosit rendah dapat disebabkan oleh pembesaran pada limpa. Saat terjadi pembesaran, organ ini dapat menampung terlalu banyak trombosit yang menurunkan trombosit yang beredar.

3. Rentan Mengalami Infeksi

Salah satu cara untuk mengatasi trombosit rendah dengan splenektomi atau pengangkatan limpa. Setelah menjalani proses medis ini, tubuh menjadi lebih rentan terhadap infeksi. Hal tersebut karena limpa membantu tubuh untuk melawan kuman. Maka dari itu, seseorang yang harus mengalami pengangkatan limpa perlu diberikan vaksinasi untuk mencegah infeksi.

Maka dari itu, seseorang yang mengalami masalah terkait trombosit perlu mendapatkan diagnosis dini agar bisa mendapatkan penanganan segera. Dengan begitu, segala komplikasi atau bahaya yang mungkin terjadi dapat dihindari. Sebelum itu, dokter perlu tahu segala penyebab dari gangguan ini sehingga tindakan yang tepat bisa ditentukan.

Baca juga: Mengidap Trombositopenia, Ini yang Terjadi pada Tubuh

Selama gangguan yang menjadi penyebab trombosit rendah di dalam tubuh belum diatasi, penting untuk melakukan pencegahan terjadinya perdarahan, seperti:

  • Menghindari segala kegiatan yang dapat menyebabkan cedera.
  • Berhenti mengonsumsi alkohol.
  • Selalu bertanya pada dokter terkait konsumsi obat yang dijual bebas, terutama obat pereda nyeri.

Gangguan trombosit rendah yang masih ringan seringnya tidak menimbulkan gejala apa pun. Namun, hal ini dapat dideteksi dengan pemeriksaan kesehatan secara rutin. Saat terdeteksi ketika masih tahap ringan, penanganan dini dapat dilakukan dan komplikasi yang mungkin terjadi bisa dihindari.

Kamu bisa melakukan pemesanan untuk pemeriksaan kesehatan tahunan di beberapa rumah sakit yang bekerja sama dengan aplikasi Halodoc. Cukup dengan download aplikasi Halodoc, segala kemudahan untuk pemesanan terkait pemeriksaan kesehatan hanya menggunakan smartphone di tangan. Nikmati kemudahan ini sekarang juga dengan mengunduh aplikasinya!

This image has an empty alt attribute; its file name is Banner_Web_Artikel-01.jpeg
Referensi:
Cleveland Clinic. Diakses pada 2021. Thrombocytopenia.
Mayo Clinic. Diakses pada 2021. Thrombocytopenia (low platelet count).