• Home
  • /
  • Ini Alasan Wajah Membengkak di Pagi Hari

Ini Alasan Wajah Membengkak di Pagi Hari

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Ini Alasan Wajah Membengkak di Pagi Hari

Halodoc, Jakarta - Saat bangun tidur di pagi hari, kamu mulai merencanakan semua kegiatan yang akan dilakukan hari tersebut. Namun, tidak beberapa lama kamu menyadari apabila wajah kamu menjadi bengkak saat melihat kaca. Kepanikan mungkin saja terjadi karena belum pernah terjadi sebelumnya.

Walau begitu, wajah yang bengkak memang dapat terjadi pada setiap orang. Hal tersebut mungkin dapat menurunkan kepercayaan dirimu saat akan memulai aktivitas meskipun sudah tidak terlihat seperti sebelumnya. Lalu, apa sebenarnya penyebab seseorang dapat bangun dengan wajah bengkak? Berikut pembahasannya!

Baca juga: Wajah Bengkak, Ini 6 Penyebabnya

Bangun Tidur dengan Wajah Bengkak di Pagi Hari

Semua orang pasti akan panik dan bingung ketika mendapati wajahnya bengkak saat bangun tidur. Hal tersebut dapat terjadi karena banyak faktor. Salah satunya adalah disebabkan naiknya berat badan secara signifikan. Bobot tubuh yang naik membuat wajah juga ikut mengembang sebagai dampak.

Memang biasanya wajah yang membengkak disebabkan oleh posisi tidur yang salah. Walau begitu, tidak menutup kemungkinan hal ini disebabkan oleh penyakit yang kamu alami. Maka dari itu, penting untuk mengetahui hal yang menyebabkan wajah kamu membesar. Berikut adalah beberapa penyebabnya:

  1. Tidur dengan Posisi yang Salah

Salah satu penyebab wajah menjadi bengkak adalah posisi yang salah ketika tidur. Umumnya, hal ini terjadi ketika kamu tidur dengan posisi tengkurap, sehingga wajah menempel di bantal. Dengan begitu, penumpukan cairan karena tekanan terjadi dan bangun tidur dengan wajah yang membengkak. Memang benar posisi sangat menentukan banyak hal.

  1. Terjadinya Retensi Cairan

Tubuh yang mengalami retensi cairan akan menyebabkan wajah yang bengkak di pagi hari. Hal tersebut dapat disebabkan oleh mengonsumsi makanan yang terlalu asin atau minuman beralkohol. Makanan asin mengandung natrium yang tinggi sehingga menyebabkan retensi air. Hal tersebut juga terjadi disebabkan oleh minuman yang tinggi gula. Maka cobalah untuk membatasi konsumsi makanan yang asin dan alkohol.

Baca juga: 4 Penyebab Wajah Bengkak Saat Bangun Tidur

  1. Stres dan Cemas

Perasaan stres dan cemas yang terjadi juga dapat membuat wajah kamu bengkak di pagi hari. Tidur malam yang terganggu sangat mungkin membuat wajahmu mengalami radang di pagi hari. Contohnya jika kamu menangis semalaman. Selain itu, serangan kecemasan di malam hari dan kekurangan tidur dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh. Karenanya tubuh kamu rentan mengalami radang, seperti halnya pada wajah.

  1. Kondisi Medis

Beberapa kondisi medis juga dapat menyebabkan pembengkakan pada wajah, terutama ketika terjadi dalam waktu yang lama. Beberapa kondisi ini dapat bersifat ringan hingga berat. Berikut beberapa kondisi medis yang dapat terjadi:

  • Alergi

Alergi juga dapat menyebabkan wajah menjadi bengkak yang disebabkan oleh alergen. Banyak sumber alergen yang dapat menyebabkan wajah kamu menjadi bengkak, seperti debu, serbuk sari, makanan, obat-obatan, dan hal lainnya.

  • Anafilaksis

Gangguan berbahaya ini juga dapat menyebabkan wajah kamu menjadi bengkak yang merupakan salah satu gejalanya. Hal ini terjadi ketika tubuh kamu mengalami reaksi yang parah saat terkena alergen. Selain pembengkakan, gejala lainnya adalah gatal-gatal, kesulitan bernapas, dan detak jantung yang menjadi lebih cepat.

Baca juga: Tanda-tanda Alergi Kosmetik dan Cara Mengatasinya

Itulah beberapa hal yang bisa menyebabkan terjadinya pembengkakan pada wajah di pagi hari. Jika ingin mengetahui lebih lanjut mengenai hal ini, tanyakan saja pada dokter asli di Halodoc. Dengan aplikasi ini, kamu juga bisa lho membeli obat. Tanpa perlu keluar rumah, pesananmu akan diantar dalam waktu satu jam. Praktis kan?

Referensi:
Shout out UK. Diakses pada 2020. Why You Wake Up With A Puffy Face And How To Combat It
MNN. Diakses pada 2020. Why is my face puffy in the morning?